Select Page

Transformasi atau perubahan dalam sebuah bisnis adalah hal yang wajar. Bahkan, perusahaan harus mengalami sejumlah transformasi supaya dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Salah satu di antaranya adalah mengalami transformasi di bidang keuangan.

Daftar isi:
1. Perkembangan teknologi
2. Kebutuhan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan
3. Sebagai syarat utama untuk bertahan di tengah perubahan
4. Ingin menjadi yang terdepan

Nah, apa saja faktor-faktor yang mendorong terjadinya transformasi keuangan dalam bisnis? Berikut di antaranya:

1. Perkembangan teknologi

Teknologi mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk cara mengelola bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi, proses produksi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien. Perkembangan teknologi juga berperan dalam terjadinya transformasi keuangan di sebuah perusahaan.

Sebagai contoh, pembayaran masa kini yang semakin tren adalah menggunakan nontunai. Kehadiran sejumlah financial technology (fintech) juga membuka banyak peluang bagi pengusaha untuk mendapatkan modal lewat P2P lending.

2.  Kebutuhan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

 

Pada zaman sekarang, setiap pelaku usaha makin sadar akan pentingnya strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal itulah yang terus diusahakan, termasuk dengan memulai transformasi keuangan. Bukan lagi metode-metode konvensional yang diandalkan, melainkan sistem baru yang lebih responsif, efektif, dan peduli terhadap kebutuhan pelanggan.

Pengalaman pelanggan yang makin baik dan positif akan memengaruhi bisnis yang dikelola. Namun, jika pelanggan tidak menemukan apa yang dicari atau kebutuhannya tidak terpenuhi, mudah baginya untuk pindah ke lain tempat.

3. Sebagai syarat utama untuk bertahan di tengah perubahan

Dunia bisnis saat ini mengalami perkembangan yang makin pesat. Masing-masing pelaku usaha berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama dan terdepan dalam hal memuaskan pelanggan. Perubahan yang terjadi secara global membuat pelaku usaha pun mau tidak mau harus melakukan berbagai transformasi, termasuk di bidang keuangan.

Bisnis yang tetap menggunakan cara-cara lama akan mengalami masalah, bahkan tidak mampu bertahan. Pasalnya, sebagian besar lingkungan pendukungnya telah mengalami perubahan yang siginifikan.

4. Ingin menjadi yang terdepan

Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu strategi yang efektif untuk memimpin perusahaan di tengah persaingan yang kompetitif. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin besar pula peluang untuk menjadi yang terdepan.  Hal ini disebabkan oleh semakin praktisnya proses produksi, banyaknya ragam produk yang dapat dikembangkan, dan adanya kemungkinan penghematan.

Nah, kaitannya dengan binis paling tidak dalam pengelolaan laporan keuangan. Kini, Anda tidak perlu susah payah membuat perencanaan dan pencatatan secara manual. Dengan kehadiran software bisnis Finata, usaha UMKM kini juga dapat mencicipi transformasi keuangan yang memudahkan dalam menjalankan usaha. Ulasan lain seputar Finata juga dapat Anda baca di sini. Semoga bermanfaat.