Mengenal Pengertian Akuntansi Beserta Tujuan dan Fungsinya

by | Dec 11, 2019 | Akuntansi, Blog | 0 comments

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi

Apa itu Akuntansi? Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing atau bahkan sering mendengar istilah yang satu ini. Secara umum pengertian akuntansi diartikan sebuah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan mengolah hingga menyajikan data transaksi.

Adanya akuntansi tersebut tentu memiliki manfaat yang mana salah satunya yaitu memudahkan seseorang dalam pengambilan keputusan atau hal penting lainnya.

Bicara soal akuntansi tentu saja tidak jauh-jauh dengan yang namanya angka dan perhitungan rumit. Biasanya akuntansi seringkali digunakan dalam aktivitas bisnis seperti pelaporan keuangan perusahaan.

Dengan adanya pembuatan laporan keuangan menggunakan akuntansi akan memudahkan seseorang dalam membuat bahan dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Nah, langsung saja untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian akuntansi, manfaat hingga fungsinya bagi perusahaan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui lebih jauh tentang akuntansi, kita dapat melihat pengertian akuntansi yang disampaikan oleh para ahli. Nah, berikut ini penjelasan singkat tentang definisi akuntansi menurut beberapa ahli, yaitu:

Littleton

Definisi akuntansi menurut Liitleton yakni aktivitas yang mana bertujuan untuk melaksanakan perhitungan secara periodik antar biaya usaha dengan hasil.

Definisi yang diungkapkan oleh Littleton ini berdasar pada teori akuntansi dan merupakan ukuran yang seringkali dijadikan sebagai rujukan.

Rudianto

Akuntansi merupakan sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak berkepentingan mengenai aktivitas
ekonomi suatu badan usaha.

Akuntansi menurut AAA

Definisi akuntansi menurut AAA atau American Accounting Association merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan pengukuran laporan ekonomi dan penilaiannya.

Tujuan utama akuntansi sendiri yaitu untuk melakukan perhitungan secara periodik pada usaha sehingga dapat diketahui besaran biaya dan hasilnya.

Suparwoto L

Menurut pendapat Suparwoto L, akuntansi adalah suatu sistem yang bertujuan untuk mengukur dan mengelola data transaksi keuangan serta memberikan hasil pengelolaan tersebut.

Umumnya hasil laporan tersebut berkaitan dengan pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan misalnya investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, dan lain sebagainya.

Tujuan Akuntansi

Setelah membahas tentang pengertian akuntansi menurut beberapa ahli, maka selanjutnya kita akan membahas tentang tujuan akuntansi itu sendiri.

Secara umum tujuan akuntansi adalah untuk mengumpulkan dan juga melaporkan informasi terkait masalah keuangan, kinerja, posisi keuangan dan lain sebagainya.

Informasi yang didapatkan nantinya akan digunakan sebagai dasar atau landasan dalam membuat sebuah keputusan. Nah, agar lebih jelasnya berikut akan dijabarkan beberapa informasi terkait tujuan akuntansi, yaitu:

  1. Dapat memberikan informasi mengenai keuangan baik yang berkaitan dengan harta maupun hutang perusahaan.
  2. Menyediakan informasi tentang perusahaan pada berbagai sumber ekonomi (netto) suatu perusahaan.
  3. Dapat memberikan informasi keuangan perusahaan yang mana nantinya dapat membantu dalam pembuatan estimasi besarnya keuntungan yang diterima oleh perusahaan.
  4. Menyediakan informasi lainnya yang berkaitan dengan laporan keuangan untuk membantu laporan tersebut.

Baca juga : Tips Mengelola Keuangan Bisnis

Fungsi Akuntansi

Mengacu dari pengertian akuntansi yang sudah disebutkan di atas, dapat diketahui beberapa fungsi dari akuntansi itu sendiri. Langsung saja berikut ini beberapa fungsi akuntansi secara umum yakni:

1. Recoding Report

Fungsi yang pertama akuntansi yaitu recording report atau data rekaman mengenai catatan transaksi yang sistematis dan kronologi. Fungsi recording report ini menjadi salah satu fungsi utama yang ada di bidang akuntansi.

Adanya rekam catatan transaksi ini nantinya akan dikirimkan ke Account Ledger sampai akhirnya menyiapkan informasi terkait profit dan loss dari bisnis yang di jalankan.

2. Melindungi Properti dan Aset

Fungsi akuntansi selanjutnya yaitu berguna untuk menghitung berapa jumlah penyusutan aset akan dihitung dengan menggunakan metode yang tepat dan terstruktur.

Perlu diketahui semua dipisah tidak sah akan menyebabkan sebuah bisnis mengalami kebangkrutan. Itulah mengapa sistem akuntansi dirancang untuk melindungi properti atau aset perusahaan dari pemakaian yang tidak sah.

3. Mengkonsumsi Hasil

Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas, fungsi lainnya yang dimiliki oleh akuntansi yaitu untuk mengomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat ke semua pihak yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Pihak yang berkaitan yang dimaksud di sini seperti kreditor, investor, karyawan, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

4. Meeting Legal

Tahukah Anda bahwa salah satu fungsi akuntansi juga berhubungan dengan perencanan dan pengembangan sistem. Sistem tersebut nantinya digunakan sebagai pengaktifan kepemilikan dan wewenang atas pengajuan berbagai pernyataan.

5. Klasifikasi

Selanjutnya fungsi akuntansi yang bisa dikatakan tidak kalah penting adalah sebagai klasifikasi yang berhubungan tentang analisis sistematis dari semua data yang masuk atau tercatat dalam perusahaan.

Dengan adanya klasifikasi tersebut tentu akan semakin memudahkan dalam pengelompokan jenis transaksi atau entri data.

6. Analisa dan Menafsirkan

Satu lagi fungsi akuntansi yang tidak kalah penting yaitu melakukan analisa dan juga menafsirkan data keuangan perusahaan.

Data keuangan yang sudah masuk proses analisa akuntansi akan diinterpretasikan dengan cara yang lebih mudah untuk dimengerti. Sehingga hal tersebut dapat membantu dalam membuat penilaian kondisi keuangan dalam bisnis.

Baca juga : Tips Agar Bisnis UMKM Sukses

Manfaat Akuntansi dalam Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi akuntansi di atas, dapat kita ketahui bahwa akuntansi tidak hanya sekadar teknik pembukuan yang hanya mencangkup transaksi saja.

Dengan adanya akuntansi dalam sebuah perusahaan tentu saja akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan bisnis ke depannya. Nah, berikut akan disampaikan beberapa manfaat akuntansi dalam sebuah bisnis, yaitu:

  1. Sebagai alat kontrol dan pengendalian keuangan perusahaan.
  2. Sebagai alat evaluasi perusahaan.
  3. Dapat dijadikan sebagai dasar dalam mengalokasikan sumber daya alam.
  4. Memberikan berbagai informasi keuangan sebagai dasar dalam pembuatan keputusan managerial.
  5. memberikan informasi atau laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Bidang-Bidang Akuntansi dalam Bisnis

Selanjutnya, setelah membahas pengertian dan juga fungsi dari akuntansi, kurang lengkap jika kita tidak mengetahui bidang-bidang akuntansi dalam bisnis.

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa bidang akuntansi dalam bisnis yang wajib untuk diketahui. Langsung saja, berikut ini beberapa bidang akuntansi yang dimaksud yaitu:

1. Akuntansi Keuangan

Bidang akuntansi yang pertama yaitu berkaitan dengan pencatatan transaksi rutin keuangan suatu perusahaan secara berkala.

Tujuan dilakukan pencatatan secara berkala tersebut yaitu agar bisa dijadikan sebagai sumber informasi terakurat yang banyak pihak seperti manajemen, pemilik perusahaan, dan juga kreditor.

2. Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi selanjutnya yaitu akuntansi perpajakan yang berkaitan dengan pelaporan pajak keuangan perusahaan.

Akuntansi perpajakan ini dianggap sangat penting karena dijadikan sebagai pertimbangan terkait konsekuensi dari transaksi yang dilakukan perusahaan.

3. Akuntansi Biaya

Sesuai dengan namanya, akuntansi ini bertujuan untuk mengendalikan bujet atau anggaran yang dimiliki perusahaan. Tujuan utamanya yaitu menekan kegunaan dana perusahaan meskipun sudah dianggarkan.

4. Auditing atau Pemeriksaan Akuntansi

Untuk bidang akuntansi yang satu ini berkaitan dengan pemeriksaan laporan keuangan yang mana tujuannya untuk mengetahui kejujuran dan juga kebenaran dari laporan tersebut.

Umumnya pada bisnis yang berkembang masih belum menerapkan bidang yang satu ini.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari sebuah jasa yang mampu membantu organisasi bisnis. Mulai dari perencanaan, pengendalian kinerja hingga penyediaan platform pengelolaan bisnis, Finata adalah pilihan yang sangat lengkap.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh jasa ini salah satunya yaitu adanya fitur koreksi fiskal yang akan membuat laporan keuangan perusahaan Anda lengkap dengan analisisnya.

Jadi tunggu apalagi! Segera pilih Finata dan nikmati berbagai keuntungannya.  Demikian sedikit ulasan singkat tentang pengertian akuntansi beserta fungsi dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis - 7 kesalahan fatal pebisnis

Download