Yuk, Ketahui Tren Persaingan Bisnis di Era Sekarang

by | Feb 10, 2021 | Bisnis | 0 comments

tren-persaingan-bisnis

Mengetahui tren persaingan bisnis adalah hal yang tidak boleh dilewatkan pada saat berbicara tentang persaingan industri yang seakan tidak ada habisnya. Saat ini, di era yang serba canggih akan adanya teknologi digitalisasi banyak kemudahan ditawarkan dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari, mulai dari dunia bisnis, perkantoran, akademi pembelajaran, dan lain-lain.

Persaingan bergerak sangat dinamis. Inovasi akan terus bergerak dari satu merek ke merek yang lain menuju hal yang paling bermanfaat juga berguna bagi masyarakat. Saat ini konsumen diberikan banyak pilihan oleh pelaku industri yang semakin banyak.

Lalu bagaimana tren persaingan bisnis yang akan datang?

Berdasarkan studi yang dilakukan IBM, saat ini umumnya perusahaan yang memimpin sebuah market (pasar) atau inovator atau yang disebut Torchbearers, yang merupakan salah satu karakter mereka yaitu yang terdepan dalam hal teknologi dan sangat berfokus kepada konsumen atau pangsa pasarnya.

Seperti yang disampaikan Gunawan Susanto, Presiden Direktur IBM Indonesia kepada Marketers, menjelaskan bahwa pemain tersebut umumnya tidak terlalu melihat kompetitor mereka. Jika fokus kepada kompetitor, akan muncul dari mana saja kompetitor itu. Berkat teknologi, kompetitor bukan hanya muncul dari industri yang sama saja tapi lintas industri. Tidak akan ada habisnya.

Menurutnya, pemain yang fokus terhadap konsumen akan cepat beradaptasi terhadap perubahan pasar. Apa pun perubahan konsumen, akan dengan cepat diketahui.

Ia juga menjelaskan bahwa hal ini bisa menjadi tren bisnis ke depan. Bagaimana mendapatkan insight terkait konsumen? Teknologi kognitif adalah jawabannya. Dari sini, dapat diketahui tren ke depan ini apakah hanya hype, tren, atau hal yang sporadis. Teknologi ini memanfaatkan big data.

tren persaingan bisnis

Peran ilmu marketing saat ini bukan hanya berfokus pada segmentasi, target dan positioning semata, banyak hal yang bisa digali dari adanya pengaruh digitalisasi terhadap perkembangan bisnis saat ini.

Berikut di antaranya kita bisa menemukan aktivitas konsumen di berbagai platform media sosial seperti IG, FB, Twitter, Youtube, dan lain-lain yang bisa kita gali untuk mendapatkan insight dari rate mereka terhadap suatu produk atau jasa, review mereka terhadap suatu layanan.

Selain itu juga hal yang konsumen butuhkan dan mereka cari informasinya seputar kesukaan, pengalaman, atau banyak hal menarik lainnya yang mereka sukai di internet. Namun berapa banyak pelaku industri yang memanfaatkan media sosial untuk menggali insight bagi perusahaan atau bisnis mereka sendiri? Mencari tahu kelemahan, kekuatan, kesempatan, dan keunggulan mereka dengan kompetitornya di mata konsumen?

Tidak cukup berbisnis dengan memanfaatkan digital marketing, namun semuanya harus kompleks dalam aktivitas bisnis agar bisa memberikan service yang purna kepada konsumen.

Nah, untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis namun terkendala masalah pengaturan keuangan, Anda bisa mengandalkan Finata. Apa itu Finata? Finata merupakan jasa yang menyediakan software keuangan usaha yang akan memudahkan Anda menjalankan bisnis dengan mudah dan praktis.

Dengan menggunakan software ini tentu, pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat dengan tingkat ketelitian tinggi. Untuk informasi lebih lanjut, segera cek Finata sekarang juga!

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.