Pengantar Akuntansi keuangan dan prinsip yang menjadi pedoman dalam pelaksanaannya

by | Mar 8, 2021 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

pengantar-akuntansi-keuangan

Pengantar Akuntansi

Pengantar akuntansi merupakan hal dasar pada saat kita berbicara akuntansi, dan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan keuangan dalam suatu bisnis sehingga akuntansi sering disebut juga sebagai bahasanya dunia usaha atau bahasa bisnis.

Apa itu akuntansi

Akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan / mengklasifikasi, serta pengikhitisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat finansial termasuk bagaimana cara menafsirkan hasilnya.

Karena akuntansi membantu dalam proses menyajikan informasi keuangan yang terdiri dari  angka angka keuangan yang  akan bercerita dan dapat menggambarkan bagaimana kondisi keuangan suatu bisnis, seperti :

  • Kinerja keuangan
  • Kesehatan bisnis maupun terkait efektivitas
  • Efisiensi dalam pengelolaan bisnis

Untuk dapat memahami setiap angka angka yang disajikan dalam laporan keuangan tentunya kita harus memiliki skill atau kemampuan dalam melakukan analisis atau diagnosis atas laporan keuangan yang disajikan.

Rasio Keuangan

Setidaknya ada 4 rasio keuangan yang dapat dijadikan alat bantu didalam memaknai angka-angka yang disajikan dalam laporan keuangan:

1. Rasio Profitabilitas

Rasio ini akan menggambarkan kemampuan atau kinerja bisnis didalam menghasilkan keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan.

2. Rasio Likuiditas

Rasio ini akan menggambarkan kesehatan dari bisnis yang sedang dijalankan.

3. Rasio Solvabilitas

Rasio ini akan menggambarkan manfaat hutang didalam membiayai kegiatan bisnis yang tercermin dari besaran aset dan modal yang dimiliki.

4. Rasio Aktivitas

Rasio ini akan menggambarkan tingkat efektivitas maupun efisiensi didalam menjalankan kegiatan operasional bisnis.

Prinsip Dalam Menjalankan Akuntansi

Untuk dapat menjalankan kegiatan akuntansi dengan baik sehingga akan membantu dalam mengelola keuangan bisnis tentunya harus memahami prinsip-prinsip dalam akuntansi.

Prinsip yang harus diperhatikan didalam menjalankan akuntansi diantaranya :

1. Prinsip entitas usaha

Prinsip ini menyatakan bahwa harus ada pemisahan pencatatan keuangan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi pemilik bisnis.

 

2. Prinsip Kesinambungan usaha (Going Concern)

Prinsip ini menyatakan bahwa suatu bisnis didirikan untuk waktu yang lama tanpa terputus kecuali adanya keadaan yang memaksa sehingga suatu bisnis ini bubar atau pailit menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

3. Prinsip Satuan moneter

Prinsip ini menyatakan bahwa didalam menjalankan kegiatan akuntansi ini menggunakan satuan uang atau mata uang didalam mencatat transaksi keuangan.

Sehingga komponen kualitatif yang tidak diukur dalam satuan uang maupun mata uang tidak akan dicatat dalam transaksi keuangan.

 

4. Prinsip Periode Waktu

Prinsip ini menyatakan bahwa didalam menjalankan kegiatan akuntansi dibatasi oleh waktu, sehingga akan memudahkan didalam melakukan evaluasi. Pada umumnya periode waktu dalam akuntansi dimulai awal tahun dengan menggunakan kalender masehi 1 januari dan ditutup akhir tahun pada 31 desember.

 

5. Prinsip Biaya history

Prinsip ini menyatakan bahwa setiap transaksi keuangan ini dicatat berdasarkan biaya yang telah terjadi dan apabila terjadi negosiasi harga maka yang akan diakui dalam pencatatannya yaitu harga kesepakatan kedua belah pihak.

 

6. Prinsip pengakuan pendapatan

Prinsip ini menyatakan bahwa pendapatan diakui pada saat terjadinya penjualan barang maupun jasa. Ada 2 metode pengakuan pendapatan yang dapat digunakan yaitu metode cash basis dan metode akrual.

– Metode cash basis yaitu pendekatan pengakuan pendapatannya pada saat kas dan setara kas diterima,

– Sedangkan metode akrual yaitu pendekatan pengakuan pendapatannya pada saat barang atau jasa telah diserah terimakan atau telah terjadi perpindahan hak dari penjual kepada pembeli.

 

7. Prinsip Mempertemukan Biaya dan pendapatan

Prinsip ini menyatakan bahwa setiap pendapatan yang diterima akan diperhitungkan dengan biaya yang timbul dalam satu periode. sehingga akan dapat mengukur besaran laba / rugi bersih yang diperoleh dalam satu periode.

 

8. Prinsip Konsistensi

Prinsip ini menyatakan bahwa Laporan keuangan yang dibuat harus konsisten didalam menggunakan metode maupun prosedur sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat.

 

9. Prinsip Pengungkapan penuh

Prinsip ini menyatakan bahwa laporan keuangan yang disajikan harus memuat informasi yang lengkap dan informatif. termasuk memuat  lampiran data-data yang mendukung angka dalam laporan keuangan.

 

10. Prinsip Materialitas

Prinsip ini menyatakan bahwa apabila terjadi kesalahan dalam menyajikan angka angka yang ada dalam laporan keuangan dan mempunyai dampak yang signifikan maka perlu dilakukan perubahan laporan keuangan yang dibuat.

Begitupun sebaliknya jika kesalahan dalam menyajikan angka angka dalam laporan keuangan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam proses pengambilan keputusan maka dapat diperlakukan tidak materialitas terhadap laporan keuangan yang telah dibuat.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari sebuah jasa yang mampu membantu organisasi bisnis. Mulai dari perencanaan, pengendalian kinerja hingga penyediaan platform pengelolaan bisnis, Finata adalah pilihan yang sangat lengkap.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh jasa ini salah satunya yaitu adanya fitur koreksi fiskal yang akan membuat laporan keuangan perusahaan Anda lengkap dengan analisisnya.

Jadi tunggu apalagi! Segera pilih Finata dan nikmati berbagai keuntungannya.  Demikian sedikit ulasan singkat tentang pengertian akuntansi beserta fungsi dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Fokusnya adalah pada pengembangan software bisnis yang menitikberatkan para UMKM di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday