Jurnal Khusus: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

by | Jun 9, 2021 | Akuntansi | 0 comments

jurnal-khusus

Dalam membuat laporan akuntansi, seorang akuntan akan membuat berbagai jenis laporan keuangan. Salah satu laporan keuangan tersebut adalah jurnal khusus. Jurnal khusus ini memiliki fungsinya sendiri dan berbeda dari jurnal umum. Sebelum kita membahas perbedaannya, ada baiknya kalau kita mulai dari pengertian jurnal khusus terlebih dahulu.

Pengertian Jurnal Khusus

Secara singkat, jurnal khusus adalah jurnal yang berisikan semua jenis jurnal kecuali jurnal umum. Jurnal khusus dibuat dan digunakan untuk mencatat bukti transaksi keuangan dari transaksi-transaksi tertentu yang berisi informasi penting.

Pencatatan dalam jurnal khusus dilakukan agar catatan tersebut tidak memenuhi buku besar dengan cepat. Isi catatan dari jurnal khusus ini akan dipindahkan ke dalam buku besar secara berkala secara ringkas.

Catatan dalam jurnal khusus dibuat untuk memudahkan perusahaan dalam mencatat transaksi yang sejenis dan mencari data transaksi yang diperlukan. Sehingga tidak akan ada lagi kesalahan pencatatan pada saat penyajian laporan keuangan.

Manfaat Jurnal Khusus

Jurnal khusus memiliki manfaat yang diperlukan oleh perusahaan, beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mempermudah dalam membagi pekerjaan

Dalam jurnal umum, membagi pekerjaan sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan jurnal umum mencatat semua transaksi dalam satu jurnal.

Namun, hal ini berbeda dengan jurnal khusus. Dengan menggunakan jurnal khusus, proses pembagian pekerjaan menjadi lebih mudah karena setiap transaksi dicatat ke dalam beberapa jenis jurnal yang sesuai dengan transaksinya.

Hal ini dapat membantu perusahaan besar dalam menangani jumlah transaksi yang sangat banyak, sehingga setiap jurnal dapat dikerjakan oleh satu orang dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

2. Mempermudah dalam pemindahan data ke buku besar

Pemindahan data transaksi ke buku besar akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan jurnal khusus ini.

3. Pengendalian internal

Dengan adanya beberapa jurnal dan setiap akuntan menangani satu atau dua buah jurnal saja, maka pengendalian internal di dalam perusahaan akan menjadi lebih baik. Hal ini bertentangan dengan akuntan yang menangani semua jurnal karena akan menjadi tidak efisien dan sulit.

Jenis Jurnal Khusus

Jurnal khusus dibagi menjadi 4 jenis jurnal yang memiliki fungsi sendiri dan setiap jurnal memiliki peranan penting dalam perusahaan.

1. Jurnal Khusus Pembelian

Jurnal ini merupakan jurnal yang dibuat khusus untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang yang terjadi di perusahaan. Selain itu jurnal ini juga mencatat setiap pembelian yang dilakukan secara kredit.

2. Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal ini merupakan jurnal yang dibuat khusus untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan barang yang terjadi di perusahaan. Selain itu jurnal ini juga mencatat setiap penjualan yang dilakukan secara kredit.

3. Jurnal Khusus Penerimaan Kas

Jurnal ini merupakan jurnal yang dibuat khusus untuk mencatat semua penerimaan tunai baik berupa cek atau kas. Buku ini juga mencatat transaksi yang masuk mulai dari penerimaan piutang, penerimaan uang dari penjualan tunai, dan lainnya.

4. Jurnal Khusus Pengeluaran Kas

Jurnal ini merupakan jurnal yang dibuat khusus untuk mencatat semua pengeluaran tunai baik berupa cek atau kas.

Jurnal khusus dibuat dengan menggunakan cara yang tepat dan akurat dibutuhkan pemahaman serta analisa mendalam. Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dalam sistem perjurnalan, Finata siap membantu dan membimbing Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Finata menyediakan beragam aplikasi software keuangan yang mudah dan user friendly.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday