Pengaruh Inflasi terhadap Investasi dari Perusahaan

by | Apr 21, 2020 | Blog, Investasi | 0 comments

Pengaruh Inflasi Terhadap Investasi
Pengaruh Inflasi Terhadap Investasi

Pengaruh inflasi terhadap investasi menjadi salah satu momok dari perekonomian. Adanya inflasi yang tinggi menjadikan perekonomian negara menciut. Yunani, Venezuela, Zimbabwe dan Jerman menjadi negara yang pernah mengalami krisis inflasi yang terlalu tinggi di sepanjang sejarah perekonomian. Negara-negara tersebut ada yang bangkit dan ada juga yang masih merosot sampai sekarang.

Pengaruh inflasi terhadap investasi untuk suatu negara memang menjadi hal yang cenderung negatif. Inflasi tidak hanya dapat mempengaruhi nilai mata uang tetapi juga investasi dan tabungan juga.

Inflasi juga dapat memiliki resiko mengurangi pengembalian investasi. Berbicara tentang pengaruh inflasi terhadap investasi dan sebenarnya inflasi itu apa? Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada paragraf selanjutnya.

Definisi Inflasi

Sebelum membahas tentang pengaruh inflasi terhadap investasi, mari kita ketahui dulu definisi inflasi. Inflasi bisa dikatakan sebagai suatu kenaikan harga jasa dan barang secara terus menerus dari tahun ke tahun.

Inflasi memiliki peran penting dalam acuan untuk memperkirakan nilai investasi. Hal ini sesuai dengan konsep dari perekonomian. Selain itu inflasi juga dapat digunakan untuk memprediksi seberapa besar pengembalian yang dibutuhkan untuk tetap mempertahankan standar hidup.

Gambaran dari inflasi agar anda dapat mudah untuk memahaminya melalui contoh berikut harga dari paket bebek setengah potong 15.000. Jika terjadi tingkat inflasi tahunan 10 % maka harganya menjadi 16.500. Jika ternyata penghasilan anda tidak meningkat seperti meningkatnya inflasi tentunya anda tidak mampu membeli paket setengah potong bebek.

Adanya kenaikan harga tidak hanya terjadi pada satu produk saja, tetapi berbagai produk lainnya juga. Seperti melonjaknya harga minyak karena beberapa kondisi bukan dinamakan sebagai inflasi. Sebab hal ini hanya bersifat kasuistis dan situsional saja. Kenaikan inflasi akan mempengaruhi lonjakan beberapa upah dan biaya lainnya. Inflasi pada intinya adalah pertumbuhan uang. Dimana yang yang beredar di masyarakat berlebihan tetapi pembelanjaan untuk produk hanya sedikit.

Inflasi dapat dilihat juga dengan kemampuan daya beli masyarakat dengan melihat jumlah dan jasa yang dapat dibeli konsumen dalam waktu tertentu. Seperti halnya uang sejumlah 200 juta dapat membeli mobil dengan merek X pada tahun 2019. Tetapi pada tahun 2020 ternyata uang tersebut masih tidak cukup untuk membeli mobil yang bermerek X.

Inflasi dapat menggerus nilai uang dari waktu ke waktu begitu juga dengan investasi anda. Untuk itu investor setidaknya dapat membeli produk investasi yang memiliki tingkat pengembalian lebih besar atau sama dengan nilai inflasi. Dengan begitu inflasi tidak akan berdampak buruk pada investasi. Begitu sebaliknya jika pengembalian investasi lebih rendah dibandingkan inflasi maka pengembalian investasi juga akan menurun.

Baca juga : Memaksimalkan Pendapatan dengan Meminimalisir Biaya Produksi

Contohnya saja tingkat pengembalian investasi dari PT ABCD adalah 4% sedangkan tingkat inflasi pada saat itu adalah 5 %. Tentunya pengembalian investasi anda akan berkurang 1%.

Adanya Pengaruh Inflasi terhadap Investasi dan Aset

Pengaruh inflasi terhadap investasi dan aset tidak selalu berdampak negatif ada juga yang positif. Pengaruh positif dari inflasi dapat dirasakan oleh pengusaha dan debitur. Untuk debitur uang yang akan dikembalikan akan menurun dari jumlah sebelumnya ketika meminjam. Sedangkan untuk pengusaha kenaikan inflasi akan menjadikan pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan biaya produksi.

Walaupun ada dampak positif untuk pihak tertentu, pengaruh inflasi terhadap investasi lebih memiliki dampak negatif yang cukup banyak. Bahkan inflasi dapat membuat perekonomian suatu negara tidak stabil bahkan ada yang merosot total. Selain investasi inflasi juga memiliki dampak negatif pada aset di lingkup yang kecil.

Adanya inflasi ini berdampak sama untuk aset non-liquid atau liquid. Hanya saja aset likuid ini memiliki dampak yang lebih rentan. Jika terjadi peningkatan inflasi yang tinggi maka aset liquid yang dimiliki oleh bisnis atau individu menjadi turun. Hal ini juga berlaku untuk investasi yang berupa reksa dana, saham dan obligasi.

Selain investasi yang bisa terpengaruh dari adanya inflasi, ada beberapa investasi juga yang tahan dengan adanya inflasi karena dapat mengembalikannya dengan bunga. Untuk itulah investor memiliki keberanian untuk menempatkan uang mereka dalam bentuk obligasi, reksa dana dan saham. Agar uang mereka lebih aman dari adanya inflasi yang tidak terduga.

Setelah anda mengetahui apa saja pengaruh inflasi terhadap investasi tentunya nada dapat mengarahkan kemana investasi yang aman. Inflasi berhubungan dengan namanya keuangan. Salah satu hal yang menjadi tonggak dari perusahaan adalah tingkat keuangan. Walaupun tidak terjadi peningkatan inflasi keuangan anda juga bisa merosot jika tidak ditangani dengan sebaik-baiknya.

Untuk mencegah adanya keuangan bisnis dari perusahaan yang berdampak buruk anda juga membutuhkan adanya software bisnis. Salah satu software bisnis bisa anda dapatkan dengan bergabung bersama Finata. Anda cukup memiliki satu software untuk berbagai kebutuhan bisnis. Dengan memiliki software ini finansial anda akan tertata. Selain itu juga bisnis anda aman dan nyaman.

Software ini menjadi satu-satunya software untuk mendiagnosa kesehatan bisnis untuk UKM yang siap untuk naik kelas. Apa yang anda dapatkan dengan menggunakan software bisnis dari Finata?  Berikut inilah yang bisa anda dapatkan manfaatnya.

Baca juga : Inflasi dan Deflasi Serta Pengaruhnya Terhadap Suku Bunga Bank

Mengontrol Keuangan jadi Lebih Mudah

Anda dapat mengelola bisnis dengan mudah seperti halnya mencatat transaksi dan jurnal. Selain itu dapat juga membuat laporan keuangan, menganalisis kesehatan bisnis dan memantau produksi. Anda dapat secara otomatis melakukan berbagai laporan secara otomatis dengan mudah.

Terdapat Master Data

Adapun master data yang dikelola yaitu berbagai informasi data perusahaan,  pelanggan dan data produk. Selain itu juga dapat mengelola data persediaan, kode akun transaksi dan template jurnal. Dapat mengelola juga data produksi / perakitan, data kategori aset dan data barang komposit.

Dapat Mengolah Inventory dengan Praktis

Software ini akan menghitung secara sistematis sesuai dengan transaksi dari perusahaan anda. Karena dilakukan dengan sistem perhitungan persediaan dan pencatatan menjadi lebih tepat dan akurat.

Managemen Produksi

Anda akan lebih mudah dalam memproses pencatatan transaksi agar dapat mengubah bahan baku menjadi barang jadi. Pencatatan tersebut dapat dilihat dari perhitungan rata-rata biaya produksi

Mudah untuk Menghitung, Setor dan Laporan Pajak

Setiap memiliki wajib pajak sesuai dengan kewajiban pajak yang sudah berlaku di tempat tersebut. Software ini akan memudahkan anda untuk menghitung pajak berdasarkan dari data keuangan perusahaan. Selain menghitung software ini juga membantu anda dalam proses pelaporan kewajiban pajak yang dilakukan melalui produksi.

Software ini memiliki satu aplikasi saja tetapi dapat digunakan untuk berbagai solusi perhitungan dan pendataan dari perusahaan. Dengan demikian anda akan lebih mudah dan tidak rumit. Biasanya perhitungan pajak dan perhitungan transaksi berbeda. Sehingga laporannya tidak dalam satu paket padahal kesemuanya itu memiliki keterkaitan dalam perhitungan.

Demikian penjelasan mengenai pengaruh inflasi terhadap investasi yang perlu Anda ketahui beserta solusinya. Jangan sampai pengaruh inflasi terhadap investasi menimpa perusahaan Anda, dan kalaupun sudah terlanjut menimpa, semoga cepat terselesaikan sehingga tidak membuat perusahaan gulung tikar.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download