Fungsi Menu Komposit untuk Bisnis Dagang dan Bisnis Manufaktur

by | Feb 20, 2021 | Bisnis | 0 comments

fungsi-menu-komposit

Perlu Anda ketahui, Finata sebagai satu-satu software pembukuan dan diagnosis keuangan bisnis terlengkap berbasis web cloud memiliki Menu Komposit yang mempermudah Anda dalam pengolahan barang baku menjadi barang jadi yang siap jual.

Jika melihat dari fungsinya tersebut, tentu Anda langsung teringat dengan proses pengolahan barang baku pada bisnis manufaktur, bukan? Itulah mengapa menu yang satu ini sangat cocok digunakan untuk bisnis produksi.

Namun, ternyata Menu Komposit yang ada di Menu Data Master Finata ini juga bisa digunakan untuk bisnis café dan resto yang memerlukan pengelolaan stok dan menghitung besaran harga pokok produk yang dijualnya. Hal ini mempermudah Anda untuk mengetahui jumlah stok yang digunakan maupun yang tersisa di setiap periodenya.

Begitu pun pada perusahaan dagang lainnya yang ingin mempercepat perputaran persediaan barang agar dapat cepat terjual. Hal ini biasanya membuat perusahaan dagang tersebut melakukan program penjualan bundling atas beberapa stok persediaan yang tersedia. Dan dengan harga khusus yang relatif jauh lebih murah apabila dijual secara satuan terpisah.

Dari ketiga proses kegiatan bisnis tersebut, membuat software Finata menghadirkan salah satu Menu Komposit dan Perakitan untuk memudahkan dalam pengelolaan stok maupun mencatat transaksi keuangannya.

Sekilas tentang Menu Komposit Software Finata

 

Menu komposit merupakan gabungan dari beberapa komponen bahan baku. Sebagai contoh, pada bisnis café & resto yang terjadi pengolahan barang baku atau bahan baku seperti daging dan sayuran menjadi produk siap saji yang akan dijual, atau minuman olahan lainnya.

Atau perusahaan konveksi yang perlu melakukan pengolahan barang baku berupa kain, benang dan kancing menjadi pakaian.

Jika perusahaan Anda mengolah atau memproduksi sendiri produk yang dijual, maka fitur komposit ini akan membantu mempermudah Anda dalam mengelola stok maupun dalam mencatat transaksi keuangannya.

Di dalam Software Finata, produk komposit ini terbagi menjadi dua jenis:

– Produk Komposit Tipe Non-inventory

Untuk tipe ini, produk kompositnya tidak langsung dibuatkan proses produksi (dari bahan baku diolah menjadi barang jadi dan disimpan hasil produksi barang jadinya). Contohnya seperti produk makanan di restoran. Karena produk makanan tersebut langsung diolah dan dijual kepada pelanggan, tanpa dilakukan penyimpanan persediaan dahulu.

 

– Produk Komposit Tipe Inventory

Untuk tipe ini, dibuatkan proses produksi dari bahan baku yang diolah menjadi barang jadi, lalu disimpan hasil produksi barang jadinya terlebih dahulu sebelum dijual.

Contohnya seperti perusahaan konveksi. Barang pakaian yang telah diproduksi biasanya disimpan persediaannya di gudang atau toko dahulu sebelum dijual ke pelanggan.

Sampai sini, apakah bisnis Anda termasuk ke dalam jenis usaha yang membutuhkan Fitur Komposit dan Perakitan dalam pengelolaan keuangan?

Pada bisnis manufaktur, fitur komposit ini penggunaannya sepaket dengan Fitur Produksi yang ada di dalam Software Finata. Fitur Produksi berfungsi untuk mempermudah proses pencatatan transaksi untuk mengubah barang bahan baku menjadi barang jadi, dengan menghitung rata-rata biaya produksi berdasarkan harga pokok bahan baku dan update stok dan persediaan secara otomatis.

Jadi, untuk Anda yang sedang mencari software yang bisa mengelola bahan baku menjadi barang jadi secara mudah dan cepat, dan dilengkapi dengan untuk tools cara membaca laporan keuangan bisnis, maka Finata adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa coba free trial secara gratis selama 14 hari dengan mendaftar akunnya di link ini. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday