FAKTUR : Pengertian dan Fungsi dan Jenisnya

by | Jun 7, 2021 | Akuntansi, Bisnis, Laporan Keuangan | 0 comments

faktur

Dalam setiap kegiatan bisnis kita selalu menggunakan dokumen-dokumen penting yang menunjang proses bisnis tersebut. Salah satu dokumen penting tersebut adalah faktur. Faktur merupakan dokumen penting dalam proses jual beli yang dilakukan oleh suatu bisnis dalam melakukan usahanya. Namun apa sebetulnya faktur itu? Yuk kita bahas.

Pengertian Faktur

Faktur atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Invoice adalah dokumen bukti tertulis dari penjual kepada pembeli mengenai daftar barang yang dibeli secara lengkap termasuk nama, jumlah, spesifikasi, hingga harga setiap barang dan totalnya.

Faktur biasanya dibuat menjadi dua rangkap, rangkap pertama merupakan faktur yang diterima oleh konsumen sebagai bukti pembelian dan rangkap kedua merupakan faktur untuk penjual sebagai bukti penjualan.

Faktur tidak mempunyai bentuk baku dan setiap perusahaan memiliki bentuk faktur yang berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan, namun secara umum faktur memiliki data-data yang akan dimasukkan ke dalam jurnal sebagai laporan keuangan perusahaan.

Komponen Faktur

Sama seperti dokumen penting lainnya, faktur juga memiliki tanda untuk menunjukan keabsahan dari faktur tersebut. Penanda dari faktur tersebut biasanya meliputi :

– Nomor Faktur

Nomor faktur merupakan nomor unik dalam setiap laporan transaksi. Setiap faktur memiliki nomor yang berbeda-beda.

– Tanggal Faktur

Setiap faktur memiliki kolom tanggal yang berisikan informasi mengenai waktu faktur tersebut dibuat. Terdapat juga informasi mengenai detail pembayaran, durasi kredit, dan tanggal jatuh tempo tagihan apabila pembayaran menggunakan sistem kredit.

– Nama dan Kontak Penjual

Faktur disertai dengan nama dan kontak dari penjual yang bertujuan agar pembeli dapat segera menghubungi penjual apabila terjadi kekeliruan.

– Informasi spesifikasi Produk dan Pengiriman

Dalam faktur terdapat spesifikasi produk mulai dari nama barang, jumlahnya, harga satuannya, hingga harga total dari keseluruhan produk yang dibeli. Faktur juga biasanya disertai dengan informasi pengiriman barang dan biaya pajak terkait.

Fungsi Faktur

Setiap dokumen pasti memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri, termasuk juga faktur. Fungsi dari faktur atau invoice adalah sebagai berikut :

  • Sebagai informasi mengenai rincian barang atau jasa yang dibeli oleh konsumen,
  • Sebagai informasi jumlah tagihan serta termin pembayaran yang harus dibayar konsumen,
  • Sebagai bukti dan acuan bagi konsumen bila melakukan komplain terkait produk yang nilai, spesifikasi, atau jumlahnya tidak sesuai,
  • Sebagai bukti yang sah untuk memasukkan transaksi ke laporan keuangan perusahaan.

Jenis Faktur

Faktur memiliki beberapa jenis yang berbeda tergantung dari kebutuhan dari penggunanya. Namun ada beberapa jenis faktur yang biasa digunakan oleh penjual secara umum, yaitu :

– Faktur Biasa

Merupakan faktur yang umum digunakan dalam transaksi jual-beli sehari-hari. Rincian dari faktur ini sangat sederhana yang mencakup nama kedua pihak yang bertransaksi, alamat pengiriman, nama barang dan jumlah barang yang dijual, harga satuan dan harga total, hingga tanda tangan.

– Faktur Proforma

Berbeda dengan faktur biasa, Faktur proforma adalah faktur sementara yang diberikan oleh penjual kepada konsumen sebelum keseluruhan produk diserahkan kepada konsumen. Faktur ini biasanya dibuat apabila pengiriman barang dilakukan secara terpisah atau bertahap.

Apabila nantinya produk yang dibeli sudah diserahkan semuanya kepada konsumen, maka faktur akan diganti dengan faktur biasa.

– Faktur Konsuler

Faktur ini merupakan yang paling rumit daripada sebelumnya. Faktur konsuler merupakan faktur yang digunakan pada saat melakukan ekspor impor atau perdagangan antar negara.

Faktur ini harus terlebih dahulu mendapatkan legalisasi atau pengakuan dari beberapa pihak seperti perwakilan dari negara tujuan, kantor konsuler, kedutaan besar, dan lainnya.

Isi dari faktur ini sebetulnya hampir sama dengan faktur biasa, namun penggunaan bahasa dalam faktur ini disesuaikan dengan bahasa dari negara asal atau negara tujuan, atau menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Faktur Elektronik

Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, sudah banyak perusahaan atau penjual yang menggunakan faktur elektronik sebagai pengganti faktur pada umumnya. Sama seperti faktur biasa, namun faktur ini dibuat dalam bentuk digital.

Dokumen-dokumen elektronik ini dapat meliputi faktur dan kuitansi, pesanan pembelian, catatan debit dan kredit, ketentuan dan instruksi pembayaran, dan slip pengiriman uang. Faktur digital biasanya dikirim melalui email, halaman web atau aplikasi.

Faktur elektronik ini memiliki kelebihan, yaitu memiliki ketahanan terhadap kerusakan fisik, kemudahan mencari, dan penyortiran nama, istilah, atau tanggal tertentu. Selain itu, faktur elektronik juga mampu meningkatkan kemampuan audit, kemampuan untuk mencetak atau mereproduksi sesuai permintaan, kemampuan untuk pengumpulan data dan intelijen bisnis, serta pengurangan penggunaan kertas.

Pembuatan faktur atau invoice sebetulnya sangat mudah dibuat menggunakan software aplikasi Finata. Selain faktur, aplikasi Finata juga dapat membuat dokumen PO, pembayaran uang muka, laporan keuangan, dan lain-lain. Bahkan aplikasi Finata merupakan satu-satunya aplikasi akuntansi yang dapat memberikan diagnosis kesehatan bisnis Anda.

Yuk tunggu apalagi? Cobain dulu aja, daftar gratis selama 14 hari ko..

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.