Manajemen: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

by | Jun 17, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

manajemen

Di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu dikaitkan oleh manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen keuangan, dan manajemen lainnya. Begitupula dengan berorganisasi di dalam suatu perkumpulan atau dalam suatu perusahaan.

DI dalam organisasi atau perusahaan manajemen digunakan agar tujuan dari organisasi atau perusahaan dapat terorganisir secara efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen

Secara umum manajemen adalah suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan secara efektif.

Dalam organisasi, pengertian manajemen adalah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam organisasi untuk dapat mencapai tujuan dari organisasi tersebut dengan bekerja sama dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.

Efektif dan efisien di dalam manajemen memiliki maksud dimana pekerjaan yang dilakukan dapat dikerjakan secara benar, terorganisir dan sesuai jadwal.

Pengertian Manajemen Menurut Ahli

Pengertian manajemen ini juga didefinisikan oleh beberapa ahli, yaitu:

  • George R. Terry

Manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Henry Fayol

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

  • Oey Liang Lee

Manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

  • Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

  • Mary Parker Foleot

Manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini dapat diartikan sebagai fungsi seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Akan tetapi, pengertian manajemen ini bisa salah penafsiran karena ada orang lain yang tujuannya membantu untuk menyelesaikan pekerjaan.

  • Federick Winslow Taylor

Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.

  • Koontz dan Weihrich

Manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, bekerja sama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

Tujuan Manajemen

Manajemen diterapkan karena memiliki tujuan tertentu. Tujuan itu berupa :

– Mencapai Tujuan Individu dan Organisasi

Manajemen berupaya untuk dapat mengintegrasikan tujuan organisasi dan tujuan individu secara selaras dengan efektif dan efisien. Pada saat tujuan organisasi dan individu dapat selaras, maka pencapaian dari tujuan kedua belah pihak dapat berjalan dengan baik.

– Meningkatkan Efisiensi

Efisiensi merupakan hal yang diinginkan oleh organisasi maupun individu itu sendiri. Untuk mencapai efisiensi tersebut, maka produktivitas harus ditingkatkan, selain itu pengurangan biaya dan penggunaan sumber daya juga dapat terlaksana.

– Menciptakan Keharmonisan dalam Bekerja

Manusia adalah makhluk yang unik. Walaupun setiap manusia memiliki bagian tubuh yang sama, namun jiwa dari setiap manusia sangatlah berbeda. Faktor tersebut disebabkan oleh latar belakang, lingkungan, dan gaya hidup dari manusia itu sendiri.

Dalam organisasi yang terdiri dari beragam jenis manusia itu dapat menciptakan kekacauan jika tidak diorganisir dengan baik. Maka dari itu, dengan arahan yang baik diharapkan dapat tercipta keseragaman dan keseimbangan antara tujuan, sasaran, dan kegiatan dari setiap individu tersebut.

– Menciptakan Organisasi yang Dinamis

Organisasi harus beradaptasi dengan lingkungan yang sering berubah-ubah atau dinamis. Manajemen yang efisien akan memotivasi individu di dalam organisasi untuk dapat melakukan perubahan yang dinamis tersebut ke arah yang lebih baik.

Selain bermanfaat bagi organisasi, hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi individu itu sendiri karena dapat meningkatkan nilai dan kinerja dari individu tersebut.

Fungsi Manajemen

Manajemen telah dideskripsikan sebagai proses sosial yang melibatkan tanggung jawab atas perencanaan & regulasi operasi perusahaan yang ekonomis dan efektif dalam memenuhi tujuan yang diberikan.

Ini adalah proses dinamis yang terdiri dari berbagai elemen dan kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini berbeda dari fungsi operasi seperti pemasaran, keuangan, pembelian dll. Sebaliknya kegiatan ini umum untuk setiap palungan terlepas dari tingkat atau statusnya

Menurut George & Jerry, “Ada empat fungsi dasar manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian”.

Menurut Henry Fayol, “Mengelola adalah meramalkan dan merencanakan, mengatur, memerintahkan, & mengendalikan”.

Sedangkan Luther Gullick telah memberikan kata kunci ‘ POSDCORB ‘di mana P berarti Perencanaan, O (Organize) untuk Pengorganisasian, S untuk Staf, D (Direct) untuk Mengarahkan, Co untuk koordinasi, R (Report) untuk pelaporan & B (Budgeting) untuk Penganggaran.

Tetapi yang paling diterima secara luas adalah fungsi manajemen yang diberikan oleh KOONTZ dan O’DONNEL yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Penetapan Staf, Pengarahan, dan Pengendalian.

Untuk tujuan teoritis, mungkin nyaman untuk memisahkan fungsi manajemen tetapi secara praktis fungsi-fungsi ini tumpang tindih, yaitu sangat tidak terpisahkan.

Setiap fungsi memadukan yang lain & masing-masing memengaruhi kinerja orang lain.

Unsur-Unsur Manajemen

Manajemen memiliki beberapa unsur yang menopangnya. Unsur ini sangat penting agar manajemen dapat berfungsi dengan baik. Tanpa adanya salah satu dari unsur ini, maka manajemen akan menjadi tidak sempurna atau bahkan tidak dapat terbentuk sama sekali.

Unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut :

– Manusia (Human)

Unsur utama dari sebuah manajemen adalah manusia. Manusia adalah penggerak dari manajemen itu sendiri. Manusia yang menentukan tujuan dan manusia jugalah yang melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.

– Uang (Money)

Uang adalah salah satu unsur yang tidak bisa diremehkan. Kegiatan dalam proses manajemen dapat diukur dari jumlah uang yang digunakan dari kecil hingga besar. Uang disini digunakan untuk memperoleh hal yang dibutuhkan dalam perusahaan mulai dari upah tenaga kerja, hingga peralatan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

– Bahan (Materials)

Bahan ini dapat berupa bahan setengah jadi (Raw Material) ataupun bahan jadi. Unsur material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik.

– Mesin (Machines)

Di era modern seperti saat ini, mesin adalah sesuatu yang diperlukan. Mesin dapat membuat suatu yang yang sulit menjadi lebih mudah untuk dikerjakan sehingga menjadi lebih efisien. Selain itu, mesin dapat membantu untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

– Metode (Methods)

Dengan menggunakan metode yang tepat, maka suatu kegiatan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Selain itu, metode yang tepat dan baik juga harus dipahami oleh manusia yang menjalankannya. Dengan kata lain, sebuah metode hanya bisa berjalan dengan baik bila manusia terlibat di dalamnya.

– Pasar (Markets)

Memasarkan produk sangatlah penting dilakukan oleh perusahaan. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh kegiatan perusahaan tentu tidak akan terjual bila tidak dipasarkan. Pemasaran dapat dilakukan dengan bermacam cara, namun hasil akhirnya adalah dapat menjual produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

Setiap organisasi membutuhkan manajemen yang sesuai dan baik agar tercipta kegiatan usaha yang baik pula. Manajemen keuangan untuk usaha sekecil apapun tetap harus dilakukan agar dapat mengetahui seberapa keuntungan yang diperoleh.

Tetapi  pengelolaan keuangan kini tidak lagi sulit karena telah hadir Software Bisnis Finata. Finata menyediakan beberapa fitur menarik yang akan membantu Anda menjalankan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday