Pelaku Ekonomi: Pengertian dan Jenisnya

by | Jun 16, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

pelaku ekonomi

Kegiatan ekonomi berlangsung di sekitar kita, entah kita sadari atau tidak. Hampir setiap hal yang dilakukan oleh manusia selalu berkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan kegiatan ekonomi tersebut.

Kegiatan ekonomi ini berjalan karena digerakkan oleh para pelaku ekonomi, baik individu maupun badan. Setiap pelaku ekonomi memberikan peran yang berbeda, tetapi sama-sama mengharapkan kesejahteraan untuk kondisi ekonomi masing-masing.

Apa itu pelaku ekonomi? dan apa saja jenisnya?

Pengertian Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi adalah individu, kelompok atau badan yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi baik dalam proses produksi, distribusi, ataupun konsumsi.

Pelaku ekonomi ini melakukan kegiatan ekonomi dari mulai lingkup kecil hingga besar dan menopang ekonomi dalam sebuah negara. Kegiatan ekonomi yang digerakkan oleh para pelaku ekonomi ini sangat penting untuk perekonomian suatu negara.

Jenis Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi dibagi menjadi 3 jenis yang dipisahkan oleh jenis peranannya dalam sebuah kegiatan ekonomi. Jenis pelaku ekonomi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Rumah Tangga

Pelaku ekonomi pertama yaitu rumah tangga dan merupakan kelompok konsumen. Pelaku kegiatan ekonomi rumah tangga adalah individu atau kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Peran rumah tangga ini umumnya mendapatkan pendapatan yang terdiri dari sewa, upah, bunga, dan laba atau keuntungan.

Peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi adalah menjadi konsumen dari barang yang diproduksi atau dihasilkan oleh perusahaan dalam kegiatan sehari-hari, ataupun menjadi pemasok faktor produksi kepada rumah tangga perusahaan untuk melakukan produksi.

2. Perusahaan

Perusahaan adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat (konsumen). Perusahaan dalam hal ini bisa disebut juga sebagai produsen. Adapun peran lainnya yaitu distributor, yaitu perusahaan ritel yang bertugas memasarkan dan menjual produk yang dihasilkan oleh perusahaan produsen.

Dalam menjalankan kegiatan ekonomi, perusahaan dibantu dengan pihak rumah tangga. Pihak rumah tangga ini nantinya akan diberi imbalan berupa upah. Perusahaan juga akan membayar bunga kepada pemilik modal dan membayar sewa kepada pemilik tanah.

3. Pemerintah

Selain rumah tangga dan perusahaan, ada peran lain yang paling penting yaitu pemerintah. Pemerintah adalah pihak yang mengendalikan kegiatan ekonomi yang berlangsung dalam suatu negara melalui kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bagi pihak rumah tangga atau perusahaan.

Pemerintah juga berperan langsung terhadap perekonomian melalui BUMN atau BUMD. Sebagai pelaku ekonomi, pemerintah dilandasi melalui Undang Undang Dasar 1945 yaitu :

  • Pasal 33 ayat 2

Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

  • Pasal 33 ayat 3

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Selain itu, pemerintah juga berperan dalam mendistribusikan pendapatan melalui penerapan sistem pajak. Dan yang terakhir, pemerintah berperan sebagai pihak yang membangun sarana dan prasarana umum sebagai alat bantu perekonomian.

Pelaku ekonomi sangat dibutuhkan oleh setiap pihak karena dengan adanya pelaku ekonomi maka kegiatan ekonomi akan berjalan dan tingkat ekonomi akan semakin bertumbuh.

Segala macam jenis ekonomi membutuhkan sistem akuntansi yang baik. Laporan keuangan juga merupakan hal yang sangat penting untuk membuat ekonomi tetap berjalan dengan baik. Dengan adanya sistem akuntansi dan laporan keuangan yang baik diharapkan segala bisnis dalam ekonomi tersebut tetap sehat dan terus berguna bagi kepentingan banyak orang.

Membuat laporan keuangan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Kesalahan dalam membuat dan membaca laporan keuangan dapat berakibat fatal bagi bisnis yang sedang dijalani. Karena itu Finata hadir untuk mempermudah kita dalam membuat dan membaca laporan keuangan tersebut.

Dengan fitur diagnosis bisnis yang dimiliki oleh Finata, pemilik usaha akan mendapatkan notifikasi mengenai kesehatan usaha. Notifikasi inilah yang akan menjadi patokan yang akan membantu pemilik usaha dalam pengambilan keputusan untuk usahanya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday