Modal ventura merupakan investasi bentuknya pembiayaan penyertaan modal dengan menjadikan perusahaan swasta sebagai Mitra maupun rekan bisnis dalam periode waktu yang ditentukan. Biasanya modal ventura ini akan diberikan dalam bentuk uang tunai kemudian ditukar menggunakan sejumlah saham pada perusahaan mitra bisnis.

Modal ventura ini termasuk investasi yang resikonya tinggi namun juga mempunyai pengembalian yang tinggi. Dana investasi yang diberikan oleh investor akan dikelola oleh dana ventura dimana sebelumnya, investor sudah mengetahui Perusahaan mana yang ia biayai. Selain memiliki risiko yang tinggi modal ventura juga tidak persyaratan standar untuk perusahaan terbuka dalam mendapatkan modal pinjaman dari bank.

Karakteristik Modal Ventura

Terdapat berbagai karakteristik dari modal ventura ini yakni sebagai berikut:

  • Equity dimana pembiayaan diperlukan oleh perusahaan modal ventura menggunakan partisipasi modal secara langsung di perusahaan Mitra bisnis
  • Merupakan investasi jangka panjang karena perusahaan modal ventura tidak mengharapkan adanya laba dengan memperdagangkan saham dalam jangka waktu yang pendek mainkan akan menunggu keuntungan modal dalam jangka waktu yang sudah ditentukan
  • Pembiayaan yang bersifat terus capital karena tidak disertai dengan jaminan sebagaimana hal nya pinjaman dari bank. Risiko yang tinggi ini akan diimbangi dengan harapan pengembalian dana yang lebih besar.
  • Bersifat sementara karena walaupun pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal, terdapat prinsip-prinsip bersifat sementara seperti adanya ketentuan periode partisipasi modal ventura yakni 10 tahun di Indonesia.
  • Keuntungan dalam bentuk Capital Gain dan dividen
  • Rate of return tinggi karena menjadi terobosan baru yang berpotensi menguntungkan dengan pengembalian yang tinggi

Dasar Hukum Modal Ventura

Sekarang ini modal ventura sudah masuk dalam lembaga keuangan yang terbilang baru. Modal ventura ini sudah dijelaskan dalam KEPPRES No.61 tahun 1998 tentang lembaga pembiayaan serta KEPMENKEU No.1251 / KMK.013 / 1998 tentang Ketentuan dan prosedur pelaksanaan lembaga pembiayaan. Adanya kedua peraturan ini baik itu KEPPRES maupun KEPMENKEU lupakan awal sejarah dasar adanya hukum modal ventura di Indonesia.

Selain adanya dua peraturan terdapat juga aturan lain yang sifatnya hukum perdata maupun hukum publik. Adapun hukum perdata untuk modal ventura yakni asas kebebasan kontrak kemudian bentuk dasar kepastian hukum. Disebabkan hukum kontrak dibuat secara hukum maka kontrak yang berlaku untuk perusahaan modal ventura maupun perusahaan mitra bisnis ialah pasal 1338 ayat 1 KUHPerdata.

Sedangkan untuk hukum publik, aturan memiliki keterkaitan yang erat dengan kepentingan publik terutama yang sifatnya administratif. Baik itu undang-undang di bidang hukum politik maupun peraturan mengenai lembaga pembiayaan sudah diatur dengan jelas.

Baca juga : Komponen Laporan Neraca Untuk Menyusun Laporan KeuanganYang Sistematis

Tujuan Modal Ventura

Perlu diketahui bahwa PT Bahana business development Indonesia merupakan perusahaan modal ventura pertama yang ada di Indonesia. Adapun tujuan dari modal ventura ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama mengembangkan serta mengumpulkan kemampuan UMKM dengan cara mencari bantuan keuangan tanpa mengesampingkan aturan perusahaan.
  • Kedua dapat membantu dalam peningkatan pertumbuhan UKM dengan cara mengusahakan modal saham, membantu usaha kecil dalam peningkatan keahlian serta manajemen dan memberikan jaminan jangka menengah dan juga jangka panjang.
  • Ketiga membantu menciptakan iklim bisnis yang sehat bagi UKM untuk dapat terus bertumbuh menjadi bisnis yang handal
  • Keempat, kemitraan dijalankan dalam konteks pengentasan kemiskinan yakni dengan cara membantu para wirausahaan yang tidak memiliki jaminan secara material serta kekurangan modal sehingga membuatnya sulit untuk bisa mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Dengan demikian maka penyertaan modal ventura bisa membantu mengatasi kesulitan keuangan yang sedang dialami.
  • Kelima untuk perusahaan yang sedang kekurangan likuiditas
  • Membantu membangun perusahaan yang baru dengan risiko kerugian yang besar.

Manfaat Modal Ventura

Modal ventura memiliki berbagai manfaat yang bisa ditelaah satu persatu. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama dapat meningkatkan kegiatan bisnis dimana biasanya perusahaan Mitra ialah usaha kecil yang berpotensi untuk menyembuhkan dana sehingga bisnisnya bisa meningkat. Adanya pemberian dari modal ventura akan membantu meningkatkan aktivitas bisnis.
  • Kedua, meningkatkan potensi bisnis baik itu untuk individu atau kelompok yang sudah berhasil menciptakan sesuatu yang baru, maka umumnya akan butuh yang namanya dukungan finansial. Hal inilah yang membuat menurut untuk bertindak dengan cara menjadi mitra bisnis yang bisa membantu mengembangkan produk serta membuat bisnis menjadi lebih besar.
  • Ketiga, pemasaran produk menjadi lebih efisien di mana proses pemasaran dalam bisnis percontohan pada umumnya tidak efisien sebab jumlah produksi yang masih kecil. Adanya bantuan dari pendanaan modal ventura tentu akan meningkatkan efisiensi dalam hal pemasaran produk.
  • Meningkatkan likuiditas karena para pemula yang mendapat modal dari modal ventura yang diharuskan untuk membayar cicilan utang maupun bunga. Hal inilah yang akan buat tambahan modal investasi yang akan meningkatkan likuiditas suatu perusahaan.
  • Mendapat kepercayaan dari pihak bank karena adanya modal ventura akan mampu meningkatkan kepercayaan pihak bank pada perusahaan pemula dalam hal menyediakan modal ventura.
  • Rehabilitas menjadi lebih baik di mana biaya pemasaran dan juga biaya produksi bisa diminimalisir Dan akhirnya akan membantu meningkatkan keuntungan dan juga kemampuan.

Baca juga : Macam-Macam Surat Berharga yang Penting untuk Diketahui

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Terdapat berbagai jenis pembiayaan modal ventura hal yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Equity Financing, jenis pembiayaan yang satu ini merupakan jenis pembiayaan yang dibuat langsung oleh berbenturan dengan melakukan investasi di perusahaan agribisnis serta mengambil bagian yang dimiliki perusahaan mitra bisnis
  • Semi equity finansial, merupakan  jenis pembiayaan modal ventura dengan cara membeli obligasi konversi yang telah diterbitkan perusahaan mitra bisnis
  • Membangun bisnis baru dimana perusahaan modal ventura yang melakukan kerjasama dengan perusahaan mitra bisnis akan membangun bisnis yang sifatnya benar-benar baru
  • Bagi hasil di mana jenis pembiayaan bagi usaha kecil serta tidak memiliki badan hukum maupun yang telah memiliki badan hukum. Kedua pihak akan mendapatkan dari keuntungan yang dihasilkan oleh suatu bisnis.

Pentingnya Modal Ventura dalam Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa modal ventura memiliki banyak manfaat, di damping juga memiliki risiko yang tinggi. Akan sangat membantu bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan yang baru dirintis dan masih berskala kecil. Tidak bisa dipungkiri perusahaan maupun bisnis dengan skala kecil seringkali masih kesulitan dalam mendapatkan pinjaman, terutama dari pihak bank.

Namun, selain memastikan modal untuk mengembangkan suatu usaha maupun bisnis, hal yang perlu diperhatikan demi memastikan bisnis terus menumbuhkan profit yang stabil adalah diagnosa kesehatan bisnis. Semua tentu saja harus dilakukan secara professional dan minim kesalahan.

Tetapi sekarang, tidak perlu khawatir. Software bisnis Finata hadir untuk menjawab kebutuhan akan diagnosa bisnis dengan banyak keunggulan fitur. Mulai dari penyediaan master data, laporan lengkap, utilisasi & administrasi, reminder, diagnosis bisnis, dan juga transaksi bisnis. Semua bisa dilakukan secara cepat dan mudah dengan Finata.id. Segera diagnosa bisnis Anda dan dapatkan banyak kelebihan demi profit bisnis yang stabil.