Finansial Tertata untuk Meraih Visi Bisnis

by | Apr 13, 2021 | Bisnis, Laporan Keuangan | 0 comments

Visi bisnis merupakan pernyataan tentang pandangan kedepan mengenai bisnis yang akan dijalani, apa yang menjadi tujuannya, serta apa yang ingin dicapai nantinya. Karena itu visi bisnis merupakan refleksi cita-cita bisnis dimasa beberapa tahun mendatang.

Tujuan suatu bisnis didirikan yaitu untuk dapat memaksimalkan nilai usahanya. Nilai usaha ini tercermin dari besaran aset yang dimiliki. Agar dapat meraih visi bisnis ini tentunya perlu suatu sistem untuk mendukung tercapainya tujuan dari suatu bisnis, salah satunya yaitu dengan mengelola keuangan yang baik.

visi bisnis

Meraih Visi Bisnis Dengan Menggunakan Aset Secara Efektif

Aset merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu bisnis yang sumbernya berasal dari pinjaman pihak ketiga maupun dari modal sendiri. Aset dalam bisnis akan ditujukan untuk mencetak penjualan atau pendapatan. Untuk mengetahui seberapa efektif aset ini digunakan untuk mencetak penjualan akan dapat diukur dari tingkat perputarannya.

Semakin cepat berputar aset tersebut semakin efektif keberadaanya dalam menghadirkan pendapatan. Untuk mengukur kecepatan aset ini berputar maka kita dapat mengukurnya dengan cara membandingkan total penjualan dengan rata rata total aset dalam suatu periode.

Setiap aktivitas didalam mencetak penjualan atau menghadirkan pendapatan ini tentunya akan memerlukan pengorbanan ekonomis. untuk itu bagaimana caranya agar setiap penjualan yang dihasilkan mampu untuk menutup pengorbanan ekonomis atau total biaya yang dikeluarkan baik biaya yang berhubungan dengan produk maupun biaya operasional bisnis lainnya.

Selisih antara penjualan dengan total biaya ini yang disebut dengan profit atau keuntungan.

Rasio Pengembalian atas Penjualan

Mengukur efisiensi bisnis didalam menghasilkan keuntungannya dapat kita lakukan dengan menggunakan indikator keuangan besaran rasio pengembalian atas penjualan, yaitu dengan cara membandingkan laba bersih usaha dengan total penjualan yang terjadi dalam suatu periode.

Semakin besar rasio pengembalian atas penjualan ini menunjukkan semakin efisien bisnis dalam menghasilkan keuntungan. Begitu pula, sebaliknya semakin kecil rasionya menunjukkan semakin kurang efisien bisnis dalam menghasilkan keuntungan.

Selain tingkat keuntungan atau profit yang menjadi ukuran dalam menilai kinerja ada hal yang harus diperhatikan juga dengan besaran arus kas yang ada dalam suatu bisnis.

Bagaimana jadinya apabila bisnis mampu menghasilkan keuntungan atau profit namun kondisi kas yang tersedia dalam bisnis dirasa kurang atau tidak mencukupi untuk menjalankan operasional bisnis? Jika ini terjadi berarti ada masalah dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Setidaknya ada 5 tindakan  yang harus dilakukan pada saat kondisi bisnis profit namun kas yang dihasilkan kurang atau minus.

– Melakukan perubahan kebijakan terkait penjualan dengan cara memperbesar porsi penjualan tunai.

– Melakukan evaluasi kebijakan  piutang usaha maupun hutang usaha.

– Melakukan evaluasi stock yang tersedia.

– Melakukan evaluasi atas pengeluaran modal (CAPEX).

– Mencari sumber dana untuk menutup defisit kas.

Untuk dapat melakukan hal ini tentunya harus mempunyai skill didalam membuat dan membaca laporan keuangan.

Bisnis tidak hanya sebatas mendapatkan profit dari hasil penjualan saja. Membaca laporan keuangan adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan kemampuan ini kita dapat melihat secara detail apa yang sedang terjadi pada bisnis yang sedang dijalani.

Selain dapat membaca laporan keuangan, pengusaha juga diharapkan mampu mengambil keputusan dari hasil membaca laporan keuangan tersebut. Pengambilan keputusan ini sangatlah penting karena akan menjadi acuan untuk perjalanan bisnis kedepannya.

Saat ini software akuntansi sudah menjamur di pasaran internet. Mulai dari berbasis excel, program yang harus diinstal, sampai software berbasis cloud. Setiap jenis basis software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan perkembangan jaman saat ini, software berbasis cloud adalah yang paling diminati karena dapat dibuka dan dilihat dimana saja dan kapan saja selama kita terhubung dengan internet.

Finata merupakan software akuntansi berbasis cloud dengan fitur-fitur terlengkap di dalamnya. Bagaimana tidak, selain karena finata didesain menjadi aplikasi berbasis cloud, finata adalah satu-satunya software akuntansi memiliki fitur diagnosis bisnis. Fitur ini dapat membaca kesehatan bisnis Anda dan membantu anda dalam proses pengambilan keputusan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday