Kenali 5 Tanda-tanda Kebangkrutan Bisnis Sejak Dini

by | Feb 27, 2021 | Bisnis | 0 comments

Dari sekian banyak indikator kegagalan bisnis, Anda wajib tahu beberapa tanda-tanda kebangkrutan bisnis yang menjadi awal mula kehancuran sebuah bisnis. Jangan sampai bisnis yang selama bertahun-tahun Anda jalankan mengalami kemacetan keuangan yang berujung pada pinjaman modal dari partner maupun bank.

Padahal bisnis Anda mendapat banyak permintaan penjualan, produksi yang meningkat, namun ketika memeriksa uang Anda untuk mengalokasikannya, uangnya kemana? Inilah yang menjadi pertanyaan dan pemicu kebangkrutan bisnis Anda.

Salah satu hal yang disepelekan oleh banyak pelaku bisnis yaitu tidak melakukan pengelolaan pembukuan bisnis. Adapun jika sudah melakukan pembukuan bisnis, terjadi banyak kekeliruan, tidak akurat, tercecer, dan tidak mengerti arti dari laporan keuangan bisnisnya. Inilah yang perlu Anda deteksi apakah benar ada tanda-tanda kebangrutan bisnis sejak dini?

Pastinya, Anda akan terkejut kalau tiba-tiba mengalami kebangkrutan. Belum lagi jika harus sampai menutup bisnis, melakukan PHK, hingga beberapa aset Anda mungkin harus tersita.

5 Tanda-tanda Kebangkrutan Bisnis

Berikut merupakan 5 tanda kebangkrutan bisnis sejak dini yang harus Anda ketahui agar bisa terhindar dari masalah-masalah ini, di antaranya :

– Pengelolaan keuangan yang tidak terencana

Agar tujuan finansial terpenuhi dengan efektif dan efisien, maka penting dilakukan pengelolaan keuangan. Jika hanya mengandalkan uang yang dimiliki setiap ada penghasilan yang masuk, maka besar kemungkinan cepat atau lambat kondisi keuangan Anda akan memburuk.

 

– Tidak memiliki rincian aktivitas keuangan yang baik

Tanpa disadari, rincian keuangan dalam aktivitas bisnis sangat riskan dan sensitif. Sebagai bahan pertanggungjawaban keuangan bisnis, maka perlu dilakukan pembukuan dalam pengelolaannya dengan lebih rapi dan tertata.

 

– Sering Menunda Tagihan dan Pembayaran Hutang

Pembayaran tagihan, pajak dan pembiayaan lainnya yang ditunda, serta selalu berhutang pada setiap kesempatan, dapat membuat keuangan bisnis Anda semakin terpuruk.

Jika suatu mitra bisnis menyinggung mengenai penundaan pembayaran maka sudah bisa dipastikan ada hal yang tidak beres dengan perusahaan tersebut. Kewajiban pajak saja dihindari, apalagi dengan sesama pebisnis, bisa saja melakukan hal yang sama.

Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan arus kas bisnis Anda. Selain itu, pastikan apakah perusahaan Anda berada dalam tanda kebangkrutan bisnis yang mendekati akhir atau masih dalam kondisi aman. Arus kas yang aman adalah pemasukan lebih besar dibanding pengeluaran.

 

– Tidak melakukan analisa keuangan bisnis

Dengan mencermati laporan keuangan bisnis, Anda bisa mengevaluasi kinerja bisnis yang selama ini dijalankan, melakukan perbaikan, peningkatan kinerja, pengambilan tindakan pencegahan, dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan bisnis. Semua itu bisa Anda lakukan dengan menganalisa keuangan bisnis menggunakan 4 indikator diagnosis bisnis yang ada di software Finata.

 

– Mengandalkan orang lain untuk mengelola keuangannya

Tidak ada salahnya jika Anda melibatkan orang lain dalam memanage keuangan perusahaan Anda. Namun pertanyaannya, apakah orang tersebut terpercaya?

Untuk mencari seseorang yang dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan tentunya harus yang teliti, cermat, dan mengetahui akuntansi dan pajak

 

Baca Juga : 10 alasan penyebab bisnis bangkrut

Jika Anda kesulitan untuk mencari pegawai keuangan dengan kriteria tersebut, Anda tidak perlu cemas, karena saat ini sudah ada Finata.

Finata merupakan satu-satunya software yang dapat membantu Anda mencatat laporan keuangan sekaligus menganalisisnya dengan menggunakan 40 lebih rasio dan alarm diagnosis bisnis.

Software keuangan berbasis web cloud ini memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis dengan rapi, teliti, sistematis, akurat, dan sesuai dengan standar akuntansi dan pajak.

Jika mungkin saat ini Anda sudah merasakan beberapa tanda kebangkrutan bisnis tersebut, maka sebelum semuanya terlambat Anda bisa melakukan pencegahan dengan baik.

Tidak usah terlalu panik pasti selalu ada solusi untuk mengatasinya. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan analisa arus kas saat ini dan masa mendatang, meninjau keadaan market dan lapangan bisnis, hingga memperbaiki kinerja pegawai keuangan bisnis Anda.

Jangan pikir pusing dengan kondisi saat ini, mulailah dengan perbaikan bisnis dengan pencatatan keuangan dan analisa keuangan bisnis agar terhindar dari tanda kebangkrutan bisnis.

Dengan menggunakan software keuangan yang tepat untuk mendiagnosa kesehatan bisnis adalah langkah yang bisa Anda ambil. Dapatkan semua solusi terbaik untuk perusahan yang maju dan minim risiko bangkrut dengan menggunakan Finata.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.