Select Page

Di zaman modern seperti sekarang, para pelaku usaha mau tidak mau harus membangun strategi digital untuk mempertahankan bisnisnya. Terlebih, kemudahan dalam memulai bisnis di era teknologi membuat persaingan antar pelaku usaha menjadi semakin ketat. Jika tidak melakukan strategi yang tepat, bisa-bisa usaha Anda akan gagal atau gulung tikar di tengah jalan.

Daftar isi:
1. Manfaatkan Teknologi
2. Bangun Brand
3. Gunakan Media Sosial sebagai Media Pemasaran
4. Terus Berinovasi

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis bisa bertahan dan bahkan lebih unggul dari para kompetitor? Yuk, simak 4 kiat efektif dan efisien dalam pengembangan usaha di era digital berikut ini.

1. Manfaatkan Teknologi

Era digital menuntut Anda untuk memanfaatkan teknologi demi mengembangkan strategi bisnis. Dengan teknologi, kegiatan operasional perusahaan pun menjadi lebih efisien karena pekerjaan yang sulit bisa dilakukan secara otomatis oleh mesin. 

Untuk urusan keuangan, Finata bisa menjadi pilihan software akuntansi yang tepat untuk membantu pengembangan usaha. Melalui Finata, Anda akan mendapat kemudahan dalam mencatat data perusahaan dan karyawan, melakukan pengelolaan keuangan, menghitung cashflow, hingga mengelola pajak.

2. Bangun Brand

Membangun brand adalah langkah penting yang harus dilakukan sebelum Anda masuk ke tahap selling. Dalam hal ini, Anda harus bisa membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda melalui konten yang edukatif dan informatif sehingga mereka merasa diuntungkan. 

Tak hanya itu, membuat value proposition yang jelas juga penting untuk menambah nilai perusahaan dan meyakinkan konsumen untuk memilih produk Anda. Anda bisa membuat value proposition dengan cara menggali lebih dalam masalah customer serta mencari tahu apa kebutuhan mereka sehingga produk Anda nantinya menjadi problem solving.

3. Gunakan Media Sosial sebagai Media Pemasaran

Sekarang ini, media sosial adalah alat yang paling efektif untuk melakukan pemasaran. Bagaimana tidak, hampir setiap saat masyarakat berinteraksi melalui media sosial, dari mulai Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan lain sebagainya. 

Selain lebih murah dibanding media pemasaran yang lain, cara penggunaan media ini pun sangat mudah. Tidak perlu keahlian khusus untuk memasarkan produk secara online di media sosial. Namun yang perlu diperhatikan, konten harus dibuat semenarik mungkin agar calon pelanggan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

4. Terus Berinovasi

Inovasi juga menjadi komponen penting yang tidak boleh Anda lupakan jika ingin perusahaan Anda semakin maju. Pasalnya, dunia bisnis yang cepat berkembang memungkinkan adanya tren baru yang muncul setiap saat. Jika tidak ingin bisnis Anda tergerus oleh para kompetitor, Anda harus terus berinovasi membuat produk yang berbeda dan istimewa dari yang lain. 

Nah, itulah 4 kiat efektif dan efisien yang perlu Anda lakukan untuk pengembangan usaha di era digital. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda.