Berbagai Macam Investasi Jangka Panjang Kini Semakin Mudah diatasi

by | Mar 10, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Macam Investasi Jangka Panjang
Macam Investasi Jangka Panjang

Ada banyak Macam Investasi Jangka Panjang menguntungkan yang bisa menjadi pilihan Anda. Investasi bertujuan untuk mendapatkan profit dari aktivitas keuangan yang dilakukan demi masa depan. Dalam memilih suatu investasi juga tidak boleh sembarangan agar dapat memperoleh keuntungan.

Macam Investasi Jangka Panjang

Emas

Salah satu Macam Investasi Jangka Panjang yang bisa Anda pilih yaitu Emas. Emas sudah sejak lama menjadi investasi jangka panjang menjanjikan yang terbukti menguntungkan. Seiring berjalannya waktu, logam mulia ini akan memiliki nilai jual yang semakin tinggi. Ketika kurs dollar meningkat, harga emas pun akan semakin meningkat juga.

Selain nilai jualnya tinggi, emas juga minim resiko dan tahan terhadap inflasi. Investasi emas pun terdiri dari beberapa bentuk seperti batangan, koin dan perhiasan. Karena harga emas yang selalu mengalami kenaikan, emas menjadi pilihan tepat untuk menjamin masa tua Anda.

Properti

Properti memiliki nilai jual yang tinggi dan meningkat setiap tahunnya, baik properti berupa tanah maupun tanah dan bangunan. Peningkatan yang terus menerus ini disebabkan karena meningkat pula kebutuhan masyarakat mengenai tanah dan bangunan sebagai keperluan primer. Peningkatan nilai properti pun mencapai 20% pertahun.

Nilai jual yang tinggi pada properti pun sebanding dengan modal yang harus dikeluarkan. Berinvestasi properti memerlukan modal dari ratusan hingga miliaran rupiah, apalagi di daerah perkotaan. Jika Anda belum memiliki modal yang besar, Anda dapat keuntungan dari produk KPR agar dapat mencicil untuk membelinya.

Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka kini semakin dilirik banyak orang. Selain dapat membantu orang yang tidak bisa menabung, jenis tabungan ini juga bisa dijadikan sebagai investasi. Tabungan berjangka bisa membantu ketika Anda memerlukan uang beberapa tahun ke depan. Tabungan yang satu ini memiliki fitur auto debet dimana setiap bulannya akan ditarik otomatis oleh bank dari rekening tabungan induk sesuai tanggal yang sudah ditetapkan.

Tabungan Berjangka sangat cocok sebagai investasi jangka panjang untuk Ada yang ingin lebih disiplin menabung. Tidak hanya dapat digunakan untuk membeli sesuatu saja, tetapi juga bisa menjamin masa depan Anda. Meskipun dana yang ditabung setiap bulannya kecil, namun jika dalam waktu lama pun jumlahnya akan cukup besar.

Asuransi Syariah

Asuransi Syariah merupakan asuransi dimana dalam prosedur yang dilakukan sesuai dengan prosedur syariah. Dengan memilih asuransi syariah, maka Anda akan terhindar dari gharar dan semacamnya. Asuransi yang satu ini menggunakan sistem sharing risk sehingga dapat mengatasi gharar yang ada di asuransi konvensional.

Baca juga : Macam Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Asuransi Syariah memiliki mekanisme bagi hasil dari perputaran uang yang dilakukan oleh pihak asuransi. Dana yang Anda simpan akan dikontribusikan kepada peserta dan terbagi menjadi dua yaitu dana tabaruk dan investasi atau mudharabah.

Dana tabbaruk diberikan kepada peserta untuk menanggulangi klaim yang diajukan. Sedangkan dana investasi atau mudharabah yaitu dana yang akan dikelola oleh pihak asuransi untuk memperoleh keuntungan. Sistem bagi hasil yang dipilih pihak asuransi tentu akan sangat menguntungkan.

 Saham

Investasi menarik yang dapat Anda coba yaitu dengan menanam saham di suatu perusahaan. Investasi melalui saham berarti Anda pun akan disebut sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Bukti kepemilikan perusahaan yaitu selembar kerta dan mencantumkan nama pemilik dan jumlah yang dimiliki.

Jika perusahaan terus meningkat atau maju, maka keuntungan yang akan diperoleh pun juga cukup besar. Namun jika perusahaan mengalami kemunduran bahkan kerugian, maka Anda pun akan memiliki masalah yang besar juga. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan benar mengenai perusahaan yang akan Anda miliki.

Reksadana

Reksadana yang dimaksud adakah surat-surat berharga yang menjadi bukti klaim atau aset. Kelebihan dari reksadana yaitu memiliki banyak pilihan berupa saham, pasar uang dan obligasi yang bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana dan resiko yang siap untuk ditanggung reksadana pun juga cocok untuk Anda yang tidak atau belum berpengalaman dalam bisnis. Karena seluruh aktivitas investasi jangka panjang ini akan dilakukan oleh manajer investasi yang berpengalaman dan ahli dibidangnya.

Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diserahkan oleh pihak peminjam kepada pemberi pinjaman. Pada surat berharga ini tercantum nama Anda dan tanggal jatuh tempo pinjaman sekaligus bunga yang menjadi kewajiban peminjam. Jangka waktu obligasi ini cukup lama yaitu 1 hingga 10 tahun.

Bagi pemberi pinjaman, obligas bisa menjadi bentuk investasi yang akan mendatangkan keuntungan. Sedangkan bagi pengusaha obligasi berguna untuk mendapatkan dana yang bisa membantu bisnisnya agar semakin maju.

Baca juga : Prinsip Pareto Dalam Bisnis yang Penting untuk Diketahui

Sukuk

Sukuk adalah surat berharga syariah atau obligasi syariah yang memiliki durasi jangka panjang dengan prinsip syariah. Kehadiran sukuk ini diharapkan mampu membantu Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang layaknya obligasi namun tetap sesuai dengan syariat islam yaitu dengan berprinsip syariah.

Sukuk kini menjadi instrumen investasi syariah kontemporer yang semakin digencarkan oleh pemerintah. Implikasi dari pembelian sukuk yaitu diwajibkannya emiten membayar pendapatan kepada pemegang sukuk. Pembayaran tersebut berupa bagi hasil yang akan dibayarkan ketika jatuh tempo.

Tips Meraih Kesuksesan pada Investasi Jangka Panjang

Waktu

Investasi modal yang paling mahal dan paling berharga adalah waktu. Anda tidak boleh meremehkan dan mengabaikan waktu karena waktu akan menjadi jalan untuk menuju kesuksesan. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menjadikan Anda lebih produktif dengan banyak belajar terutama hal yang berkaitan dengan investasi dan bisnis yang ditekuni.  

 Rela bekerja keras

Tidak ada keberhasilan dan kesuksesan yang diraih tanpa adanya perjuangan berupa kerja keras. Anda harus rela bekerja keras dan bersusah payah terlebih dahulu untuk meraih keberhasilan tersebut. Ketika seseorang memutuskan untuk berinvestasi, maka orang tersebut pun harus rela pendapatannya berkurang demi kehidupan di masa depan.

Berkurangnya pendapatan atau uang bulanan tentu akan berimbas pada gaya hidup sehari-hari. Anda harus berhemat asal tidak sampai kekurangan dan meninggalkan hal-hal yang sekiranya tidak perlu. Semakin tinggi potensi penghasilan dari investasi, tentu akan semakin besar pula resiko yang harus ditanggung.

Belajar terus menerus

Pasti Anda sering melihat para jutawan maupun orang sukses ketika usia mereka masih mudah. Proses yang membawa mereka ke puncak kesuksesan lebih cepat tidak lain adalah karena mereka selalu tekun dalam belajar. Belajar tidak selalu membaca buku, tetapi bisa juga dari pengalaman.

Mengurus bisnis melalui Finata

Memulai bisnis tidak mengharuskan Anda mengetahui pengelolaan dan pembukuan uang secara detail dan terperinci. Karena kini telah hadir Software Keuangan Usaha Finata yang akan membantu Anda mengurus pengelolaan keuangan. Dengan adanya software ini, maka urusan berkaitan dengan keuangan akan lebih cepat dan mudah dipahami.

Berbagai Macam Investasi Jangka Panjang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Sebelum memilih berinvestasi, pertimbangkan beberapa hal sehingga kemungkinan terjadinya kerugian akan sangat kecil.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download