Minimarket dan Toko Kelontong di Masyarakat

by | Jun 18, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

minimarket

Membuat sebuah usaha dan bisnis adalah hal yang lumrah untuk dilakukan di kehidupan masyarakat. Ada banyak pilihan usaha yang dapat dijalankan oleh seseorang mulai dari bisnis makanan, jasa, dan lain sebagainya. Salah satu bisnis yang memiliki potensi besar saat ini adalah bisnis minimarket dan juga toko kelontong.

Sebagai manusia, tentu kita membutuhkan perlengkapan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Perlengkapan sehari-hari ini sangatlah beragam dan biasanya dijual di minimarket ataupun toko kelontong.

Pengertian Minimarket dan Toko Kelontong

Definisi dari minimarket adalah swalayan atau toko kecil yang menyediakan produk barang atau jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Definisi ini serupa dengan definisi dari toko kelontong, hanya saja mini market adalah bentuk modern dari toko kelontong.

Mini market dan toko kelontong menjual berbagai jenis produk baik itu barang ataupun makanan yang didapatkan dari banyak supplier. Dengan adanya mini market atau toko kelontong ini masyarakat dapat membeli berbagai macam produk dengan jumlah yang kecil dan harga yang terjangkau.

Sejarah Minimarket

Menurut sumber, sekitar 17 tahun yang lalu Di jaman Orde Baru, Kementrian Koperasi / Departemen Koperasi Pusat menggandeng sebuah Yayasan Pendidikan yaitu Yayasan Prasetya Mulya Bag CSR-nya dan supermarket terdepan pada waktu itu yaitu supermarket Hero Bag CSR-nya mengadakan pelatihan ke minimarket an untuk koperasi, dan UKM.

Pelatihan pada waktu itu mendorong koperasi-koperasi peserta pelatihan untuk mendirikan minimarket dan yayasan serta supermarket besar tersebut memberikan pendampingan dimana Supermarket Hero berperan sebagai konsultan.

Pada sistem pendampingan, minimarket koperasi harus mencari pasokan barang dan penetapan harga sendiri sehingga harga sesuai pasaran. Supermarket hanya sebagai konsultan tentang cara dan strategi pengelolaan dan pemasaran saja, sehingga minimarket koperasi ini tidak mematikan warung-warung kecil, salah satu koperasi yang berhasil adalah KUD Soliamitra yang berada di Kecamatan Limo Depok.

Adapun nama minimarketnya adalah Minimarket Soliamitra MM Soliamitra. MM Soliamitra, mampu berkembang dengan baik, sekarang memiliki dua minimarket, bahkan juga mampu memberikan pendampingan bukan Franchise kepada Koperasi, atau UKM yang ingin mendirikan minimarket.

Adapun yang sudah berhasil mendirikan minimarket dengan sistim pendampingan oleh MM Soliamitraa dalah minimarket Indocement Cibinong milik perusahaan semen, PT Indocement Cibinong dan minimarket Al Hilal milik perseorangan di Pancoran Jakarta.

MM Soliamitra, tidak menjadi ancaman bagi warung atau toko kecil, karena tidak ada persaingan harga yang tajam. Penetapan harga di minimarket Soliamitra, tidak berdasarkan penetapan oleh pihak pendamping pada waktu itu supermarket Hero , tetapi dibiarkan mengikuti pasaran bebas. Jadi harga di MM Soliamitra lebih mahal sedikit dari warung- warung kecil, tapi masih lebih murah dari supermarket. Jadi semua segmen masyarakat bisa terlayani. Tidak seperti minimarket franchise sekarang ini, yang pasang harga jauh lebih murah dari warung kecil, sehingga menyedot konsumennya warung kecil.

Jenis Minimarket

Mini market sendiri terbagi dalam 2 jenis. Jenis ini dipisahkan berdasarkan cara mengelola perusahaan mini market tersebut.

– Waralaba / Franchising

Merupakan bentuk mini market yang memberikan hak kepada perusahaan lain untuk menjualkan barang atau jasa perusahaan tersebut dengan peraturan dan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak waralaba tersebut. Contohnya adalah indomaret atau alfamart

– Minimarket Reguler

Merupakan bentuk mini market yang tidak bekerja sama dengan perusahaan lain. Mini market ini dikelola oleh suatu perusahaan saja.

Persaingan Minimarket dan Toko Kelontong

Dengan semakin banyaknya minimarket yang tersebar di seluruh penjuru negeri, membuat konsumen usaha toko kelontong menjadi berkurang. Minimarket telah hadir hampir di setiap tempat dan menarik lebih banyak konsumen.

Tidak bisa dipungkiri bila kondisi tempat minimarket yang modern dapat membuat nyaman konsumen itu sendiri. Selain itu, konsumen juga dapat mengambil sendiri barang-barang yang ingin dibeli pada rak-rak minimarket sebelum melakukan pembayaran di kasir. Walaupun terlihat merepotkan, namun masyarakat sudah terbiasa dengan sistem ini dan menyukainya.

Jumlah minimarket yang semakin banyak tentunya menandakan bahwa perkenomian di Indonesia mengalami kemajuan secara makro. Selain itu, hal tersebut memberikan dampak positif dalam mengurangi jumlah pengangguran dengan membuka banyak kesempatan kerja. Namun disisi lain, gairah ekonomi itu ternyata memicu keresahan di kalangan pelaku UKM khususnya pedagang toko kelontong atau eceran yang berada di sekitaran lokasi minimarket.

Dengan sistem bisnis dan laporan keuangan yang baik maka usaha minimarket akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, keterbatasan skill tentang ilmu akuntansi perdagangan bisa menjadi sebagai penghalang. Finata bisa memberikan solusi terbaik dengan menyediakan aplikasi software keuangan yang membantu mengelola keuangan usaha Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday