Manfaat Laporan Keuangan sangat beraneka ragam yang tentunya akan membantu dalam melancarkan bisnis atau usaha yang sedang Anda tekuni. Seorang pengusaha atau pebisnis harus melakukan pencatatan keuangan agar dapat mengetahui biaya apa saja yang masuk dan keluar dalam perusahaannya.Pencatatan keuangan yang dilakukan dengan baik tentu dapat mempengaruhi keberhasilan dalam bisnis yang dijalankan.

Manfaat Laporan Keuangan

Memisahkan Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Salah satu Manfaat Laporan Keuangan yaitu untuk memisahkan aset bisnis dengan aset pribadi. Dengan adanya laporan keuangan, maka Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa aset bisnis yang diketahui maupun aset pribadi. Tidak bercampurnya kedua aset akan meminimalisir terjadinya risiko aset bisnis ke dalam kehidupan pribadi.

Evaluasi Bisnis

Evaluasi juga diperlukan dalam suatu bisnis atau usaha yang dijalani. Bahkan evaluasi diharuskan ada agar perusahaan mengalami kemajuan yang lebih baik. Salah satu mengevaluasi suatu bisnis yaitu dengan melihat dari laporan keuangannya.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat dengan mudah mengetahui kekurangan yang ada, menilai bisnis yang dijalani, ketepatan dalam bertindak dan lain-lain. Memiliki laporan keuangan yang baik, maka akan memberikan pengaruh dalam kelangsungan bisnis yang dijalani. Anda juga akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan melakukan manajemen keuangan yang lebih baik.  

Acuan untuk Mengambil Keputusan

Adanya laporan keuangan perusahaan akan memudahkan para pemimpin atau pemilik perusahaan untuk mengambil keputusan. Dengan adanya laporan ini, maka kita dapat dengan mudah mengetahui kondisi keuangan bisnis pada periode tertentu. Seperti kondisi keuangan yang sehat, kritis maupun bangkrut.

Manajemen perusahaan akan lebih tertata dan terkontrol dengan membuat beberapa keputusan terkait dengan operasional perusahaan. Misalnya pembelian aset, mencari modal, kenaikan gaji karyawan, pembagian bonus, pembagian dividen, menambah pinjaman dan sebagainya.

Melihat Jumlah Keuntungan

Jika Anda tidak mengetahui sebenarnya berapa keuntungan yang telah Anda peroleh dalam periode tertentu, maka laporan keuangan ini akan sangat membantu. Dengan laporan keuangan, Anda dapat melihat sekaligus menganalisa berapa jumlah keuntungan yang Anda peroleh dalam menjalankan bisnis ini. Apakah Anda mengalami keuntungan yang banyak, sedikit atau bahkan mengalami kerugian.

Baca juga : Cara Meningkatkan Cash Flow Bisnis

Seluruh keterangan keuntungan ataupun kerugian dapat dilihat pada lajur debit dan kredit yang ada. Seluruh informasi keuangan dapat dilihat secara transparan. Anda pun dapat melihat jumlah dari keuntungan maupun kerugian perusahaan.

Perhitungan Pajak

Laporan keuangan yang menjadi pemegang peranan penting dalam penyajian informasi perusahaan. Informasi keuangan perusahaan tersebut digunakan sebagai bahan dasar perhitungan pajak. Bahan dasar disini mengandung arti bahwa informasi dalam laporan keuangan harus dikelola dengan baik. Sehingga dapat digunakan untuk menentukan besarnya pajak terutang suatu perusahaan.

Pemerintah dalam menentukan besarnya pajak yang terutang pun akan lebih mudah karena informasi pada laporan keuangan perusahaan sudah  lengkap dan mendetail. Pemerintah dapat menyusun kebijakan pajak untuk meningkatkan ketahanan nasional. Selain itu, laporan keuangan pun akan mengurangi terjadinya kesalahan menentukan pajak seperti terlalu besarnya pajak karena perhitungan yang kurang tepat.

Bahan Inovasi

Agar perusahaan terus berkembang maju dan selalu diterima oleh masyarakat, tentu perusahaan harus memiliki inovasi-inovasi baru. Sehingga produk barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pun dapat diterima dengan baik di masyarakat. Jika kebingungan bagaimana mendapatkan inspirasi berinovasi baru untuk perusahaan, maka Anda dapat melihatnya dari laporan keuangan.

Setelah Anda melihat laporan keuangan dengan jelas, maka akan lebih mudah menemukan peluang dan ide terbaru. Karena dalam laporan keuangan ini Anda dapat mengetahui informasi perusahaan bagian keuangan dengan jelas dan terperinci. Sehingga Anda pun tidak akan kesusahan dalam mencari trobosan baru untuk bisnis yang lebih maju dan sukses.

Mendapatkan Pinjaman Modal

Anda akan membutuhkan laporan keuangan yang baik untuk mendapatkan pinjaman modal dari pihak ketiga atau lembaga keuangan. Karena laporan keuangan ini menjadi salah satu syarat untuk mengajukan modal ke bank atau kreditur lain.

Pihak bank atau kreditur dapat dengan jelas melihat bagaimana perusahaan atau bisnis yang Anda jalani maju atau tidak. Sehingga mereka akan menentukan apakah perusahaan Anda layak mendapatkan pinjaman modal atau tidak. Seperti halnya dengan partner lain, pihak bank dan kreditur pun juga tidak ingin mengalami kerugian dalam menjalin kerja sama.  

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Usaha

Memperoleh Karyawan yang Profesional dan Kompeten

Manfaat lain dari Laporan Keuangan yaitu dapat memperoleh karyawan yang profesional. Karyawan profesional pun tentu tidak sekedar memikirkan pekerjaannya sekarang saja. Melainkan juga melihat perusahaan lebih jauh ke depan.

Karyawan dapat melihat laporan keuangan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan jasa untuk karyawan. Misalnya mengenai tunjangan pensiun, bonus akhir tahun atau yang lainnya. Perusahaan dengan laporan keuangannya yang baik pasti akan menarik minat para karyawan-karyawan profesional dan kompeten.

Laporan ke Pihak Lain

Menjalankan sebuah bisnis yang besar tentu tidak dapat dilakukan sendiri. Sehingga perlu dilakukannya kerja sama dengan orang lain yang nantinya akan menjadi partner kerja. Nah, dengan adanya laporan keuangan, maka data tersebut dapat digunakan sebagai laporan kepada pihak lain.

Selain itu, laporan keuangan juga dibutuhkan untuk meninjau pajau atau sebagai syarat bagi pihak luar. Seperti perusahaan lain, lembaga keuangan, pemerintah dan lain-lain. Mereka akan meminta laporan keuangan sebagai syarat kerja sama sehingga akan terlihat prospek kerja yang akan dijalani. Tentu partner kerjasama Anda tidak ingin mengalami kerugian di masa depan bukan?

Semakin besar usaha atau perusahaan yang Anda jalani, maka laporan keuangan yang baik pun semakin dibutuhkan. Karena dari laporan keuangan ini pun mereka akan tertarik untuk menjalin kerjasama. Mengunggah laporan keuangan pun menjadi syarat utama untuk transparansi ke publik.

Buat Laporan Keuangan dengan Mudah Bersama Finata

Perkembangan teknologi yang semakin maju pun kini akan memudahkan Anda dalam berbagai hal, termasuk membuat laporan keuangan. Laporan keuangan tidak lagi dengan cara manual, melainkan menggunakan software yang memiliki segudang manfaat.

Finata yang merupakan Software Keuangan Usaha ini menjadi salah satu teknologi yang dapat membantu Anda dalam proses akuntansi, termasuk laporan keuangan. Finata akan membantu organisasi bisnis dalam membuat perencanaan, pembukuan dan pengendalian kinerja bisnis. Bahkan software ini juga menyediakan platform pengelola bisnis. Sehingga pemilik atau pengelola bisnis akan lebih berfokus pada pengembangan perusahaan.

Fitur yang ada di Finata cukup lengkap dan mudah digunakan. Seperti master data, transaksi In Out, Laporan Lengkap, Kelola Pajak, Sensor Keuangan, Reminder dan masih banyak lagi. Pada fitur Master Data, Anda dapat mengetahui informasi data perusahaan, pelanggan dan pemasok.

Manfaat Laporan Keuangan yang beraneka ragam tentu sangat membantu dalam memajukan perusahaan. Sangat disayangkan jika perusahaan mengalami kendala hanya karena laporan keuangan yang buruk atau salah. Kesalahan dalam laporan keuangan pun sangat memungkinkan terjadinya pemutusan kerjasama maupun tidak mendapatkan pinjaman modal.