Kas kecil: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

by | Mar 16, 2021 | Akuntansi, Keuangan | 0 comments

Manajemen keuangan merupakan unsur yang sangat penting di dalam perusahaan berskala kecil atau skala besar. Karena dengan manajemen keuangan yang baik, maka prospek dari sebuah bisnis akan terlihat dengan jelas.

Selain itu dengan manajemen keuangan yang baik perkembangan perusahaan juga dapat diketahui dengan tepat, termasuk penggunaan kas kecil atau bisa disebut pretty cash.

Sistem yang tepat adalah hal yang dibutuhkan untuk membangun manajemen keuangan yang baik. Termasuk sistem yang sesuai dengan regulasi atau budaya di dalam perusahaan tersebut.

Terkait dengan sistem ini, terdapat banyak unsur sistematik yang digunakan untuk mengelola manajemen keuangan. Salah satunya adalah pengaturan arus kas yang benar.

kas-kecil-petty-cash

Pengertian Kas Kecil

Apa itu kas kecil? Kas kecil atau petty cash adalah dana yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan nominal yang relatif kecil. Contoh mudahnya adalah dana konsumsi untuk rapat.

Berbisnis tidak akan selalu mengeluarkan biaya yang besar. Seringkali nominal yang dikeluarkan oleh pebisnis itu tidak seberapa tetapi jumlahnya bisa terlampau banyak. Transaksi bernominal kecil dan banyak ini harus dicatat dengan baik, benar dan detail agar akuntan dapat melakukan analisis dengan baik.

Nah pembukuan yang berisi catatan dari transaksi kecil ini disebut dengan kas kecil atau petty cash. Kas kecil ini bisa menjadi patokan dari perusahaan saat akan melakukan pembayaran biaya operasional.

Kas kecil biasanya dikelola oleh staff keuangan perusahaan yang masih pemula. Tujuannya agar mereka bisa belajar dan terbiasa membuat neraca dengan baik dari sistem kalkulasi yang sederhana.

Tujuan Pembuatan Kas Kecil

Kas kecil sendiri memiliki beberapa kegunaan tertentu. Adapun kegunaan lain dari kas kecil adalah sebagai berikut :

  1. 1
    Mempercepat Penentuan Kebijakan insidental dan klaim dari atasan yang membutuhkan dana secara mendadak.
  2. 2
    Menangani masalah perlengkapan usaha di dalam perusahaan dan beberapa divisi yang membutuhkan.
  3. 3
    Mempermudah pembayaran untuk transaksi dengan jumlah kecil yang mendadak.
  4. 4
    Meringankan pekerjaan karyawan untuk memberikan respon kepada konsumen dan relasi bisnis.

Manfaat Kas Kecil

Selain tujuan sebelumnya, kas kecil juga memiliki manfaat-manfaat yang lain. Manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. 1
    Mempermudah akuntan dalam proses pencatatan keuangan.
  2. 2
    Mempermudah dalam mengeluarkan dana darurat untuk perusahaan.
  3. 3
    Meningkatkan kualitas dalam melayani konsumen dan relasi.

Metode Pencatatan Kas Kecil

Untuk mengelola setiap unsur manajemen keuangan perusahaan diperlukan metode-metode khusus. Tanpa terkecuali yang terkait dengan pencatatan petty cash. Pencatatan kas kecil juga membutuhkan metode-metode atau cara-cara pencatatan tertentu. Ini dia metode-metode tersebut:

Mengelola manajemen keuangan perusahaan sangat penting akan tetapi memerlukan metode khusus untuk setiap divisinya. Kas kecilpun memiliki metode khusus dalam sistem pencatatannya. Metode khusus tersebut adalah sebagai berikut:

– Metode Tetap

Metode tetap atau Imprest Fund System adalah metode pembukuan kas kecil yang memiliki jumlah nominal yang selalu sama. Biasanya ini terjadi karena jumlah dana pengeluaran dan pemasukan memiliki jumlah yang sama. Karena itu saldo di dalam kas kecil jumlahnya selalu tetap.

 

– Metode Fluktuasi

Metode fluktuasi adalah metode pembukuan kas kecil yang jumlah nominalnya selalu berubah. Metode ini merupakan kebalikan dari metode tetap karena metode ini terjadi karena adanya ketimpangan antara pengeluaran dan pemasukan. Jumlah pengeluaran dan pemasukan dalam metode ini tidak sama, dimana pemasukan bisa lebih banyak dari pengeluaran atapun sebaliknya.

Laporan kas kecil dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani.

Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday