Manfaat Toko Online Bagi Penjual yang Perlu Anda Ketahui
Manfaat Toko Online Bagi Penjual
Manfaat Toko Online Bagi Penjual
Manfaat Toko Online Bagi Penjual

Apa manfaat toko online bagi  penjual bagi keberlangsungan bisnis Anda? Dengan peningkatan yang dihasilkan oleh promosi sosial media dan situs web, memiliki toko online telah menjadi cara yang sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Toko online menawarkan banyak cara bagi penjual untuk menjangkau konsumen dan melakukan bisnis tanpa perlu membuka sebuah toko offline. Penting untuk menganalisis bisnis Anda agar bisa merasakan lebih lanjut manfaat penjualan online jauh. Mari lihat beberapa manfaat dari membuka toko online untuk bisnis Anda.

Manfaat Toko Online untuk Bisnis Anda

Ketika Anda membuka toko di lokasi kota misalnya, Anda mendapatkan hasil langsung dalam hal visibilitas. Memang, jika Anda juga diposisikan di lokasi yang strategis (alun-alun kota misalnya), dampaknya akan signifikan karena orang yang lewat di jalan akan segera melihat bagian depan toko.

Itulah salah satu alasan mengapa penting untuk menjaga bagian depan, menampilkan promosi dan produk unggulan. Selain itu, berbicara tentang visibilitas dalam hal produk, pelanggan, yang tidak mengenal kemajuan Internet, akan lebih suka dan ingin melihat dan menyentuh produk yang mereka minati.

Di toko fisik, Anda dapat dengan cermat melihat pakaian dan melihat dari bahan apa itu dibuat. Beberapa orang juga menghargai interaksi dengan penjual yang akan dapat memberi saran dan membimbing mereka dengan benar tentang pembelian yang tepat untuk dilakukan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk menyewa sebuah toko? Tentu membuat sebuah toko online adalah solusi yang paling mudah dan sangat terjangkau bukan?

Biaya overhead yang rendah

Secara umum, toko online biayanya lebih murah untuk didirikan dan dijalankan daripada toko fisik, meskipun penting untuk menyadari bahwa membuat toko online berfungsi membutuhkan investasi yang berkelanjutan.

Perbedaan biaya dapat turun menjadi jutaan dan puluhan juta yang dihabiskan untuk sewa tempat, biaya pemeliharaan, pajak properti, asuransi dll. Di atas semua biaya ini, biasanya pemilik toko fisik harus mempekerjakan lebih banyak karyawan. Namun dengan toko online, biaya awal hanya sebagian kecil dari biaya keseluruhan yang harus Anda keluarkan ketika membuka toko offline..

Jangkauan Pelanggan yang Diperluas

Sebagai penjual toko online, Anda dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang lebih cepat daripada toko offline karena penjualan online menawarkan keuntungan memiliki toko yang selalu buka 24 jam sehari, dan tujuh hari seminggu. Menjual secara online juga memungkinkan Anda sebagai penjual untuk menampilkan barang dagangan di bagian mana pun di dunia tanpa biaya tambahan.

Baca juga : 11 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Efektif

Fleksibilitas yang Lebih Besar

Toko online dapat diperbarui secara instan dan sesering yang Anda suka – misalnya, untuk mempromosikan ‘transaksi hari ini’ di halaman depan Anda, tanpa perlu bahan tampilan yang mahal.

Ambil contoh misalnya, Anda bisa mengubah harga suatu produk, dengan toko online yang Anda kelola sendiri, harga produk yang Anda jual dapat diubah dan Anda juga bisa menambahkan produk jualan apapun yang baru.

Memiliki toko online juga membuat Anda terhindar dari kendala ruang sehingga Anda dapat menampilkan dan menjual produk sebanyak yang Anda inginkan, dan bahkan produk non-musiman selalu dapat tersedia kapan saja.

Hasil Pemasaran Online yang Bisa untuk Anda Ukur

Pemilik bisnis menemukan bahwa mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang berkualitas dengan penargetan yang lebih baik, sehingga meningkatkan peluang promosi online dan menurunkan biaya pemasaran Anda.

Dengan peningkatan profil pelanggan, peluang untuk menargetkan produk dan layanan pada kelompok tertentu berdasarkan pada pembelian data jauh lebih mudah dengan analitik yang baik dibangun ke dalam situs web Anda. Selain itu, dengan investasi dalam optimasi mesin pencari sebuah toko online menjadi lebih mudah diakses oleh pelanggan yang mencari produk Anda.

Tidak ada keraguan bahwa manfaat toko online bagi  penjual sangatlah banyak. Penjualan  online dapat membawa banyak manfaat tambahan untuk bisnis tertentu. Pemilik bisnis bertanggung jawab untuk memberi tahu diri mereka sendiri, menilai situasi, bekerja dengan seorang profesional, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Mudah untuk Mempromosikan Bisnis

Salah satu keuntungan terbaik dari memiliki toko online adalah Anda akan lebih mudah untuk menawarkan bisnis Anda secara online apabila jika Anda sudah memiliki website.  Cukup sertakan strategi pemasaran digital yang tepat dan Anda akan mulai melihat hasil yang produktif. Tidak masalah Anda memiliki anggaran besar atau terbatas, pemasaran online memberi peluang untuk mencapai tujuan pemasaran.

 Usaha kecil dan pemula dapat menggunakan pemasaran online untuk bersaing dengan kompetitor mereka. Menggunakan search engine optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO) dan Pemasaran Konten akan cukup efektif untuk Anda. Ketiganya akan membantu Anda bersaing dengan beberapa bisnis di niche pasar Anda.

Konten yang lebih baik, strategi cerdas, dan menawarkan nilai kepada audiens target adalah beberapa hal yang akan menempatkan situs web bisnis Anda di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya. Dengan begitu Anda mulai memuncaki Hasil Mesin Pencari, mendapat lalu lintas berkualitas, konversi yang lebih baik, dan lebih banyak keuntungan.

Baca juga : Peluang Bisnis Coworking Space yang Perlu Diperhitungkan

Lebih Terjangkau daripada Pemasaran Tradisional & Terukur dengan Analytics

Laporan terbaru mengklaim bahwa lebih dari 30% bisnis telah beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran online. Alasannya adalah kemampuan pemasaran online dalam menawarkan hasil yang terukur dengan biaya terbatas.

Biaya per Lead pemasaran online lebih rendah daripada kampanye pemasaran tradisional lainnya. Statistik yang diberikan di bawah ini juga menunjukkan bahwa dua saluran pemasaran online Social Media dan Email Marketing memiliki CPL terendah.

Selain semua hal di atas, Anda dapat dengan mudah mengukur kinerja Kampanye Pemasaran Online Anda menggunakan Web Analytics.

Analytics mencakup berbagai metrik untuk memberi tahu Anda sebaik apa kinerja kampanye pemasaran online Anda dan jika mereka melakukan apa yang Anda inginkan atau tidak. Anda dapat menggunakan Analytics untuk mengetahui pengunjung Anda, perilaku mereka, pergerakan lalu lintas, Tampilan Halaman, dll.

Mengetahui apa yang dicari orang di situs Anda, melacak kampanye, mendapatkan umpan balik konten, dll adalah beberapa manfaat utama analitik web.

Beberapa alat analisis web yang dapat membantu Anda melacak kinerja situs Anda adalah –

  1. Google Analytics
  2. KISSmetrics
  3. UserTesting
  4. Crazyegg
  5. Alexa
  6. FoxMetrics
  7. Chartbeat
  8. Clicky

Apabila Anda kesulitan dalam mengelola keuangan bisnis Anda, ada Finata yang akan membantu Anda. Software  akuntansi dari Finata adalah alternatif yang tepat untuk membantu toko online Anda lebih berkembang.

Jadi, manfaat toko online bagi  penjual akan lebih terasa lagi apabila Anda mempermudah keuangan bisnis Anda dengan menggunakan software dari Finata. Tunggu apalagi? Gunakan segera softwarenya dan dapatkan semua kemudahannya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis