Karakteristik Laporan Keuangan Yang Baik Bagi Perusahaan

by | Oct 27, 2020 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

Dalam membuat laporan haruslah memenuhi karakteristik laporan keuangan yang baik agar pihak manajemen bisa memberikan keputusan yang tepat terkait menjalankan roda perusahaan. Perkembangan perusahaan akan menjadi penentu keberhasilan sebuah bisnis namun semua itu membutuhkan analisis dan laporan yang baik agar bisa membuat rencana baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Laporan keuangan yang baik dan update menjadi penentu agar setiap rencana perusahaan dapat direalisasikan dengan maksimal dan sesuai harapan semua pihak.

Keuntungan Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang berupa informasi dalam satu periode terkait gambaran keuangan tersebut memberikan keuntungan diantaranya adalah:

  1. Gambaran pelaksanaan bisnis yang sudah dikerjakan selama ini.
  2. Media informasi bagi pihak dalam perusahaan maupun pihak di luar perusahaan.
  3. Gambaran dan evaluasi yang sudah dikerjakan di tahun-tahun sebelumnya dan pencapaian yang sudah diraih selama ini sehingga akan menjadi rencana pengembangan perusahaan di masa yang akan datang.

Karakteristik Laporan Keuangan Yang Baik

Besarnya manfaat laporan keuangan yang tidak hanya untuk pihak internal namun juga bagi pihak eksternal maka laporan keuangan haruslah dibuat dengan sebaik-baiknya. Seperti apakah karakteristik laporan keuangan yang baik, diantaranya adalah harus memenuhi kriteria berikut ini.

  1. Bisa Dipahami

Laporan keuangan yang berisi informasi harus dibuat dengan standar yang baik dan detail agar setiap yang membacanya bisa memahami maksud dari laporan tersebut. Laporan dibuat lebih transparan sehingga bagi penentu kebijakan dapat membuat keputusan yang tepat terkait kinerja perusahaan dalam satu periode.

  • Tepat Guna

Laporan keuangan yang dibuat diharapkan bisa menjadi penentu setiap kebijakan bagi penentu keputusan sehingga bisa menganalisa kinerja di masa lalu dan membuat rencana di masa yang akan datang. Informasi keuangan haruslah tepat guna sehingga prediksi untuk menjalankan perusahaan dapat dibuat lebih akurat dan bisnis perusahaan tingkat perkembangannya bisa semakin baik.

  • Bisa Menjadi Bahan Perbandingan

Laporan keuangan yang dibuat sesuai dengan standar akuntansi sangat bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Pihak manajemen harus bisa membandingkan dan mengevaluasi setiap kinerja perusahaan terutama di masa lalu baik bulan maupun tahun yang sudah dilalui. Kinerja perusahaan sudah sesuaikah dengan harapan perusahaan atau belum.  Posisi keuangan pun bisa dibandingkan tidak hanya di dalam perusahaan namun juga akan lebih baik jika ada perbandingan dengan laporan keuangan lainnya. Manfaatnya bisa menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan perusahaan jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis sudahkah selama ini bisa bersaing. Bersaing baik dalam kinerja maupun memberikan kesejahteraan yang lebih baik pada setiap karyawan.

  • Andal/Dapat Dipercaya

Informasi yang dibuat dalam laporan keuangan haruslah berisi laporan yang benar dan dibuat transparan sehingga kondisi perusahaan bisa diketahui dengan baik terutama oleh internal perusahaan.  Apabila laporan yang dibuat tidak andal akan berakibat fatal bagi penentu keputusan dan arah kebijakan perusahaan tidak bisa dibuat dengan baik sehingga pada akhirnya akan merugikan banyak pihak. Andalnya informasi yang dibuat akan dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti:

  • Lengkap

Informasi yang dibuat haruslah lengkap sehingga laporan bisa dibaca dengan baik. Semakin lengkap laporan keuangan akan membuat arah kebijakan perusahaan bisa dipertanggungjawabkan. Ada baiknya dalam penyajian laporan dibuat dengan standar yang ada di perusahaan tersebut sehingga laporan yang ada akan memberikan informasi yang sesuai dengan harapan semua pihak.

  • Dibuat Dengan Jujur

Laporan haruslah dibuat dengan jujur dan baik, setiap transaksi dibuat dan dilaporkan jangan sampai ada beberapa transaksi yang disembunyikan atau ditutup-tutupi. Jika ada transaksi yang tidak dilaporkan maka akan berakibat pada kondisi keuangan perusahaan, tidaklah sesuai dengan kenyataannya.

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Analisis Rasio Solvabilitas Untuk Menilai Kinerja Perusahaan

  • Netral

Membuat informasi pada laporan harus sesuai dengan standar laporan jangan sampai laporan dibuat berdasarkan pesanan pihak tertentu. Laporan yang dibuat untuk tujuan tertentu akan membuat sebagian pihak yang mendapatkan keuntungan namun di sisi yang lain ada pihak yang dirugikan. Pada akhirnya perusahaan pun menjadi tidak sehat.

  • Adanya Suatu Pertimbangan Yang Baik

Adakalanya saat membuat laporan keuangan Anda mengalami kesulitan mengungkap dan menyampaikan laporan, sehingga unsur kehati-hatian membuat Anda harus menyusun laporan dengan pertimbangan yang lebih matang. Anda berharap laporan tidak hanya penyajian di atas kertas namun ada kebaikan yang bisa dirasakan manfaatnya dari suatu laporan keuangan yang dibuat tersebut.

Saat membuat laporan keuangan tidak hanya sesuai dengan ketentuan akuntansi maupun standar yang ada di perusahaan. Laporan haruslah dibuat sesuai dengan karakteristik laporan keuangan yang baik agar laporan bisa memberikan manfaat dan efek yang baik bagi perkembangan perusahaan. Semakin berkembang perusahaan akan menjadi harapan bagi semua pihak sehingga kesejahteraan pihak di dalam perusahaan bisa semakin diperbaiki.

Laporan keuangan yang baik dan sesuai standar akuntansi dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Referensi:

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download