Select Page

Dalam sebuah bisnis, pengelolaan keuangan sangat penting dilakukan demi menjaga kondisi finansial perusahaan tetap sehat. Manajemen sumber daya moneter ini wajib dimiliki oleh perusahaan skala besar hingga kecil sekalipun. Apabila tidak dijalankan, maka pelaku bisnis yang bersangkutan sangat berisiko mengalami kegagalan, karena mereka tidak bisa memastikan jumlah pemasukan dan pengeluaran yang digunakan.

Daftar Isi: 
1. Pentingnya Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM
2. Pengelolaan Keuangan yang Mudah dan Efektif dengan Finata

Masalahnya, banyak pelaku UMKM yang masih belum paham pentingnya mengelola keuangan dan membuat laporan pembukuan. Bahkan, hasil riset dari MarkPlus Insight pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa 37,5% pelaku UMKM belum melakukan sistem pembukuan bagi bisnisnya.

1. Pentingnya Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM

manfaat aplikasi pengelolaan keuangan

Setidaknya, ada 4 alasan utama mengapa sebagai pelaku UMKM Anda wajib melakukan pengelolaan keuangan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

a. Mencermati Pengeluaran Modal
Manajemen keuangan membantu Anda dalam mencermati setiap pengeluaran. Dengan adanya pencatatan yang baik, Anda bisa lebih mudah mempertimbangkan apakah modal yang akan dikeluarkan untuk membeli aset sebanding dengan apa yang dihasilkan

b. Mengatur Cash Flow

aplikasi keuangan mempermudah cash flow perusahaan

Adanya manajemen finansial juga membantu Anda mengatur cash flow atau aliran kas perusahaan. Dengan demikian, Anda akan selalu memiliki kas yang cukup untuk menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari. Misalnya untuk sewa kantor, menggaji karyawan, membayar tagihan, serta keperluan lainnya.

c. Menekan Pengeluaran
Dengan mengelola keuangan, Anda juga bisa menekan biaya pengeluaran. Misalnya jika bulan lalu laporan keuangan Anda menunjukkan tagihan listrik yang besar, di bulan berikutnya Anda bisa melakukan efisiensi dengan mengurangi penggunaannya.

d. Membantu Perhitungan Pajak
Sebagai pelaku usaha, Anda tentu wajib membayar dan melaporkan pajak secara rutin kepada pemerintah. Nah, pembayaran pajak ini butuh pencatatan dan perhitungan yang baik. Dengan melakukan pengelolaan keuangan, Anda akan lebih mudah menghitung estimasi pajak sehingga bisa mengalokasikan sejumlah dana untuk membayar pajak tepat waktu.

2. Pengelolaan Keuangan yang Mudah dan Efektif dengan Finata

aplikasi pengelolaan keuangan yang mudah dan efektif

Apabila Anda sedang mencari software akuntansi untuk membantu proses pengelolaan keuangan perusahaan, Finata bisa menjadi pilihan tepat untuk menghemat biaya dan waktu berharga Anda. Dengan pengoperasian yang mudah dan praktis, aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa digunakan oleh semua jenis bisnis ini memiliki sejumlah fitur unggulan yang siap membantu Anda mengelola data-data perusahaan, mencatat laporan pemasukan dan pengeluaran, mengelola pajak, memastikan arus kas bisnis tetap stabil, hingga mendiagnosis kesehatan bisnis secara keseluruhan.

Soal keamanan, Anda pun tidak perlu khawatir karena data-data yang tersimpan di dalam sistem Finata senantiasa terjamin keamanannya. Dengan Finata, proses bisnis akan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis. Untuk info selengkapnya klik di sini !