Ide Bisnis untuk Karyawan

by | Jan 10, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Memiliki bisnis sampingan untuk karyawan tidak ada salahnya. Ada banyak ide bisnis untuk karyawan yang bisa dikerjakan meski memiliki pekerjaan sehari-hari.

Apakah Anda bermimpi memulai bisnis suatu hari dan berharap untuk menumbuhkan bisnis sampingan Anda menjadi pekerja penuh waktu atau ingin menambah penghasilan Anda atau mengejar passion berbisnis?

Jika Anda ingin mencari ide bisnis sampingan dapat tumbuh menjadi bisnis yang berkembang pesat, berikut ini adalah ulasannya untuk Anda.

Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

1. Jual  Pakaian dan Barang Bekas

Pakaian Anda sudah tidak lagi muat untuk dikenakan? Jangan buang pakaian atau barang yang sudah tidak lagi muat untuk Anda. Jika barang tersebut dirasa masih dalam kondisi yang cukup baik, juallah!

Menjual kembali barang-barang lama adalah cara yang efisien untuk membersihkan barang yang Anda tidak lagi pakai.

Tergantung pada jumlah dan kualitas pakaian Anda, sumber pendapatan semi-pasif ini bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat menguntungkan. Banyak orang yang telah menghasilkan hampir 500 ribu rupiah dengan menjual barang-barang desainer lama pada marketplace ternama.

Melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Anda dengan mudah bisamenjual pakaian, sepatu, perhiasan, dan aksesoris yang tidak lagi Anda gunakan. Jika Anda ingin menjual lebih dari sekadar pakaian dan aksesori, pertimbangkan menjual di Shopee atau menjadi penjual Tokopedia.

Membuka dan mengelola toko di kedua platform membutuhkan sedikit pekerjaan, tetapi selama Anda beroperasi dalam pedoman platform, Anda dapat menjual hampir apa pun yang Anda inginkan  dan Anda mungkin menjadi salah satu dari sedikit penjual yang menghasilkan lebih  1 juta di kedua platform belanja online tersebut.

2. Jual Barang-barang Asli di Artsy.net

Ide bisnis sampingan yang bagus jika Anda seorang perajin, pembuat, atau pengrajin. Dapatkan uang dari barang unik Anda dengan membuka toko Artsy, sebuah platform yang benar-benar ada untuk membantu materi iklan terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia (meskipun Anda dapat menjual barang-barang vintage dan bekas di platform ini juga).

Menjual barang-barang kerajinan Anda di Artsy.net adalah ide bisnis yang ideal saat Anda mengerjakan pekerjaan harian Anda, tetapi dengan banyak kegigihan dan fotografi produk yang sangat baik, juga memungkinkan untuk mencari nafkah dengan berjualan di Artsy.net.

Baca juga : Ide Bisnis Makanan

Namun, setelah Anda mulai mengumpulkan traffic yang sehat di Artsy.net, disarankan untuk membangun toko e-niaga mandiri di Shopee atau platform e-niaga lainnya dan menjual pada kedua platform secara bersamaan.

Dengan begitu, Anda dapat memegang kendali penuh atas branding, hubungan pelanggan, dan manajemen toko Anda. Memanfaatkan aliran pendapatan lain dalam hal ini, pastinya akan lebih baik.

3. Menjadi Tutor

Apakah Anda seorang guru honorer yang mencari aliran pendapatan tambahan, seorang mahasiswa pascasarjana yang membutuhkan banyak biaya untuk membayar tagihan kuliah atau jika Anda hanya unggul dalam mata pelajaran tertentu dan memiliki IPK untuk membuktikan itu, maka les bisa menjadi  sisi bermanfaat bagi Anda.

Anda dapat memilih apakah akan membangun layanan les secara atau Anda dapat mencari agen les di daerah Anda. Anda dapat bertanya dengan sekolah atau Googling untuk  mengetahui  layanan yang membutuhkan jasa tutor.

Tutor yang sukses berspesialisasi dalam mata pelajaran tertentu atau pengujian standar. Jadi, pastikan untuk menyisihkan beberapa jam seminggu untuk memoles keahlian Anda dan untuk buat rencana pelajaran.

Les dapat menjadi salah satu ide bisnis sampingan yang paling menguntungkan dalam daftar ini, dan tentunya memiliki potensi untuk menjadi pekerjaan penuh waktu.

