Kelebihan Software Akuntansi Online Dalam Bisnis

by | Nov 29, 2020 | Akuntansi, Bisnis | 0 comments

Apa peran software akuntansi online pada perusahaan? Setiap bagian di suatu perusahaan memiliki peranan yang penting demi kelancaran dan keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Salah satu bagian yang berperan penting adalah bagian keuangan.

Jika Anda bekerja sebagai seorang akuntan atau bekerja di bagian keuangan, pasti selalu berkutat dengan hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi. Tidak jarang, hal-hal tersebut membuat Anda kebingungan dan kerepotan. Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan, saat ini sudah tersedia banyak software akuntansi dengan kelebihan masing-masing.

Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk membantu dan meringankan pekerjaan bagian keuangan dalam mengelola hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi. Ada 3 jenis software akuntansi yang umum digunakan oleh bagian keuangan perusahaan, di antaranya:

Software Akuntansi Custom

Software akuntansi custom (customize) adalah aplikasi akuntansi yang dirancang berdasarkan keinginan perusahaan dengan vendor IT melalui perjanjian dan prosedur tertentu.

Kelebihan dari software ini adalah dapat disesuaikan dengan proses bisnis dan sistem operasional yang dijalankan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sementara itu, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merancangnya dan tidak diperjualbelikan secara bebas.

Software Akuntansi Offline

Software akuntansi offline (desktop) adalah aplikasi akuntansi yang terpasang di komputer dengan cara menginstalasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang selalu berada di kantor atau jarang melakukan perjalanan bisnis.

Kelebihan dari software ini adalah dalam pengoperasiannya, software ini tidak membutuhkan jaringan internet sehingga Anda tetap dapat meng-input data. Data-data yang ada akan dan sudah tersimpan di dalam harddisk internal. Selain itu, performa software akan semakin baik jika dipasangkan di komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sementara itu, software akuntansi offline juga memiliki kekurangan, seperti tidak dapat diakses untuk jarak jauh. Kalaupun dapat diakses, Anda harus melakukan pengaturan yang cukup rumit terlebih dahulu, mengirimkan data-data yang diperlukan via email, atau mentransfernya ke flashdisk yang rentan mengalami masalah. Selain itu, software ini juga tidak dapat di-share secara bebas karena vendor sudah menguncinya dengan nomor seri yang berbeda antara program yang satu dengan program yang lain untuk setiap komputer.    

Software Akuntansi Online

Software akuntansi online (web based) adalah aplikasi akuntansi yang tidak perlu diinstalasi di komputer sebelum digunakan. Software ini sangat cocok digunakan oleh akuntan yang sering melakukan perjalanan bisnis.
Berikut definisi web based menurut techopedia

Baca juga: Karakteristik Laporan Keuangan Yang Baik Bagi Perusahaan

Kelebihan Software Akuntansi Online

Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan software akuntansi online (web based) karena dianggap lebih fleksibel dan lebih praktis. Anda dapat menggunakannya di mana saja dan kapan saja melalui laptop atau smartphone dengan memanfaatkan jaringan internet. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang akan Anda, di antaranya:

  1. Dapat diakses tanpa harus menggunakan laptop atau smartphone dengan spesifikasi tinggi.
  2. Dapat mengatur sistem keuangan dengan menggunakan berbagai perhitungan. Nantinya, perhitungan-perhitungan tersebut akan dilakukan secara otomatis oleh software akuntansi online yang Anda gunakan.
  3. Dapat mengawasi dan mengontrol seluruh pemasukan dan pengeluaran karena pengelolaan data dilakukan secara real time.
  4. Dapat meng-input jumlah maksimal dari ambang pengeluaran sehingga Anda akan lebih mudah saat mengelola keuangan.
  5. Dapat memantau pengelolaan data secara real time sehingga Anda tidak perlu berhadapan dengan komputer kantor, apalagi saat harus melakukan perjalanan bisnis.
  6. Dapat meng-update pemasukan dan pengeluaran secara real time. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalkan pengeluaran yang berlebih.

Manfaat Software Akuntansi Online

Mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa seorang akuntan atau orang yang bekerja di bagian keuangan hanya perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan untuk dijadikan laporan keuangan. Padahal, pekerjaan seorang akuntan tidaklah demikian. Banyak hal yang berhubungan dengan Akuntansi harus dikerjakan secara detail karena akan digunakan sebagai penentu langkah bisnis selanjutnya.

Untuk membantu dan meringankan pekerjaan akuntan, saat ini tersedia berbagai software akuntansi online dengan kelebihan masing-masing. Anda dapat menggunakan software yang memang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan software akuntansi online dapat memberikan beberapa manfaat untuk Anda, di antaranya:

  1. Data Lebih Akurat Sehingga Dapat Dijadikan Acuan Yang Tepercaya

Data-data akuntansi yang Anda masukkan dengan menggunakan software akuntansi online akan lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan software akuntansi offline. Dengan begitu, data-data tersebut dapat dijadikan acuan yang tepercaya dalam menentukan langkah-langkah bisnis selanjutnya.

2. Lebih Hemat Waktu

Umumnya, software akuntansi online sangat mudah digunakan. Dengan begitu, proses pengelolaan data yang dilakukan oleh akuntan perusahaan dapat lebih cepat dikerjakan.

3. Lebih Mudah Mengerjakan Berbagai Pekerjaan Akuntansi

Software akuntansi online memiliki tampilan yang ramah sehingga mudah dipelajari dan digunakan. Anda akan lebih mudah memisahkan jenis-jenis pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan begitu, laporan keuangan yang Anda buat akan tersusun secara sistematis dan lebih rapi.

4. Sistem Keamanan Yang Terlindungi

Saat ingin menggunakan software akuntansi online, mungkin timbul keraguan tentang keamanannya. Anda khawatir data-data yang dimasukkan akan hilang atau diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, pihak penyedia software sudah memasang sistem keamanan yang baik sehingga data-data perusahaan Anda akan sangat terlindungi.

5. Selalu Diperbarui Dan Relevan

Peraturan tentang regulasi keuangan perusahaan memang dapat berubah kapan saja. Hal ini tentu membuat para akuntan sering merasa kerepotan. Dengan menggunakan software akuntansi online, Anda dan akuntan lainnya tidak akan kerepotan lagi karena software yang digunakan akan selalu diperbarui dan relevan dengan situasi yang sedang terjadi.

Baca juga: Pentingnya Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas Pada Perusahaan

Saat ini, banyak software akuntansi online dengan kelebihan masing-masing yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Seperti Finata, dengan menggunakan Finata kita dapat dengan mudah menginput atau mencatat transaksi kita dan mendapatkan laporan keuangan secara otomatis. Selain itu, dengan Finata kita akan mendapatkan hasil analisa laporan keuangan kita dalam bentuk informasi yang mudah dipahami. Sehingga selain pencatatan keuangan rapi, juga menambah wawasan kita tentang kondisi keuangan pada bisnis kita.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.