Ilmu Akuntansi dan Peranannya untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis

by | Feb 19, 2021 | Akuntansi | 0 comments

ilmu-akuntansi

Ilmu Akuntansi (accounting) sangat dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Ada banyak cerita sukses pebisnis dikarenakan memiliki latar belakang accounting, atau sukses karena mau belajar dan memahami ilmu accounting. Peran akuntansi ini tentu sebagai pengelolaan keuangan bisnis.

Tidak hanya bisnis saja, akuntansi juga sangat membantu untuk menata keuangan pribadi dan keuangan keluarga. Jika dalam pikiran kita menganggap akuntansi itu sulit, maka secara tidak sadar menginstruksikan kepada otak kita akan sulitnya menata keuangan dengan baik dan benar.

Untuk bisa mengerti dan paham akuntansi sangat mudah sekali sebenarnya. Sepanjang kita mempunyai kemauan dan kesadaran bahwa betapa pentingnya menata atau mengelola keuangan.

Cara yang mudah untuk memahami akuntansi dan menerapkannya dalam pengelolaan keuangan bisnis yakni dengan memahami persamaan dasar akuntansi. Inilah yang menjadi kunci untuk mengetahui sistem pengelolaan keuangan bisnis.

2 Komponen Penting dalam Pengelolaan Keuangan Bisnis sesuai Ilmu Akuntansi

Menurut persamaan dasar akuntansi, dalam mengelola keuangan maka ada dua komponen penting yang perlu Anda perhatikan:

– Komponen Penggunaan Dana

Komponen ini menyangkut penggunaan sumber dana untuk dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Misalnya dalam bentuk kas dan setara kas, sewa dibayar di muka, pengadaan persediaan barang, dan pengadaan aset tetap maupun aset tidak berwujud. Yang mana di dalam ilmu akuntansi, semua komponen ini dinamakan aset atau kekayaan bisnis.

– Komponen Sumber Dana

Komponen ini menyangkut penyediaan sumber dana untuk mendukung kegiatan bisnis, yang mana sumbernya bisa berasal dari pinjaman pihak ketiga. Di dalam ilmu akuntansi disebut sebagai hutang atau liabilitas. Serta sumber dana yang berasal dari setoran modal pemilik bisnis, yang mana dalam akuntansi disebut dengan modal atau ekuitas.

Dengan begitu, di dalam menjalankan kegiatan akuntansi ini maka setiap kali terjadi transaksi keuangan akan berpengaruh pada kedua komponen tersebut. Baik itu berpengaruh pada satu komponen saja, atau berpengaruh pada kedua komponen sekaligus yang ada di dalam persamaan dasar akuntansi.

Contoh Perhitungan Aset, Modal dan Hutang Berdasarkan Ilmu Akuntansi

Apabila kita akan memulai bisnis dengan menyetorkan modal dari uang sendiri sebesar Rp. 25.000.000. Maka berdasarkan persamaan dasar akuntansi akan dicatat sebagai berikut:

ilmu akuntansi

Atau jika dicatat dalam jurnal sebagai berikut:

ilmu akuntansi

Selanjutnya, pada saat bisnis telah berjalan ternyata membutuhkan perangkat laptop untuk membantu kegiatan bisnis. Maka dibeli laptop seharga Rp 10.000.000,- secara kredit.

Dengan begitu, persamaan dasar akuntansinya akan menjadi sebagai berikut:

ilmu akuntansi

Maka, dapat kita peroleh nilai total aset adalah sebesar Rp 35.000.000,-, dan total hutang ditambah modal sebesar Rp 35.000.000,-.

Nah, sekarang coba cek perhitungan total aset dan total hutang ditambah modal dari bisnis Anda. Untuk mengetahui secara detail perhitungannya, serta pengelolaan keuangan bisnis yang meliputi penginputan dan analisa data-data transaksi maupun laporan keuangan, Anda bisa mempelajarinya di pelatihan Melek Finansial Bisnis.

Salah satu pelatihan online yang bisa Anda ikuti adalah tentang Scale Up Bisnis melalui Manajemen Keuangan (MELFINA), yang terdiri dari 21 video pelatihan dan bonus penggunaan Paket Startup Finata selama 1 bulan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.