Select Page

Manajemen finansial merupakan poin yang amat menentukan kelancaran suatu bisnis. Jangan harap usaha yang Anda rintis akan maju pesat jika cashflow-nya saja masih berantakan. Sayangnya, kenyataan di lapangan menunjukkan hal sebaliknya.

Daftar isi:
1. Tidak Ada Rencana Keuangan
2. Campur Aduk Uang Pribadi dan Bisnis
3. Cashflow yang Berantakan 
4. Tidak Paham Akuntansi
   a. Bagaimana Kalau Saya Tidak Paham Akuntansi ?

Alih-alih melakukan perencanaan keuangan secara matang, kebanyakan pebisnis justru terkesan asal dalam hal ini. Jika diteruskan, kondisi tersebut lama-lama akan mengganggu kesehatan finansial perusahaan—dan bukan tidak mungkin berujung pailit dan bangkrut.

Tidak mau hal buruk terjadi pada bisnis Anda, kan? Berikut daftar kesalahan perencanaan keuangan yang harus dihindari.

1. Tidak Ada Rencana Keuangan

kesalahan dalam pengelolaan keuangan bisnis

Perencanaan keuangan adalah hal pertama yang wajib ada dalam mengelola bisnis apa pun, baik yang tarafnya kecil, menengah, atau besar. Financial planning yang baik akan membantu Anda dalam mengelola dan mengatur keuangan bisnis, sehingga risiko rugi atau pailit bisa dihindari sedapat mungkin.

Jika ingin bisnis Anda tetap bertahan, mulailah dengan menyusun laporan keuangan yang jelas dan rinci. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengukur sehat tidaknya kondisi finansial usaha yang sedang dijalankan.

2. Campur Aduk Uang Pribadi dan Bisnis

kesalahan perencanaan keuangan bisnis

Barangkali terkesan sepele, tetapi justru hal inilah yang jadi penyebab terbesar kolapsnya sebuah bisnis. Ingat, jangan sekali-kali mencampur-adukkan uang pribadi dengan bisnis, apalagi memakai kas usaha untuk kepentingan pribadi.

Selain menyebabkan cashflow berantakan, kebiasaan buruk ini juga akan mempersulit Anda dalam menyusun laporan keuangan. Business is business adalah prinsip yang harus dipegang teguh setiap pengusaha.

3. Cashflow yang Berantakan

kesalahan dalam pengelolaan keuangan bisnis

Tahukah Anda? Arus kas sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis, lho. Mayoritas perusahaan yang dihadapkan pada kesulitan finansial biasanya diakibatkan oleh kondisi cashflow yang berantakan dan serba tidak jelas.

Patuhi sebaik mungkin anggaran yang sudah disusun, catat setiap pemasukan, buat pengeluaran yang logis, serta pikirkan matang-matang sebelum membuat kebijakan—sebab secara tidak langsung regulasi juga berpengaruh terhadap kondisi keuangan bisnis yang Anda kelola.

4. Tidak Paham Akuntansi

kesalahan dalam mengelola keuangan bisnis

Akuntansi adalah hal dasar yang mesti dikuasai setiap pebisnis. Kehadiran akuntansi akan membuat proses perencanaan dan pengelolaan keuangan bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan begitu, Anda pun bisa memanfaatkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk fokus ke hal lain yang tak kalah penting, misalnya mengatur strategi agar bisnis lebih berkembang.

a. Bagaimana Kalau Saya Tidak Paham Akuntansi ?

Jangan dulu panik kalau Anda tak paham akuntansi. Sekarang sudah ada Finata—software finansial bisnis dan pajak yang dilengkapi fitur unggulan untuk mendiagnosis kesehatan bisnis melalui laporan keuangannya sekaligus menghitung kewajiban pajaknya.

Selain pembukuan dan akuntansi, Finata juga memiliki fitur koreksi fiskal untuk kebutuhan analisis pajak bisnis. Jadi, Anda tak perlu lagi repot-repot menghitungnya secara manual. Yuk, daftar sekarang. Ada penawaran akses gratis selamanya lho!