Cara Dan Contoh Lengkap Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

by | Sep 16, 2020 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

Cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang dibutuhkan bukan hanya untuk mereka yang jenis usahanya besar. Laporan keuangan juga bisa dipraktikkan oleh usaha kecil. Perusahaan dagang ataupun jasa memerlukan laporan keuangan untuk memantau perkembangan usaha dan mengetahui laba rugi usaha yang dijalankan.

Usaha dagang meskipun masih dalam skala rumahan tentu saja bisa memulai menggunakan laporan keuangan. Kendati pada awalnya hanya laporan keuangan yang sederhana. Apalagi perusahaan dagang barang dalam skala besar, tentu saja memerlukan laporan keuangan yang lengkap.

Tidak sedikit usaha yang terpaksa gulung tikar karena merugi. Jangan salah kerugian itu bisa disebabkan karena amburadulnya laporan keuangan, si pemilik usaha tidak mengetahui secara pasti untung rugi yang dia dapat. Nah, inilah pentingnya memiliki laporan keuangan apapun jenis usaha Anda, baik skala kecil, menengah, ataupun besar.

Sayangnya banyak yang belum mengetahui cara membuat laporan perusahaan dagang yang baik dan benar. Sebagian dari mereka masih mencatat ala kadarnya bahkan tidak mencatat sama sekali. Catatan yang sederhana itu bisa dipindahkan ke catatan yang lebih detail agar lebih rapi dan terdokumentasi dengan baik.

Lalu kapan sebaiknya pelaku usaha memiliki catatan atau laporan keuangan? Jawabannya adalah ketika memulai usaha. Bagaimana jika sudah memulainya? Tak ada salahnya, dimulai ketika awal bulan. Pastilah ada belanja stock atau memulai pengiriman baru. Itulah waktu yang tepat untuk memulai menyusun laporan keuangan suatu usaha dengan lebih detail. Laporan keuangan bukan hanya catatan laba rugi. Akan tetapi, juga catatan modal, pengeluaran, dan juga aset usaha yang dimiliki. Itulah pentingnya mengapa Anda harus mengetahui cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang.  

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Dalam menyusun laporan keuangan perusahaan dagang, ada empat jenis laporan yang minimal ada. Yaitu laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal. Keempatnya dibuat dalam file terpisah. Berikut ini adalah cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang, beserta contohnya.

  1. Membuat Neraca Saldo

Langkah pertama ketika Anda ingin membuat laporan keuangan perusahaan dagang adalah dengan membuat neraca saldo. Ini juga berfungsi sebagai rekening buku besar saldo debit dan kredit dari suatu perusahaan. Neraca saldo ini baru bisa disusun setelah semua pembukuan selesai seperti laporan laba rugi, arus kas, dan laporan perubahan modal. Neraca saldo pertama ini disebut neraca saldo sebelum penyesuaian.

  • Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian  dibuat di periode yang sedang berlangsung. Ini berfungsi untuk memeriksa apabila ada ketidaksesuaian di akhir periode akibat adanya transaksi yang belum tercatat.

  • Laporan Keuangan Apa

Laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan perubahan modal. Laporan keuangan bisa disusun pada neraca lajur. Ini merupakan rangkuman secara keseluruhan dari jenis laporan yang dipisah sebelumnya. Mengapa harus dibuat secara terpisah lebih dahulu? Tentunya ini akan memudahkan Anda ketika menyusun laporan keuangan di akhir masa periode dan membuat laporan keuangan lebih mudah terbaca dan dipahami.

Baca juga: Dasar Akuntansi Yang Wajib Diketahui

Contoh Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang - finata software keuangan bisnisdiolah dari berbagai sumber

Perlu diingat itulah cara membuat laporan perusahaan dagang, Anda bisa memulainya sekarang untuk usaha Anda.

Persamaan Dan Perbedaan Laporan Keuangan Perusahaan Barang Dan Jasa

Secara garis besar cara membuat laporan perusahaan dagang dan jasa tidaklah jauh berbeda. Keduanya sama-sama memerlukan laporan laba dan rugi, laporan neraca, penyusutan aset, dan lain-lain. Keduanya juga menggunakan neraca lajur di akhir periode laporan. Kolom-kolom yang digunakan pun sama.  

Perusahaan dagang dan jasa tentu berbeda pada produk mereka. Perusahaan barang memiliki stok atau barang yang dijual. Sedang perusahaan jasa, tidak memiliki barang yang harus tersedia. Perusahaan barang cenderung lebih lama mengalami penyusutan aset, sedangkan perusahaan jasa cenderung lebih cepat untuk mengalami penyusutan aset.

Misalnya perusahaan jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Kendaraan seperti motor atau mobil yang digunakan mengalami penyusutan aset dan membutuhkan perawatan secara berkala. Tentunya ini harus dimasukkan dalam catatan keuangan perusahaan jasa.

Perusahaan dagang harus juga mencantumkan laporan persediaan barang atau yang disebut investory. Sedang perusahaan jasa tidak membuat laporan persediaan barang, karena mereka bergerak di bidang jasa. Itulah yang membedakan antara cara membuat laporan keuangan perusahaan barang dan jasa.

Membuat laporan keuangan perusahaan dagang bisa dibuat secara sederhana terlebih dahulu.  Anda bisa memantau perkembangan usaha dari tertibnya laporan keuangan yang disiplin. Perusahaan yang beranjak mapan mungkin bisa mencari tenaga yang ahli di bidang keuangan. Namun sebagai pemula Anda bisa juga membuatnya sendiri secara sederhana dengan panduan yang ada. Sekarang, segeralah membuat laporan keuangan perusahaan dengan panduan cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang.

Membuat laporan keuangan perusahaan dagang dapat dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download