Operator Produksi: Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

by | Jun 24, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

operator-produksi

Operator produksi merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Bagaimana tidak, operator produksi mempunyai peran besar dalam memproduksi produk dari perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan membutuhkan banyak operator produksi untuk dapat menghasilkan produk dalam jumlah yang banyak.

Lalu sebetulnya apa sih operator produksi itu? Lalu apa saja tugas dan tanggung jawabnya?

Pengertian Operator Produksi

Operator berasal dari bahasa inggris yaitu operate yang artinya mengoperasikan. Secara singkat operator produksi adalah karyawan dari sebuah perusahaan produksi yang diberikan tugas atau tanggung jawab untuk mengoperasikan mesin produksi agar dapat menghasilkan produk jadi ataupun setengah jadi.

Di sisi produksi, operator adalah yang posisi yang paling vital karena merekalah yang menentukan hasil produk dari perusahaan. Dalam proses produksi, operator menangani semua pekerjaannya mulai dari proses mempersiapkan material, hingga proses finishing produk.

Lalu apa saja pekerjaan dari operator produksi?

Tugas Operator Produksi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, operator produksi menangani semua pekerjaan yang berkaitan dengan produksi dari mempersiapkan material hingga menjadi barang jadi atau setengah jadi. Namun, kerja operator produksi ini dibagi-bagi per kelompok dengan cara kerjanya masing-masing agar proses produksi semakin efisien.

 

1. Briefing

Seperti pekerjaan lainnya, operator produksi juga harus melakukan briefing setiap hari. Briefing dipimpin oleh kepala bagian produksi atau mesin, dan operator produksi bertanggung jawab dalam menyiapkan material yang mendukung proses produksi.

Briefing ini bermaksud untuk membahas rencana kerja pada hari tersebut, pembagian tempat kerja, pembagian tugas, dan mengulas pekerjaan pada hari sebelumnya.

 

2. Mengoperasikan Mesin Produksi

Pengoperasian mesin produksi dimulai dari proses menghidupkan mesin, menjalankannya, hingga mematikan mesin produksi. Dalam hal ini operator produksi juga memiliki tanggung jawab untuk melakukannya.

Selain itu, operator produksi juga mempunyai tugas untuk menyetel program pada mesin sesuai tahapan proses produksi sesuai dengan standar produk.

 

3. Memonitoring Kondisi Mesin Produksi

Memonitoring kondisi mesin untuk memastikan bahwa mesin dapat dijalankan dengan baik juga merupakan tanggung jawab dari operator produksi juga. Apabila terjadi masalah atau kerusakan pada mesin, operator harus sesegera mungkin menghubungi teknisi mesin yang terkait untuk dapat segera memperbaikinya.

 

4. Menjaga Produktivitas

Tiap produksi memiliki target yang harus dicapai. Jadi memastikan baik bahan baku, mesin, karyawan dapat memenuhinya adalah tugas lain dari seorang operator produksi. Produktifitas perlu dijaga dalam alur yang lancar dan semua elemennya berfungsi dengan baik.

 

5. Menjaga Kualitas Produksi

Selain produktif, kualitas juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Operator produksi bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kualitas produksinya sesuai dengan standar atau spesifikasi yang ditentukan perusahaan. Untuk itulah penting adanya supervisor untuk mengawasi dan mengecek kualitas produksi.

 

6. Menjaga dan memelihara lingkungan kerja

Dalam bekerja, operator produksi harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kerjanya. Hal ini meliputi peralatan, mesin, dan hal lainnya.

 

7. Membuat laporan kerja

Operator produksi juga diharuskan untuk membuat laporan kerja. Laporan ini akan menjadi bahan analisa dari kepala bagian produksi dan laporan untuk bagian akunting produksi. Laporan ini berisi :

  • Kualitas produksi yang dicapai
  • Jenis produk yang dihasilkan
  • Jam lembur
  • Keterangan tambahan lainnya

Tanggung Jawab dari Operator produksi

Dengan beberapa tugas yang disebutkan sebelumnya, operator produksi juga memiliki tanggung jawab dalam bekerja. Beberapa tanggung jawab dari operator produksi adalah sebagai berikut :

  1. Memastikan kinerja yang dilakukan sudah sesuai dengan yang tentukan oleh perusahaan pada saat briefing pagi,
  2. Memastikan segala sesuatu yang dikerjakan sudah sesuai dengan SOP yang telah dibuat oleh perusahaan,
  3. Memastikan target yang ditentukan oleh perusahaan telah tercapai dengan baik,
  4. Memastikan lingkungan kerja selalu bersih dan rapi,
  5. Memastikan shift selanjutnya memahami setiap tugas yang telah disampaikan saat briefing pagi,
  6. Menjaga keamanan,
  7. Memastikan laporan kerja telah dibuat dengan baik.

Setiap perusahaan manufaktur harus memiliki perencanaan produksi yang matang dan tepat demi keefisiensian dan kelancaran proses produksi. Selain perencanaan yang matang, dalam eksekusi atau prakteknya juga harus diperhatikan. Contohnya dalam hal pencatatan keuangan atau akuntansi, memonitor proses produksi dan lain-lain.

Dalam hal pencatatan keuangan, Finata sebagai software akuntansi dan bisnis bisa menjadi solusi bagi perusahaan manufaktur. Di dalamnya terdapat fitur pencatatan barang komposit, inventory, dan pencatatan produksi.

Demikian beberapa poin tentang perencanaan produksi. Dengan mengikuti poin-poin tersebut diharapkan proses produksi dan bisnismu akan menjadi lebih mudah.

Ayo cek youtube Finata dan pelajari lebih banyak tentang Bisnis, Akuntansi, Keuangan, dan Pajak bersama Finata.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday