Entrepreneur: Pengertian dan Sifatnya

by | Jun 10, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

entrepreneur adalah

Dimanapun kita berada, disekitar kita selalu ada seorang pengusaha, entah itu pengusaha dengan bisnis besar ataupun kecil. Pengusaha sering disebut juga dengan wirausaha di lingkungan masyarakat. Seperti yang pernah kita bahas disini mengenai wirausaha, wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya sebuah usaha.

Namun, tahukah Kamu bila pengusaha dan entrepreneur itu berbeda? Apa sih perbedaannya? Yuk kita telusuri.

Pengertian Entrepreneur

Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dengan memiliki keberanian, kreativitas dan inovasi yang tinggi serta selalu membawa ide baru dalam mengembangkan setiap usahanya.

Seorang entrepreneur sangat cerdas dalam meluncurkan ide-ide baru. Dia adalah orang yang memiliki keberanian besar dalam menghadapi tantangan baru di depannya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Ahli

– Entrepreneur adalah pelaku bisnis yang menerima gabungan antara resiko dan peluang yang menyangkut dalam menciptakan dan mengoperasikan peluang usaha baru. entrepreneur adalah orang yang menanggung resiko dari bisnis kepemilikan dengan sasaran utama pertumbuhan dan perkembangan. (Ebert, Griffin, 2003)

– Entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru ditengah banyaknya resiko dan ketidakpastian sebagai sebuah tujuan untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang dan mengumpulkan sumber daya yang penting sebagai modal utama. (Zimmerer, Scarborough, 2002)

– Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai ide yang inovatif, dapat melihat peluang yang ada di pasar dan merubah mimpi mereka menjadi kenyataan yang bersinar. (Thomberry. 2006)

– Entrepreneur adalah seorang manusia, yang bertindak kreatif membangun suatu nilai dari hal yang secara praktis bukan apa- apa. Ini adalah pencarian peluang tanpa memperhatikan sumber – sumber daya, atau masing – masing sumber daya, yang ada. (Timmons, 2008)

– Entrepreneur adalah sebuah proses inovasi dan penciptaan spekulasi baru melalui empat dimensi utama individual, organisasi, lingkungan, proses dan dibantu dengan kerjasama jaringan dalam pemerintahan, pendidikan, dan institusi. Semua posisi makro dan mikro dari hal yang berhubungan dengan pemikiran entrepreneur harus dipertimbangkan dalam pengenalan dan pengukuran peluang yang bisa dikonversikan ke dalam ide – ide yang dapat dipasarkan yang mampu bersaing untuk implementasi ekonomi hari ini. (Kuratko dan Hodgetts, 2008)

– Entrepreneur, setidaknya dalam semua masyarakat bukan otoriter, merupakan sebuah jembatan antara masyarakat sebagai suatu kesatuan, khususnya aspek – aspek non- ekonomi dari masyarakat tersebut dan institusi yang berorientasi pada profit / keuntungan didirikan untuk mengambil keuntungan dari sumbangan ekonominya dan untuk memuaskan hasrat ekonominya, sebaik yang mereka bisa. (Arthur Cole, 2008)

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Seorang entrepreneur merupakan jenis orang yang sangat berani dan juga cerdas dalam membuat terobosan ide-ide baru, berikut adalah sifat-sifat  seorang entrepreneur yang harus dimiliki:

– Percaya Diri

Mereka memiliki sifat percaya diri yang luar biasa. Mereka tidak mudah dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Mereka menerima pendapat itu sebagai masukan namun merekalah yang memiliki peran dalam mengambil keputusannya.

– Berani Mengambil Resiko

Mereka adalah orang yang berani mengambil resiko dalam menjalankan usahanya. Mereka tidak takut akan kerugian yang didapat dari keputusan mereka. Namun keputusan itu diambil dengan penuh pertimbangan terlebih dahulu.

– Fokus pada Masa Depan

Mereka memiliki visi ke depan dan sangat perspektif. Mereka berpikir bahwa usaha yang mereka lakukan bukanlah untuk sementara namun untuk selamanya. Mereka selalu memikirkan strategi terbaik dalam setiap keputusan bahkan sebelum mereka memulai usahanya.

– Kreatif dan Inovatif

Seorang entrepreneur sangatlah kreatif dan inovatif. Mereka adalah orang-orang terdepan dalam memberikan ide-ide baru dalam pengembangan bisnisnya bahkan dalam konteks perkembangan dunia.

– Kepemimpinan

Mereka memiliki jiwa pemimpin yang baik. Sebagai seorang pemimpin, mereka dengan senang hati menerima saran dan kritik dari siapapun demi kemajuan usahanya.

– Pantang Menyerah

Mereka adalah orang yang tidak mudah menyerah dalam suatu keadaan. Sebagai manusia biasa tentu mereka pernah mengalami kegagalan, namun kegagalan tersebut bukanlah hal yang membuat mereka menyerah. Mereka selalu mengambil pelajaran dari kegagalan sebelumnya untuk menemukan solusi dari masalah tersebut agar dapat terselesaikan.

Tipe-tipe Entrepreneur

Entrepreneur dibagi menjadi beberapa tipe. Tipe-tipe tersebut adalah :

– Pengusaha Profesional (Profesional Enterpreneur)

Merupakan entrepreneur profesional yang memiliki bisnis dalam skala besar. Contoh : Membuka restoran, Mendirikan pabrik, dan lain sebagainya.

– Pengusaha Sosial (Social Enterpreneur)

Merupakan entrepreneur yang fokus dalam bidang layanan sosial seperti bidah pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Contoh : Membuka sekolah, membuka rumah sakit atau klinik

– Pengusaha Gaya Hidup (Lifestyle Enterpreneur)

Merupakan entrepreneur yang memilih bisnis sesuai gaya dan keinginannya. Bisnis yang mereka dirikan adalah bisnis independen yang dikuasai oleh mereka sendiri. Contoh : Membuka bisnis fotografi, Bengkel, Restoran, dan lainnya sesuai passion mereka.

– Pengusaha Amatir (Amaterur Entrepreneur)

Merupakan entrepreneur yang tidak berpengalaman. Mereka berbisnis sesuai dengan trend yang ada. Contohnya pengusaha online shop, dan sebagainya.

Bisnis tidak hanya sebatas mendapatkan profit dari hasil penjualan saja. Membaca laporan keuangan adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan kemampuan ini kita dapat melihat secara detail apa yang sedang terjadi pada bisnis yang sedang dijalani.

Selain dapat membaca laporan keuangan, pengusaha juga diharapkan mampu mengambil keputusan dari hasil membaca laporan keuangan tersebut. Pengambilan keputusan ini sangatlah penting karena akan menjadi acuan untuk perjalanan bisnis ke depannya.

Saat ini software akuntansi sudah menjamur di pasaran internet. Mulai dari berbasis excel, program yang harus diinstal, sampai software berbasis cloud. Setiap jenis basis software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan perkembangan jaman saat ini, software berbasis cloud adalah yang paling diminati karena dapat dibuka dan dilihat dimana saja dan kapan saja selama kita terhubung dengan internet.

Finata merupakan software akuntansi berbasis cloud dengan fitur-fitur terlengkap di dalamnya. Bagaimana tidak, selain karena finata didesain menjadi aplikasi berbasis cloud, finata adalah satu-satunya software akuntansi memiliki fitur diagnosis bisnis. Fitur ini dapat membaca kesehatan bisnis Anda dan membantu anda dalam proses pengambilan keputusan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday