Macam Macam Pinjaman Usaha Serta Kekurangan dan Kelebihannya

by | Mar 7, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Macam Macam Pinjaman Usaha
Macam Macam Pinjaman Usaha

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam memilih macam macam pinjaman usaha yang terjamin kualitas dan kuantitasnya. Di era globalisasi seperti saat ini, berbagai macam pinjaman usaha dapat diakses secara mudah hanya menggunakan internet. Jika pada zaman dahulu, kita hanya bisa meminjam modal usaha dengan datang langsung ke bank tertentu. Namun, saat ini telah banyak media online yang dapat meminjamkan modal usaha secara mudah dengan beban bunga yang kecil. Berikut ini dapat kita telisik lebih jauh mengenai Pinjaman Usaha.

Pengertian Pinjaman Usaha

Seperti yang telah dijelaskan, pinjaman memiliki makna sebagai barang atau jasa yang menjadi kewajiban dari pihak pertama kepada pihak yang kedua. Kewajiban tersebut dibayarkan sesuai dengan peraturan atau perjanjian tertulis maupun lisan. Perjanjian yang dimaksud dinyatakan atau serta wajib dibayar kembali dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Sedangkan dalam konteks pendanaan pada sebuah perusahaan pembiayaan, pinjaman dapat diartikan sebagai sejumlah dana yang dipinjamkan oleh sebuah lembaga keuangan. Baik dalam negeri maupun luar negeri dan peminjam atau debitur wajib mengembalikannya dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Pada pinjaman ini biasanya debitur mengangsur pembayaran yang berupa pokok bayaran ditambah bunga pembayaran. Pada sebuah perjanjian peminjaman usaha, kredior harus bisa memberikan kepercayaan kepada peminjam (debitor) untuk menggunakan uang atau barang tersebut. Dalam proses peminjaman usaha, pasti memiliki suatu risiko. Risiko yang paling nampak dari proses peminjaman usaha yaitu mata uang ketika dipinjamkan saat ini akan berbeda dengan mata uang yang dikembalikan.

Sumber Dana Pinjaman

Dalam proses pinjaman usaha, tentu memiliki sumber dana yang digunakan untuk meminjamkan. Sumber dana pinjaman tersebut dapat diperoleh melalui dua cara, antara lain:

  1. Pinjaman dalam negeri  (on-shore loan) :
  2. Pinjaman berbentuk mata uang rupiah atau mata uang asing.
  3. Pinjaman yang dilakukan melalui sindikasi ataupun bilateral.
  4. Pinjaman dengan fasilitas mengikat (committed) ataupun yang tidak mengikat (uncommitted)
  5. Pinjaman luar negeri (off-shore loan) :
  6. Pinjaman berbentuk mata uang asing.
  7. Pinjaman yang dilakukan melalui sindikasi atau bilateral.
  8. Pinjaman dengan fasilitas mengikat (committed) ataupun yang tidak mengikat (uncommitted).

Prinsip Pinjaman Usaha

Dalam proses peminjaman usaha harus melalui berbagai prosedur yang telah ditentukan oleh kreditor. Agar kegiatan pelaksanaan peminjaman usaha dapat berjalan baik dan sesuai ketentuan, maka dikenal prinsip 6C, yaitu :

  • Character (kepribadian/ watak)

Karakter dapat diartikan sebagai tabiat atau watak serta kemauan dari seorang peminjam (debitor) untuk memenuhi kewajiban yang telah disepakati. Karakter yang diteliti antara lain yaitu sifat, kepribadian, gaya hidup, kebiasaan, dan juga keadaan keluarga.

  • Capacity (kemampuan)

Capacity diartikan sebagai kesanggupan peminjam untuk melunasi kewajiban dari kegiatan usaha yang dilakukan atau telah ditinjau dengan pinjaman dari kreditor. Hal ini digunakan untuk menilai sampai dimana hasil usaha yang diperoleh oleh debitor sehingga dapat melunasi pinjaman pada waktu tertentu.

Baca juga : Pengertian Likuiditas sebagai Navigator Masa Depan Perusahaan

  • Capital (modal)

Capital diartikan sebagai modal yang dimiliki oleh calon peminjam atau debitur pada saat mereka mengajukan permohonan peminjaman usaha pada kreditor.

  • Collateral (jaminan)

Collateral diartikan sebagai barang-barang yang diserahkan oleh debitor sebagai jaminan atas pinjaman usaha yang diberikan. Barang pinjaman tersebut sangat penting, karena digunakan supaya kredit tidak mengandung risiko.

  • Condition of Economic (kondisi ekonomi)

Condition of Economic merupakan situasi, baik sosial, ekonomi, maupun budaya yang mempengaruhi keadaan perekonomian pada suatu saat atau pada saat tertentu. Sehingga nantinya dikhawatirkan mempengaruhi kelancaran usaha dari peminjam usaha.

  • Constrain (batasan atau hambatan)

Constrain atau batasan dalam penilaiannya, seorang debitur dipastikan terpengaruh oleh hambatan yang tidak memungkinkan seseorang melakukan usaha di suatu tempat.

Selain prinsip 6C, ada pula yang disebut prinsip 4P, yaitu :

  • Personality

Personality dapat diartikan sebagai penilaian kreditor tentang kepribadian debitor seperti riwayat hidupnya, keadaan keluarga, lingkungan pergaulannya, dan lain sebagainya.

  • Purpose

Purpose atau tujuan dapat diartikan sebagai penilaian dari seorang kreditor terhadap tujuan atau keperluan penggunaan pinjaman usaha. Apakah tujuan penggunaan pinjaman usaha tersebut sesuai dengan line of business ataukah tidak.

  • Payment

Payment di sini digunakan untuk mengetahui kemampuan seorang peminjam dalam mengembalikan pinjaman

  • Prospect

Prospect dapat diartikan sebagai harapan usaha di masa yang akan datang dari seorang peminjam atau debitor.

Keunggulan dan Kelemahan Pinjaman

Proses peminjaman usaha memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Ada beberapa keunggulan dalam mencari dana lewat peminjaman usaha, antara lain :

  • Prosesnya yang cepat dan mudah.
  • Biaya yang digunakan untuk pengurusan pinjaman terbilang rendah.
  • Proses yang dilakukan dalam mengurus peminjaman sangat sederhana.

Baca juga : 8 Tren Bisnis Tahun 2020 yang Dianggap Menjanjikan

Sedangkan untuk kelemahan dari pencarian dana menggunakan pinjaman usaha antara lain :

  • Jumlah dana yang dapat dicairkan pada umumnya cukup terbatas.
  • Biaya bunga pinjaman pada umumnya cukup tinggi dan mengikuti arus pergerakan suku bunga di pasar.

Mekanisme Pinjaman

Secara umum, tahapan dalam proses peminjaman usaha dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Calon peminjam atau debitur mengajukan proposal untuk memperoleh fasilitas pinjaman.
  2. Pemberi pinjaman atau kreditur akan melakukan tahap penelaah terhadap persyaratan dan kondisi fasilitas peminjaman.
  3. Penyelesaian masalah yang berhubungan dengan legal.
  4. Penandatanganan perjanjian.
  5. Penarikan dana.
  6. Pada tahap akhir, debitur membayar kembali pinjaman pokok yang telah diterima beserta bunga dan dilakukan secara berkala dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Macam-Macam Pinjaman

Ada berbagai macam pinjaman usaha, berikut 4 pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk peminjaman usaha. Diantaranya yaitu:

  • Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau sering disebut KUR pertama kali dibuat tahun 2007. KUR bertujuan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah untuk mendapat akses permodalan dari lembaga keuangan baik dari pihak swasta maupun pemerintah.

  • Koperasi

Salah satu lembaga keuangan nonbank yang sangat merakyat. Proses peminjaman dari koperasi juga terkesan mudah, meringankan, serta menguntungkan. Bunga yang diberikan pun terbilang cukup rendah.

  • Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending (P2P lending) memiliki prinsip mempertemukan peminjam atau debitor dan pemberi pinjaman atau kreditor.

  • Pinjaman Online

Pinjaman online merupakan salah satu akibat dari adanya globalisasi dan kemajuan IPTEK. Pinjaman usaha secara online terbilang cukup mudah dan menawarkan berbagai promo-promo menarik bagi debitornya. Meskipun begitu setiap peminjaman usaha dipastikan memiliki berbagai risiko.

Setelah melirik macam macam pinjaman usaha beserta risikonya, tentunya akan sangat beresiko jika tidak memiliki perhitungan keuangan usaha yang pas. Maka dari itu, Finata hadir memberikan solusi terbaik bagi keuangan usaha Anda. Dengan software keuangan usaha yang dimiliki oleh Finata, Anda akan diajak untuk menikmati berbagai keuntungan menarik yang tentunya sangat terjamin kualitas dan kuantitasnya. Untuk itu tunggu apa lagi? Untuk bisnis yang semakin baik dan profit semakin meningkat pastikan Anda pesan dan kunjungi website https://finata.id sekarang juga. Apapun bisnis Anda, Finata solusinya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download