Rata-rata, tutor pribadi mengenakan biaya hingga Rp 50.000 per jam, atau lebih tinggi hingga Rp 100.000 jika Anda bekerja di agen atau pusat pembelajaran.

Tetapi tutor di agensi yang elit, atau tutor yang bekerja di daerah berpenghasilan tinggi, dapat mengenakan biaya lebih dari Rp. 200.000 per jam.

Jika Anda ingin berusaha sendiri tanpa bantuan agensiAnda harus melakukan riset pasar untuk menentukan berapa banyak Anda dapat membebankan biaya yang wajar untuk layanan Anda.

4. Mulai Bisnis Dropshipping

Ide bisnis untuk karyawan sebagai sampingan adalah dengan menjadi dropshipper. Dropshipping adalah ide bisnis sampingan yang masih menjadi bagian dari e-commerce.

Sebagai dropshipper, Anda bisa menjual produk ke pelanggan yang dikirim langsung dari produsen atau pemasok. Saat ini, hampir 33% toko online memenuhi pesanan melalui dropshipping, dan ketika industri e-commerce tumbuh 17% setiap tahun, dropshipping juga diperkirakan akan mendapatkan popularitas.

Kebanyakan orang yang memulai bisnis online pertama melalui toko online tidak memiliki banyak uang untuk membeli banyak produk atau ruang untuk menyimpan produk yang ingin mereka jual secara online.

Baca juga : Ide Bisnis Rumahan

Di sinilah keuntungan menjadi seorang dropshipper, Anda akan menghemat banyak uang. Dropshipper sejati hanyalah pedagang yang menawarkan dropshipping.

Anda hanya perlu menemukan dropshipper yang ingin Anda ajak bekerja sama (orang yang memiliki produk yang ingin Anda jual).

Mereka kemudian akan memberi Anda akses ke gambar produk sehingga Anda dapat mempostingnya di situs web, lelang, blog, atau bagaimanapun Anda berencana untuk jual secara online.

Ketika pelanggan memesan produk, Anda kemudian memesan produk dari pedagang grosir tersebut dan Anda bisa mengirimkannya ke pelanggan Anda.

Anda tidak perlu membeli stok inventaris yang mungkin tidak dapat dibeli sama sekali. Dengan dropshipping, pedagang memesan dari pemilik toko atau produsen ketika pelanggan sudah membeli produk. Ini mengurangi beban; pada saat yang sama, sedikit usaha bagi pemilik toko untuk menemukan pelanggan.

Dengan eCommerce, dropshipping akan lebih sedikit melakukan pengeluaran karena mereka hanya membayar untuk produk yang sudah dijual. Bermitra dengan pembeli grosir terkemuka juga  meningkatkan keuntungan dengan situasi yang saling menguntungkan bagi Anda.

5. Dapatkan Uang dari Saluran Media Sosial Anda Sendiri

Rata-rata, sebuah posting Instagram yang disponsori dapat membayar antara Rp. 500.00 – Rp 5.000.000.000 per hari tergantung pada seberapa “berpengaruh” influencer tersebut.

Menjadi influencer media sosial belum tentu merupakan sumber pendapatan yang dapat diandalkan, terutama karena akan membutuhkan waktu dan dedikasi untuk menemukan niche Anda.

Namun Anda bisa mengembangkan kepribadian Anda, dan membangun follower Anda. Branding diri Anda untuk mendapatkan banyak pengikut dan jadilah seorang influencer sehingga menghasilkan uang dari sosial media Anda.

6. Menjadi Konsultan SEO

Strategi SEO juga penting untuk skema pemasaran bisnis kecil yang sukses, tetapi memahami SEO mungkin lebih menarik daripada memakukan kehadiran media sosial yang kuat.

Jadi jika Anda memiliki keahlian di search engine optimization atau SEO, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi seorang ahli SEO freelance untuk pemilik usaha kecil sebagai bisnis sampingan.

Sebagai  konsultan SEO, bisnis ini sangat diminati sekarang, Anda dapat membebankan biaya yang cukup baik untuk layanan Anda; rata-rata, konsultan SEO dapat menghasilkan hingga 2 jutaan  per jamnya.

Apakah ide bisnis untuk karyawan terlalu sulit? Jika Anda kesulitan dalam melakukan pencatatan keuangan Anda, tenang saja! Ada software akuntansi bernama Finata yang siap untuk mengatur keuangan Anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis - 7 kesalahan fatal pebisnis

Download