Mengenal Assets Under Management (AUM) Untuk Para Investor

by | Sep 3, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

assets-under-management-AUM

Dalam dunia investasi, para investor pasti pernah mendengar tentang AUM atau Assets Under Management. AUM sendiri biasanya digunakan sebagai salah satu tolok ukur untuk memilih investasi yang akan dilakukan. Indikator ini menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada suatu investasi.

AUM memiliki peranan penting karena terkait dengan strategi investasi yang dilakukan perusahaan asset management dan aliran produk investor dalam proses menentukan kekuatan perusahaan.

Definisi Asset Under Management (AUM)

Secara singkat, AUM atau Asset Under Management adalah total nilai pasar dari investasi yang dipercayakan oleh investor untuk dikelola seseorang atau entitas.

Pada umumnya elemen yang ditambahkan saat menghitung AUM berbeda-beda menurut perusahaan. Beberapa lembaga keuangan memasukkan deposito bank, reksa dana, dan uang tunai dalam perhitungannya. Yang lain membatasinya hanya untuk dana di bawah manajemen diskresioner, dimana investor memberikan wewenang kepada perusahaan untuk berdagang atas namanya.

Secara keseluruhan, AUM hanya satu aspek yang digunakan dalam mengevaluasi perusahaan atau investasi. Ini juga biasanya dipertimbangkan dalam hubungannya dengan kinerja manajemen dan pengalaman manajemen. Namun, umumnya, investor dapat mempertimbangkan arus masuk investasi yang lebih tinggi dan perbandingan AUM yang lebih tinggi sebagai indikator positif kualitas dan pengalaman manajemen.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Kenapa AUM itu Penting?

Manajemen perusahaan akan memantau AUM karena berkaitan dengan strategi investasi dan aliran produk investor dalam menentukan kekuatan perusahaan. Perusahaan investasi juga menggunakan aset yang dikelola sebagai alat pemasaran untuk menarik investor baru. AUM dapat membantu investor mendapatkan indikasi ukuran operasi perusahaan relatif terhadap para pesaingnya.

AUM juga dapat menjadi pertimbangan penting untuk perhitungan biaya. Banyak produk investasi membebankan biaya manajemen yang merupakan persentase tetap dari aset yang dikelola. Juga, banyak penasihat keuangan dan manajer uang pribadi membebani klien persentase dari total aset yang mereka kelola. Biasanya, persentase ini menurun ketika AUM meningkat; dengan cara ini, para profesional keuangan ini dapat menarik investor.

Asset Under Management Dalam Reksa Dana

AUM sering disebut juga dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Namun sebenarnya ada perbedaan di antara dua istilah ini. Total dana yang dikelola oleh manajer investasi dapat disebut AUM, namun belum tentu sama dengan NAB.

Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value (NAV) adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih Reksa Dana setiap harinya. NAB merujuk kepada harga satu produk Reksa Dana, sedangkan AUM menghitung total dari semua produk Reksa Dana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut.

Faktor-Faktor Pertimbangan Memilih Reksa Dana

Selain AUM dan NAB, ada beberapa faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam memilih reksa dana. Beberapa faktor tersebut antara lain :

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

– Umur Reksa Dana

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah umur dari reksa dana. Dari catatan beberapa tahun terakhir, pasar modal telah mengalami kondisi bullish dan bearish. Jadi iklim investasi bersifat siklus dan ketahanan produk investasi diuji dengan terjadinya krisis ekonomi.

Jika produk Reksa Dana mampu bertahan dalam periode bullish dan bearish, ini akan menjadi poin lebih. Hal ini dapat diartikan bahwa reksa Dana tersebut telah teruji dan tahan banting. Sehingga potensi kerugian yang mungkin terjadi dapat diperkecil.

– Rasio Return dan Risk

Segala macam investasi dan bisnis pasti memiliki risiko. Risiko ini berbanding lurus dengan keuntungan yang bisa didapatkan oleh investasi tersebut.

Bila memilih reksa dana yang bisa mendapatkan keuntungan yang besar, maka risiko yang dimiliki juga akan sama besarnya. Begitupun sebaliknya, bila ingin memperkecil risiko yang diperoleh, maka keuntungan yang didapatkan juga akan menjadi lebih kecil.

– Management Fee dan Fee Transaksi

Besaran biaya management fee dan fee transaksi juga perlu dipertimbangkan. Mau bagaimanapun juga, fee akan mengurangi tingkat keuntungan yang diperoleh. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencari informasi terlabih dahulu berapa besaran management fee dan free transaksi sebelum memilih reksa dana.

– Kemudahan Transaksi

Proses pembelian reksa dana mudah akan mendorong kamu bersemangat investasi rutin setiap bulan. Namun, beberapa orang tidak memiliki cukup waktu dalam mengurus transaksi pembelian dan penjualan tersebut.

Maka dari itu, salah satu kemudahan yang harus dimiliki adalah dengan adanya pembelian secara online. Hal ini tentu akan mempermudah investor dalam mengelola investasinya daripada harus datang ke manajer investasi secara langsung.

assets under management - software akuntansi Finata

MELFINA

Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan

AUM merupakan salah satu dari banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih investasi, termasuk reksa dana. Selain itu, kita juga perlu melihat reputasi manajer investasi agar dapat menghindari manajer investasi yang buruk.

Namun, AUM dapat dijadikan sebagai acuan awal yang baik dalam menilai kepercayaan masyarakat dalam memilih investasi. Namun, tentu kita juga harus melakukan pengecekan lebih lanjut sebelum memutuskan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday