Pemahaman Kinerja Keuangan Dalam Sebuah Bisnis

by | Dec 9, 2020 | Keuangan | 0 comments

kinerja-keuangan

Kinerja keuangan adalah bagian paling penting dalam sebuah usaha atau dunia bisnis, karena sebuah laporan keuangan adalah kata kunci untuk melihat kinerja sebuah perusahaan. Manajemen keuangan sebuah perusahaan bisa menjadi perhatian besar untuk melihat keberhasilan perusahaan tersebut, maka keuangan perusahaan tersebut harus jelas dan transparan.

Pengertian Kinerja Keuangan

Pengertian arti kata kinerja secara harfiah adalah performa, yang berarti dalam sebuah pekerjaan maka kinerja adalah penampilan dalam bekerja atau bisa juga disebut sebagai etos kerja. Sedangkan untuk masalah keuangan, kinerja tersebut sangat dibutuhkan agar keuangan sebuah perusahaan bisa stabil dan terkontrol.

Dalam sebuah perusahaan, pengertian dari kinerja keuangan adalah sebuah laporan keuangan yang merupakan evaluasi dari perkembangan perusahaan tersebut.  Laporan keuangan tersebut bisa menampilkan bagaimana potensi dari perusahaan tersebut akan mengarah ke mana, menuju kesuksesan atau sebaliknya.

Jika sebuah perusahan memiliki data laporan keuangan yang kurang seimbang, maka potensi perusahaan untuk menjadi bangkrut akan sangat terlihat nyata. Oleh karena itu, kinerja atau laporan keuangan sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Kerja Perusahaan

Fungsi Kinerja Keuangan Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari kinerja dari keuangan perusahaan, maka Anda juga harus mengetahui apa saja fungsi dari kinerja tersebut. Fungsi dari kinerja keuangan tersebut, dapat menjadi penilaian sebuah perusahaan agar bisa mempunyai standar tersendiri. Beberapa fungsi dari kinerja atau laporan keuangan perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Solvabilitas Dapat Terlihat

Solvabilitas adalah sebuah kewajiban keuangan sebuah perusahaan, kewajiban ini akan dapat terlihat jika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan atau likuidasi. Sehingga, perusahaan harus memperlihatkan dengan jelas keuangan perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

 

2. Stabilitas Diketahui

Untuk mengukur kestabilan sebuah perusahaan, kinerja keuangan lah jawabannya. Karena potensi keuangan dalam perusahaan menentukan stabil atau tidaknya perusahaan tersebut. Dengan begitu kestabilan perusahaan sudah dapat diketahui, jika Anda sudah melihat bagaimana laporan keuangannya dengan jelas.

 

3. Likuiditas Menjadi Transparan

Pengertian dari likuiditas adalah kemampuan, dimana sebuah perusahaan memiliki likuiditas pada saat berada di kisaran angka yang memang menunjukkan angka yang sangat bagus. Jika perusahaan semakin baik dalam hal likuiditas, maka makin dipercaya perusahaan tersebut di mata klien-kliennya.

 

4. Rentabilitas Lebih Detail

Rentabilitas sebuah perusahaan merupakan sebuah keuntungan yang bisa didapat oleh perusahaan tersebut, begitu juga profitabilitas juga sama dengan rentabilitas yang merupakan kemampuan perusahaan untuk menunjukkan jumlah keuntungan atau laba perusahaan. Dalam hal fungsi dari kinerja keuangan, rentabilitas perusahaan terlihat lebih detail.

4 Kesalahan Umum dalam Merencanakan dan Mengelola Keuangan Bisnis

Penilaian Kinerja Keuangan Menurut Sebuah Bisnis

Penilaian dalam perusahaan agak sedikit berbeda dengan penilaian dari pandangan sebuah bisnis, karena laporan keuangan sangat mempengaruhi pengelolaan sebuah perusahaan. Sedangkan, dalam sebuah bisnis kinerja keuangan pada dasarnya berfungsi sebagai tolak ukur untuk mengetahui lebih detail bagaimana sebuah perusahaan bisa mencapai targetnya dan sejauh mana.

Sebagai fungsi umum, sebuah laporan keuangan berperan penting sebagai tolak ukur kebijakan dalam kaitannya dengan penanaman modal.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sebuah laporan keuangan yang merupakan perwujudan dari kinerja keuangan sangat berpengaruh terhadap berjalannya sebuah perusahaan dengan sukses dan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Kinerja atau laporan keuangan ini makin memperjelas fungsi perusahaan dalam sebuah bisnis, dan menjadi acuan atau tolak ukur dalam melihat potensi atau likuiditas dari perusahaan.

Baca juga: Rasio Modal Kerja Terhadap Kelangsungan Perusahaan

Kesimpulan

Kinerja atau laporan keuangan tidak bisa dijadikan alasan bangkrut atau tutupnya sebuah perusahaan karena kinerjanya yang buruk, karena sudah banyak fasilitas sekarang ini yang bisa mengontrol keuangan perusahaan baik kas pemasukan maupun pengeluaran dengan cara praktis. Era digital ini makin  mempermudah semua kegiatan dalam perusahaan, bukan hanya SDM tapi teknologi pun sudah ikut turun tangan mengambil peran dalam pengelolaan keuangan

Analisa kinerja dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday