Mempertahankan Pelanggan Loyal untuk Menaikkan ROE Usaha

by | Feb 13, 2021 | Blog, Bisnis | 0 comments

mempertahankan-pelanggan-loyal

Pengelolaan pelanggan loyal dengan baik dan benar merupakan hal yang perlu Anda ketahui, karena hal ini ternyata bisa meningkatkan besaran laba bersih terhadap modal (ROE) suatu usaha. ROE atau tingkat laba bersih terhadap modal ini merupakan rasio keuangan yang menunjukkan kemampuan suatu bisnis di dalam menghasilkan laba bersih, tentunya berasal dari modal yang dimiliki.

Laba bersih sendiri diperoleh dari perhitungan total pendapatan atau penjualan setelah dikurangi biaya produk maupun beban operasional. Sementara pendapatan merupakan hasil kali dari volume atau kuantitas produk dengan harga jual produk. Volume atau biasa disebut sebagai kuantitas produk merupakan gabungan antara segmen pasar, dalam hal ini pelanggan.

Pelanggan atau konsumen atau customer ini bisa berupa pelanggan baru maupun pelanggan loyal. Semakin banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan, termasuk mempertahankan loyal customer, maka semakin tinggi pendapatan usaha yang Anda dapatkan. Itulah sebabanya, nilai ROE ini dipengaruhi oleh customer profitability dari bisnis yang dijalankan.

Jadi, customer profitability merupakan pelanggan loyal sekaligus royal kepada produk yang Anda miliki, sehingga mampu untuk mendongkrak tingkat keuntungan bisnis. Karena customer profitability ini dipengaruhi oleh nilai transaksi dan frekuensi atau repeat order-nya.

 

Cara Mempertahankan Pelanggan Loyal untuk Usaha Anda

Rasio besaran biaya akuisisi pelanggan ini biasanya sekitar sepertiga dari customer profitability. Jika kurang dari itu, maka proses akuisisi pelanggan akan melambat. Sementara jika lebih dari itu, maka menunjukkan proses akuisisi pelanggan yang tidak efisien. Hal inilah yang membuat Anda perlu mempertahankan dan memelihara pelanggan, sehingga biaya untuk akuisisi pelanggan tetap bisa terkendali dengan optimal.

Ada banyak cara untuk menjaga agar pelanggan bisnis Anda menjadi pelanggan loyal, salah satunya dengan cara membuat member atas pelanggan. Misalnya dengan memberikan reward, baik dalam bentuk diskon maupun point potongan khusus untuk pembelanjaan berikutnya. Dan ada baiknya, semua biaya yang timbul atas kegiatan ini harus diukur dan diperhitungkan, sehingga akan menghadirkan tingkat keuntungan yang tinggi.

Cara kedua adalah dengan memiliki produk yang valuable di mata pelanggan. Produk baik atau produk valuable ini datang dari kualitas SDM yang mumpuni. Sementara SDM merupakan salah satu komponen beban usaha sehingga harus mampu terukur bobot kerja dari setiap bagian yang ada dalam suatu bisnis.

Untuk itu pelanggan yang loyal perlu diperhatikan karena organisasi bisnis itu adalah organisasi profit oriented, matrik-matrik profit di setiap variabel harus diukur dengan baik dan benar. Nah, semua cerita tersebut akan jelas terlihat di laporan keuangan.

Oleh karenanya, selain harus memiliki skill menyusun laporan keuangan, Anda juga harus memiliki keterampilan membaca laporan keuangan. Pasalnya, saat ini skill membaca laporan keuangan adalah syarat mutlak yang harus dimiliki agar proses evaluasi bisnis bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Di dalam ilmu akuntansi, ada empat rasio dalam membaca laporan keuangan bisnis. Yang meliputi rasio tingkat keuntungan, rasio kesehatan kas, rasio manfaat hutang, serta rasio aktivitas (efektivitas dan efisiensi kas atau operasional perusahaan).

Masing-masing rasio ini memiliki besaran rasio tersendiri, dan ROE termasuk salah satu analisa tingkat keuntungan yang membandingkan persentase laba bersih terhadap modal. Semakin besar nilai ROE, maka semakin besar laba bersih yang didapat.

Untuk Anda yang ingin belajar cara membaca laporan keuangan secara lengkap untuk memperkuat pondasi bisnis Anda, MELFINA adalah solusi terbaik untuk Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

 

 

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday