Select Page

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan 8 juta UMKM Indonesia untuk melakukan pemasaran produk secara online atau Go-Online pada 2019. Hingga bulan September 2018 lalu, tercatat sudah sekitar 7,2 juta UMKM yang memanfaatkan internet dalam pemasaran produk. Angka ini naik sekitar tiga kali lipat dibandingkan tahun 2017. 

Tren positif ini tentu berawal dari kesadaran pelaku UMKM untuk berbenah diri dan mengikuti perkembangan bisnis menuju Revolusi Industri 4.0. Salah satunya dengan menerapkan cloud accounting guna menangani proses akuntansi transaksi bisnis agar lebih efektif dan efisien.

Daftar isi:
1. Kemudahan Mengakses Data
2. Keamanan Data Terjamin
3. Ramah Lingkungan
4. Biaya Terjangkau
5. Kolaborasi Lebih Efektif

Kehadiran sistem akuntansi ini membuat Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang bersifat strategis, karena tak perlu pusing soal pembukuan manual atau tumpukan kertas menggunung. Maka, penggunaan software akuntansi dalam bisnis online menjadi sebuah urgensi. Ini 5 keuntungan yang akan Anda peroleh.

1. Kemudahan Mengakses Data

Ketika menggunakan program akuntansi biasa, Anda hanya bisa mengakses data melalui komputer server. Dengan sistem cloud, Anda akan leluasa memantau keuangan perusahaan dari mana saja, selama terhubung dengan koneksi internet lewat perangkat mobile, tablet, atau laptop.

2. Keamanan Data Terjamin

Sebagian besar orang beranggapan bahwa menyimpan data di hard drive adalah solusi paling tepat untuk keamanan data. Namun, risikonya terlalu besar, data tersebut bisa saja hilang akibat serangan virus. Menyimpan data penting perusahaan di sistem cloud menjamin keamanan penuh. Anda pun tidak akan terkena risiko kehilangan akses ke akun pribadi saat komputer atau gawai tengah bermasalah.

3. Ramah Lingkungan

Berapa banyak kertas yang terbuang hanya untuk mencetak laporan keuangan? Belum lagi tumpukan kertas faktur dalam berbagai format, yang jumlahnya tak terhitung. Setelah input data, Anda masih akan dipusingkan dengan urusan mengarsip dokumen. Sistem cloud memberi peluang untuk memindahkan dan mengakses dokumen langsung di software akuntansi. Tentu ini lebih menghemat waktu dan minim risiko kesalahan ketimbang melakukan pencatatan manual, bukan?

4. Biaya Terjangkau

Dari segi biaya, sistem akuntansi berbasis cloud justru lebih terjangkau. Anda tidak perlu membeli banyak lisensi untuk memasang software pada beberapa komputer. Jatuhnya akan lebih mahal daripada Anda membeli sistem cloud ini. Anda cukup berlangganan sesuai jumlah pengguna software di perusahaan. Biaya berlangganan juga biasanya sudah termasuk update software secara berkala dan kemudahan mengakses layanan purnajual bagi pengguna.

5. Kolaborasi Lebih Efektif

Dengan sistem akuntansi berbasis cloud, Anda dan anggota tim sama-sama mempunyai akses guna mengakses data bisnis perusahaan. Tentu dengan tingkatan akses berbeda sesuai posisi masing-masing. Namun, dengan kesempatan melihat data secara real-time, ini membuat kolaborasi antaranggota tim lebih efektif. Proses pengambilan keputusan pun bisa lebih cepat dan tepat sasaran.

Jadi, cloud accounting memberi Anda fleksibilitas dalam menjalankan roda bisnis online kapan saja dan di mana saja. Nikmati 5 keuntungan di atas dengan menggunakan Finata, solusi tepat untuk sistem akuntansi bisnis Anda sekarang juga.