Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan yang Perlu Diketahui
Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan
Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan
Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan

Jika Anda para pebisnis startup atau sudah master, memahami manfaat dan tujuan manajemen keuangan sangatlah perlu. Seperti yang diketahui, manajemen keuangan tidak hanya berlaku pada dunia bisnis saja, melainkan juga kehidupan setiap orang mulai dari kehidupan rumah tangga hingga kerja. Dengan memahaminya dengan baik, Anda bisa menggunakan uang Anda sebaik mungkin untuk kebutuhan yang benar-benar urgent.

Dalam manajemen keuangan ini, Anda akan belajar untuk menggunakan uang seefektif dan seefisien mungkin. Jadi, pengeluaran yang Anda keluarkan tidak akan banyak. Tentu ini akan sangat menguntungkan Anda yang sekarang ini sedang menjalankan bisnis. Dengan pengaturan keuangan yang baik, diharapkan perusahaan Anda menjadi lebih maju dan terstruktur. Lalu, apa manfaat manajemen keuangan itu? Simak ulasannya berikut!

Pengertian Manajemen Keuangan

Bagi Anda masih bingung mengenai manajemen keuangan, ia adalah suatu kegiatan yang berisi perencanaan, pengaturan, pengarahan, dan juga pengawasan segala aktivitas keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Dalam artian lain, manajemen keuangan dapat diartikan sebagai penerapan prinsip umum terhadap sumber daya keuangan yang dimiliki perusahaan.

Pengaturan atau manajemen yang dimaksud dalam bisnis berkaitan dengan cara agar dapat memperoleh modal kerja. Lalu, bagaimana cara menggunakan, mengalokasikannya, hingga mengelola aset perusahaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan.

Dari sini dapat diketahui bahwa terdapat kepentingan untuk menciptakan dan menjaga nilai ekonomis di suatu perusahaan. Tujuan utamanya tak lain tak bukan untuk mensejahterakan para pemilik usaha dan juga pegawainya.

Berikut adalah beberapa ruang lingkup dari manajemen keuangan:

Keputusan Investasi

Keputusan investasi adalah ruang lingkup yang mencakup investasi pada aset yang tetap dan juga aset yang lancar, Ini juga disebut sebagai keputusan modal kerja.

Keputusan Finansial

Ini adalah ruang lingkup yang berkaitan dengan peningkatan keuangan dari beragam sumber. Hal itu bergantung pada keputusan tentang jenis sumber pendanaan, periode pembiayaan, biaya, hingga imbal hasil.

Baca juga : Jenis Jenis Badan Usaha yang Ada di Indonesia

Keputusan Dividen

Dalam lingkup ini, pihak manajer haruslah dapat membuat keputusan yang berhubungan dengan distribusi laba bersih menjadi dua bagian. Dua bagian tersebut yaitu pemegang saham dan laba yang ditahan.

Manfaat Manajemen Keuangan Untuk Bisnis Anda

Menjadi Siklus Kehidupan Bisnis

Manfaat pertama pengaturan keuangan adalah dapat menjadi siklus kehidupan bisnis. Selama periode berjalan, tentu perusahaan tidak akan melulu berada dalam zona aman dan selalu untung. Ada kalanya, kerugian menjumpai bisnis mereka sehingga semua orang harus memutar otak untuk menghadapi kerugian itu.

Namun, jika Anda melakukan pengaturan uang, Anda tidak akan bingung jika suatu saat bisnis Anda sedang turun. Pada awal bisnis, kerugian bisa terjadi kapan saja dan memungkinkan banyak kas keluar dibandingkan kas masuk. Namun, jika Anda sudah mengatur keuangan dengan baik, dalam momen rugi sekalipun, Anda masih bisa memberikan bayaran kepada karyawan Anda. Walaupun, Anda harus memutar otak lagi untuk membalikkan keadaan.

Mengatur Keuangan dalam Aktivitas Operasional Normal

Dalam kondisi sedang menyediakan produk ataupun jasa, aktivitas operasional normal akan dilakukan. Pada pengaturan uang, Anda akan diajak untuk mengumpulkan uang Anda dan kembali melakukan hal yang sama setelah uang digunakan untuk kas keluar. Dengan pengaturan ini, pengeluaran menjadi lebih efisien. Selain itu, Anda akan mengalami siklus yang tertata, mulai dari mengumpulkan uang, menggunakannya untuk beli bahan baku, hingga mengumpulkannya lagi seperti semula.

Jika arus kas mengalir dengan baik, berbagai biaya maupun tagihan dapat terbayarkan hanya dengan uang tersebut. Manfaat lain yang juga akan dirasakan jika Anda melakukan manajemen keuangan adalah dapat menanggulangi kondisi ekonomi Anda yang berfluktuasi saat ini. Dengan uang kas yang telah terkumpul, bermacam kerugian dapat ditambal untuk beberapa waktu.

Menjadi Tempat Pelaporan Kegiatan Operasional Bisnis

Laporan bisnis sangat diperlukan oleh setiap perusahaan yang menginginkan kemajuan atau progress. Nah, inilah yang menjadi penyebab mengapa setiap perusahaan perlu memikirkan tempat pelaporan kegiatan. Jika memang belum ada, maka Anda perlu sekali membentuk tempat untuk laporan kegiatan. Hal ini dikarenakan, nantinya investor dan pemilik saham pasti membutuhkan informasi detail mengenai pengembalian serta keamanan investasi mereka.

Dari sini, dapat diketahui bahwa manajemen keuangan sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai jenis laporan terkait keuangan. Laporan tersebut dapat berupa laporan keuangan investor, kreditur, pihak pemegang saham, dan masih banyak lagi).

Baca juga : 9 Tips Memilih Software Akuntansi Secara Tepat Sebelum Membelinya

Mudah dalam Pengarsipan, Pelaporan, dan Pembayaran Pajak

Perusahaan tidak akan berdiri tanpa tanggungan pajak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan atau bisnis yang dibangun harus membayar pajak dari pemerintah. Nah, inilah manajemen keuangan sangat diperlukan. Mengapa? Tanpa pengaturan pengeluaran yang lebih efisien, Anda tidak akan bisa menyisihkan uang untuk bayar pajak. Berbeda, jika Anda mengatur keuangan Anda, semua hal sudah terstruktur dengan rapi.

Tujuan Manajemen Keuangan

Ada beberapa tujuan dari manajemen keuangan yang perlu Anda ketahui di samping manfaatnya. Berikut adalah manfaatnya:

Memaksimalkan Keuntungan

Setiap pebisnis tentu ingin bisnisnya berjalan dengan baik hingga menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Nah, jika Anda melakukan manajemen keuangan dengan baik, Anda akan mudah memaksimalkan keuntungan dari bisnis yang Anda kelola.

Menjaga Arus Kas

Tidak sedikit perusahaan mengalami kebangkrutan karena mereka tidak memikirkan arus kas perusahaan yang mereka simpan. Padahal ini sangat diperlukan guna mengetahui berapa besar biaya yang dikeluarkan perusahaan dan berapa besar pemasukan yang diperoleh. Ini tentu bisa diketahui hanya jika perusahaan melakukan manajemen keuangan yang tepat. Selain itu, perusahaan juga tidak akan khawatir terhadap tanggungan yang dibayarnya karena sudah diatur dalam manajemen keuangannya.

Mempersiapkan Struktur Modal

Dari mana perusahaan dapat memperoleh modal kembali jika tidak ada niat untuk mengatur keuangannya. Bahkan keuntungan pun akan sulit terbaca jika mereka tidak memperhatikan keuangannya dengan baik. Untuk itu, pengaturan keuangan sangat bertujuan untuk mempersiapkan modal perusahaan yang diperoleh baik dari internal maupun eksternal.

Pemanfaatan Uang yang Optimal

Kebutuhan perusahaan pastinya beragam. Namun, dengan adanya pengaturan keuangan ini, diharapkan perusahaan dapat menggunakan uangnya seefektif mungkin. Jadi, mereka hanya menggunakannya untuk kebutuhan yang benar benar urgent. Artinya, jika kebutuhan itu tidak mendesak, mereka bisa mengulur waktu untuk memenuhinya.

Memaksimalkan Kekayaan

Jika Anda bergabung dengan pemilik saham dan investor, tentu Anda perlu memaksimalkan kekayaan agar pembagian keuntungan bisa lebih maksimal. Tentu, inilah yang menjadi tujuan utama dari manajemen keuangan yakni mengatur keuangan agar dapat mencetak uang yang bernilai tinggi. Manfaat dan tujuan manajemen keuangan memanglah sangat besar. Jika perusahaan dapat memaksimalkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan mereka dapat meraup keuntungan yang besar pula dari bisnisnya. Semuanya memang perlu ditata agar setiap pemasukan dan pengeluaran jelas tanpa adanya keraguan. Jadi, jika sewaktu-waktu perusahaan mengalami kerugian, perusahaan dapat menanggulanginya dengan kas perusahaan yang disimpan. Nah bagi Anda yang ingin tahu lebih tentang keuangan, Anda bisa mengunjungi Finata untuk mengecek software keuangan usaha terbaik.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis