Organisasi : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

by | May 14, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

organisasi

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kemampuan terbatas. Dengan kemampuan terbatas itu, setiap manusia pasti membutuhkan teman atau kelompok untuk mendapatkan relasi, ilmu, dan hal-hal baru lainnya. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan suatu organisasi.

Ada banyak organisasi yang dapat kita ikuti di dalam masyarakat. Tujuan dari organisasi tersebut juga macam-macam tergantung dari jenis organisasinya itu sendiri.

Pengertian Organisasi

Secara umum organisasi adalah suatu wadah atau perkumpulan dari dua orang atau lebih yang bekerja sama secara sistematis, terpimpin, terkendali, dan terencara untuk meraih tunjuan tertentu.

Organisasi biasanya memiliki sistem kepengurusan secara formal untuk mengidentifikasi kewengangan dan tanggung jawab setiap anggotanya dengan jelas agar tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai secara maksimal.

Pengertian Organisasi menurut para ahli

(W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)

Organisasi adalah susunan serta aturan dari berbagai bagian (orang dan sebagainya) sehingga menjadi kesatuan yang teratur.

 

(Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani, )

Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota.

 

Stoner

Organisasi adalah suatu pola hubungan melalui orang-orang di bawah pengarahan pemimpin untuk mengejar tujuan bersama.

 

James D. Mooney

Organisasi adalah  bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.

 

Chester I. Bernard

Organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang bahkan lebih.

 

(Yunani: ὄργανον, organon – alat)

Organisasi  adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Baik itu dalam penggunaan sehari-hari maupun dalam penggunaan ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara.

 

Kochler

Organisasi adalah sistem hubungan terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Schein

Organisasi adalah suatu koordinasi rasional dalam kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan serta fungsi lewat hirarki otoritas serta tanggungjawab.

Manfaat Organisasi

Organisasi sendiri memiliki banyak manfaat untuk anggotanya. Beberapa manfaat dari organisasi adalah :

  • Meningkatkan kemandirian dan kemampuan dari anggota organisasi tersebut
  • Mendapatkan relasi antar anggota yang dapat saling membantu dalam kehidupan
  • Meningkatkan kemampuan anggota dalam bersosialisasi dan berkomunikasi
  • Membantu memecahkan masalah yang dimiliki
  • Meningkatkan rasa tanggung jawab
  • Meningkatkan wawasan antar anggota
  • Membantu dalam meraih tujuan

Fungsi Organisasi

Secara umum fungsi organisasi adalah untuk memberikan arahan dan aturan serta pembagian kerja mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan para anggota di dalam organisasi. Selain itu fungsi organisasi juga untuk meningkatkan kemampuan dari setiap anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan. Fungsi lainnya adalah memberikan pengetahuan serta mencerdaskan setiap anggota di dalam organisasi tersebut.

Selain fungsi secara umum, ada juga fungsi khusus dari organisasi yang biasanya digunakan untuk organisasi dalam bidang bisnis dan ekonomi. Fungsi khusus tersebut dibagi menjadi 4 jenis, yaitu :

  1. Harus memungkinkan manajemen untuk memaksimalkan keluaran, melalui penyediaan sistem manusia dan mesin yang efisien.
  2. Harus memastikan jaringan komunikasi dan informasi yang lancar dan efektif.
  3. Harus menawarkan pekerjaan yang menarik dan bermakna bagi semua individu yang ada dalam organisasi. Hal ini akan memastikan kepuasan kerja. Organisasi dikembangkan untuk kepentingan banyak orang. Karena itu, organisasi juga harus humanistik dan bukan hanya mekanistik. Kedua pendekatan tersebut dapat disatukan.
  4. Harus menciptakan, memelihara dan mengembangkan citra atau individualitasnya sendiri. Hal ini memastikan niat baik orang luar.

Unsur-Unsur Organisasi

Untuk dapat membentuk dan menjalankan suatu organisasi secara optimal, diperlukan kelengkapan dari organisasi itu sendiri. Dengan memiliki kelengkapan tersebut diharapkan tujuan dari organisasi dapat terlaksana dengan maksimal. Kelengkapan dari organisasi adalah sebagai berikut :

  • Anggota organisasi terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi secara umum, manajer yang mengepalai unit tertentu sesuai fungsi bidang kerjanya dan orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini biasanya disesuaikan dengan jenis organisasinya masing-masing.
  • Kerja sama menjadi bagian penting dalam sebuah organisasi, dengan adanya kerja sama yang baik maka tujuan organisasi dapat dicapai bersama-sama. Sehingga adanya tingkatan anggota akan membantu memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik.
  • Tujuan organisasi akan menjadi arah perjalanan organisasi tersebut dalam menentukan kegiatan yang dilakukan nantinya.
  • Lingkungan seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi dan teknologi menjadi pendukung dalam mencapai tujuan dari organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Peralatan adalah sarana seperti materi, budget dan barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi.
  • Komunikasi tentunya akan sangat mempengaruhi bagaimana setiap anggota organisasi dapat bekerjasama dengan baik. Komunikasi yang baik akan sangat mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa.

Jenis-jenis Organisasi

  • Organisasi Informal

Merupakan organisasi yang dibentuk tanpa suatu ijin tertentu, contohnya seperti komunitas, forum, klub, dan lainnya.

  • Organisasi Formal

Organisasi ini terdaftar secara legal dan sah dan diakui resmi oleh pemerintah, contohnya seperti organisasi masyarakat (ormas).

  • Organisasi Hybrid

Organisasi ini bekerja di sektor publik dan privasi.

  • Organisasi Internasional

Organisasi ini melibatkan dua negara atau lebih yang memiliki suatu tujuan tertentu. Contohnya : PBB, ASEAN, UNI EROPA, OPEC

  • Organisasi Rahasia

Organisasi ini bergerak secara rahasia bahkan ilegal. Contohnya : organisasi kriminal, pemberontakan, dan lainnya.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari sebuah jasa yang mampu membantu organisasi bisnis. Mulai dari perencanaan, pengendalian kinerja hingga penyediaan platform pengelolaan bisnis, Finata adalah pilihan yang sangat lengkap.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh jasa ini salah satunya yaitu adanya fitur koreksi fiskal yang akan membuat laporan keuangan perusahaan Anda lengkap dengan analisisnya.

Jadi tunggu apalagi! Segera pilih Finata dan nikmati berbagai keuntungannya.  Demikian sedikit ulasan singkat tentang pengertian akuntansi beserta fungsi dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Fokusnya adalah pada pengembangan software bisnis yang menitikberatkan para UMKM di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.