Rahasia Mengembangkan Bisnis dari Insight Pengelolaan Usaha

by | Feb 20, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Management keuangan merupakan keahlian wajib bagi pengusaha termasuk Anda dalam membangun bisnis yang mempunyai omset tinggi, laba usaha besar dan cash yang cukup. Dengan tujuan, untuk memenuhi segala kebutuhan pengembangan usaha Anda. Sehingga keberlangsungan usaha tetap terjaga, bisnis terus tumbuh dan berkembang dengan cepat, serta mencapai kondisi yang aman.

Mari coba ingat kembali, mungkin Anda pernah mengalami keadaan yang membuat Anda:

  • Frustasi dengan bisnis yang sedang dijalankan saat ini.
  • Stress dengan omset penjualan yang stagnan bahkan menurun.
  • Bingung dengan uang laba yang tidak jelas dan hilang terpakai tanpa jejak.

Atau mungkin Anda pernah mendapati situasi, seperti:

  • Kebocoran bisnis yang rumit untuk diatasi.
  • Omset tinggi, tapi labanya selalu kecil.
  • Profit besar, tapi saldo cash di bank selalu sedikit.
  • Saldo cash banyak, tapi uangnya tidak cukup memenuhi kebutuhan operasional usaha Anda.

Dan berbagai hal buruk lainnya yang membuat Anda bermasalah dalam mengelola keuangan bisnis, bahkan mendekati kondisi kegagalan dan kebangkrutan.

Jika Anda mengalami kondisi-kondisi di atas, berarti Anda perlu menata keuangan usaha Anda. Dan sayangnya, tanpa bantuan software keuangan, hal itu hampir mustahil bisa Anda lakukan dengan efektif dan efisien.

Efektif menyangkut usaha / cara untuk mendapatkan tujuan, hasil atau target yang Anda harapkan dengan target waktu yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Sementar, efisien berhubungan dengan sistem kerja yang memanfaatkan waktu, energi, dan sumber daya secara optimal tanpa pemborosan.

Alasan Perlunya Menggunakan Software Keuangan Bisnis

Untuk mencapai kedua hal tersebut, maka dalam menata keuangan usaha diperlukan bantuan software keuangan. Pertanyaannya, mengapa Anda perlu bantuan software keuangan bisnis? Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dan perhatikan, berikut alasannya:

1. Wajib mendiagnosis kesehatan keuangan bisnis

Anda wajib mendiagnosis kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda saat ini secara real time. Setidaknya ada 2 poin utama perlunya pebisnis mengontrol kesehatan bisnisnya, yaitu untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan mengukur kinerja dari kegiatan bisnisnya.

Nah, dengan software keuangan, Anda akan dipandu untuk mengetahui sehat tidaknya bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini secara real time (kapan pun dan di mana pun). Pengetahuan dasar ini adalah tahapan awal sebagai pijakan untuk membangun bisnis yang kokoh dan profitable.

Dari diagnosa awal itu Anda akan bisa menentukan langkah apa yang harus Anda lakukan agar target bisnis tercapai. Serta mempersiapkan kriteria sumber daya yang perlu ada, termasuk modal yang diperlukan untuk mengeksekusi rencana tindakan perbaikan bisnis Anda ke depannya.

Namun sayangnya, para pengusaha hanya tahu dan berfokus hanya pada pendapatan saja. Yang dipikirkan cuma omset, sales revenue, dan penjualan, tanpa sadar mungkin sebenarnya kondisi bisnis sedang merugi karena dihajar biaya-biaya yang tidak diperlukan bahkan tidak direncanakan sebelumnya.

2. Mengetahui dengan cepat dampak dari aktivitas usaha yang sudah, sedang atau akan Anda lakukan

Sadar atau tidak, setiap kita melakukan aktivitas bisnis, apapun itu, pastilah menggerakkan neraca dalam bisnis kita. Karena setiap transaksi akan berdampak pada perubahan neraca di laporan keuangan bisnis Anda. Begitulah sistem keuangan bekerja.

Maka ketika Anda mampu melihat dampak dari aktivitas bisnis Anda, Anda hanya akan melakukan sesuatu yang berdampak pada pertumbuhan sales dan penurunan biaya. Seberapa efektif aktivitas bisnis akan menghasilkan pendapatan usaha dan seberapa efisien pengaruhnya terhadap biaya.

Sayangnya, para pengusaha seringkali salah langkah dalam mengambil keputusan. Hasilnya bagaimana? Sangat-sangat mengecewakan. Semoga itu tidak terjadi pada Bisnis Anda ya.

3. Bisa melihat jelas letak kesalahan Anda dengan lebih akurat

Anda bisa melihat dengan jelas di mana letak kesalahan Anda dalam mengelola dan mencatat laporan keuangan bisnis Anda dengan lebih akurat.

Misalnya dari mulai pengecekan pendapatan yang sudah tinggi, tapi cash kok tidak ada? Ternyata ada piutang yang Anda lupa tagih, atau bisa saja Anda tidak mencatat hutang customer dengan baik.

Atau kasus lain, misal transaksi penjualan Anda banyak, tapi setiap bulan Anda selalu nombokin bisnis Anda tanpa bisa menelusuri di mana letak kesalahannya.

Dengan memahami manajemen keuangan usaha dengan bantuan software Finata, Anda akan lebih waras dalam berbisnis, dan lebih mudah melihat pertumbuhan bisnis Anda.

Insight yang Bisa Anda Dapatkan dalam Pengelolaan Usaha

Dengan Finata, Anda akan menjadi ahli dalam keuangan bisnis layaknya seorang ahli tanpa perlu belajar lama. Bahkan Anda juga mendapatkan berbagai insight dalam pengelolaan usaha Anda, seperti:

  1. Bagaimana menciptakan bisnis yang benar-benar menjadi mesin uang bagi Anda?
  2. Bagaimana membangun bisnis yang kokoh, kuat, dan menguntungkan?
  3. Bagaimana mengontrol masa depan bisnis Anda?
  4. Cara mendapatkan cash flow yang sehat.
  5. Cara memahami bahasa-bahasa finansial dalam bisnis.
  6. Cara memahami laporan keuangan secara cepat.
  7. Cara mengantisipasi dan menangani krisis finansial dalam bisnis Anda.
  8. Cara menganalisa jenis bisnis yang akan menciptakan kekayaan.
  9. Cara membaca dan menggunakan angka-angka untuk mencegah kerugian.
  10. Cara cepat melihat kebocoran bisnis.
  11. Strategi mengatasi masalah keuangan perusahaan.
  12. Strategi mendapatkan keuntungan yang besar.
  13. Strategi menghasilkan keadaan keuangan yang lebih baik.
  14. Satu lembar alat bantu khusus dalam mengelola bisnis.
  15. Aspek fundamental dalam membangun bisnis.
  16. Tanda bahaya yang dapat melumpuhkan bisnis Anda.
  17. Parameter untuk melihat gambaran besar sebuah perusahaan.
  18. Transaksi-transaksi fundamental dalam bisnis.

Dan masih banyak lagi insight pengelolaan keuangan bisnis yang Anda perlukan untuk mengambil keputusan dan bentuk tindakan yang harus Anda lakukan agar bisnis tumbuh eksponensial.

Bicara pertumbuhan bisnis eksponensial, seringkali saya melihat banyak teman-teman business owner yang menargetkan bisnisnya tumbuh 10x lipat. Tapi, kalau revenue naik 10x, dan biayanya juga naik 10x, percuma dong?

Terus memangnya untuk meningkatkan omset 10x, modalnya dari mana ya? Tenang, saya kasih Anda satu lagi insight tentang bagaimana menghitung kebutuhan modal yang mendukung target omset Anda, serta membandingkan beberapa pilihan terbaik berdasarkan hitungan dan analisa tadi.

Silahkan Anda bisa mendownload file hitungannya di sini.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download