Neraca: Pengertian, Bentuk dan Fungsinya

by | May 4, 2021 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

neraca

Definisi Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan (aset, liabilitas, dan ekuitas) dari suatu entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Laporan Posisi Keuangan akan menjadi dasar perusahaan dalam menghasilkan keputusan bisnis.

Istilah neraca mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia akuntansi. Laporan ini wajib dibuat oleh entitas bisnis atau perusahaan karena menjadi panduan dalam memutuskan keputusan bisnis.

Pengertian Neraca Menurut Berbagai Sumber

– Neraca bedasarkan ilmu Akuntansi

Neraca atau laporan posisi keuangan (balance sheet atau statement of financial position) merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntasi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut.

– Menurut Munawir

Neraca atau balance sheet adalah laporan yang menyajikan sumber-sumber ekonomis dari suatu perusahaan atau aktiva, kewajiban-kewajibannya atau utang, dan hak para pemilik perusahaan yang tertanam dalam perusahaan tersebut atau modal pemilik pada suatu saat tertentu.

– Menurut James C Van Harne

Neraca adalah ringkasan posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu yang menunjukkan total aktiva dengan total kewajiban ditambah total ekuitas pemilik.

Unsur Di Dalam Neraca

Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas.

– Aset (Aktiva) atau Harta

Aset (aktiva) sering disebut juga sebagai harta. Aset merupakan sumber ekonomi yang dapat memberikan manfaat usaha pada masa yang akan datang serta berada dalam saldo normal debit. Aset dalam hal ini terdiri dari piutang usaha, aset tetap, persediaan, biaya dibayar muka, serta aset tidak berwujud.

– Kewajiban atau Hutang (Liabilitas)

Kewajiban atau hutang merupakan pembayaran yang ditunda hingga periode tertentu berdasarkan kesepakatan kepada pihak lain. Dengan begitu hutang tersebut harus dilunasi sebelum batas jatuh tempo pembayaran. Dalam hal ini kewajiban secara garis besar terdiri dari utang usaha, utang pajak dan utang non usaha.

– Ekuitas (Modal)

Ekuitas atau modal merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Modal berfungsi sebagai sumber keuangan utama sebelum perusahaan memperoleh pendapatan serta laba dari laba produk atau jasa yang dihasilkan. Modal atau ekuitas terdiri dari modal yang disetor serta laba atau rugi yang diperoleh oleh perusahaan.

Ketiganya dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulanan, caturwulanan, semesteran atau tahunan).

Bentuk-bentuk Laporan Neraca

Secara umum, laporan neraca memiliki dua bentuk yaitu skontro dan staffel.

Skontro merupakan bentuk laporan neraca yang mengelompokkan harta atau aktiva pada kolom sebelah kiri. Sedangkan untuk bagian kewajiban dan modal berapa pada bagian kolom sebelah kanan.

Bentuk laporan keuangan yang kedua adalah neraca staffel.

Staffel merupakan bentuk laporan keuangan neraca yang disajikan dengan cara penulisan kelompok harta atau aktiva pada bagian atas. sedangkan untuk kelompok kewajiban dan modal berada pada bagian bawah. Selain istilah staffel, bentuk neraca ini juga sering disebut dengan bentuk laporan neraca vertikal.

Fungsi Neraca Keuangan

Fungsi neraca pada intinya untuk menaksir kesehatan keuangan perusahaan, meramalkan keadaan arus kas di masa depan serta berfungsi untuk menganalisis likuiditas serta fleksibilitas keuangan perusahaan.

Selain itu, neraca juga berfungsi sebagai hal-hal berikut ini:

  • Alat yang digunakan untuk analisis perubahan kondisi keuangan suatu perusahaan secara berkala dari tahun ke tahun.
  • Alat untuk menganalisis likuiditas (kemampuan perusahaan mengembalikan hutang dalam bentuk dana cair atau liquid).
  • Alat untuk menganalisis kemampuan suatu perusahaan dalam melunasi utang jangka pendek sebelum jatuh tempo.

Neraca merupakan laporan keuangan yang vital dalam sebuah laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan neraca yang terupdate, akurat dan sistematis sangat penting bagi pemilik bisnis atau perusahaan untuk mencari pendanaan tambahan atau pembiayaan ekuitas.

Selain itu, neraca juga dapat digunakan untuk menjual bisnis guna menentukan kekayaan bersih dari bisnis atau perusahaan yang dikelola. 

Jika anda sedang menjajaki dunia bisnis, menyusun laporan keuangan memang membutuhkan ketelitian dan langkah yang sedikit rumit. Hal itu tentunya karena dalam laporan neraca membutuhkan data yang kronologis dan sistematis sehingga membutuhkan ketelitian.

Namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat software akuntansi yang akan membantu anda menyusun laporan keuangan dengan cara yang mudah. 

Selain memudahkan dalam cara penyusunan, menggunakan aplikasi juga menyingkat waktu menjadi lebih cepat dan hasil laporan  yang lebih tepat. Dengan bersumber pada sistem, data yang dimasukkan lebih akurat dibandingkan dengan memasukkan data secara manual atau dengan pembukuan manual. Salah satu aplikasi yang dapat dipercaya untuk membantu penyusunan laporan keuangan anda adalah Finata.

Pembuatan laporan neraca dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani.

Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita. 

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday