Debit dan Kredit dalam Akuntansi

by | Jun 30, 2021 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

debit-kredit

Dalam dunia akuntansi, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah debit dan kredit. Kedua istilah itu sangat dekat dengan pembukuan atau pencatatan akuntansi.

Secara umum debit adalah pertambahan uang dalam transaksi, sedangkan kredit adalah pengurangan uang dalam transaksi. Namun, dalam pencatatan pada laporan keuangan perusahaan tentu tidak bisa sesederhana itu.

Pengertian Debit dan Kredit dalam Akuntansi

– Apa itu Debit

Debit adalah pencatatan akuntansi dimana aset dan biaya mengalami peningkatan. Pertambahan aset bisa berupa bertambahnya uang, alat, hingga aset tidak berwujud seperti sewa ataupun piutang. Posisi dari debet berada di sebelah kiri neraca saldo atau pembukuan.

– Apa itu Kredit

Kredit dalam akuntansi adalah akun hutang dan ekuitas yang meningkat. Tidak hanya akun hutang dan ekuitas saja yang bertambah dalam posisi kredit, namun juga laba dan penjualan.

Posisi Kredit terletak di sebelah kanan dalam neraca saldo atau pembukuan. Hal ini bertujuan agar entri jurnal pada buku besar menjadi valid, dimana total debit sama dengan total kredit.

Perbedaan Debit dan Kredit

Debit dan Kredit merupakan dua istilah yang bersebrangan dalam akuntansi, sehingga memiliki perbedaan-perbedaan yang mencolok, yaitu :

  • Debit berada pada sebelah kiri akun buku besar, sedangkan kredit berada di selebah kanan.
  • Rekening penerima akan tercatat dalam debit, sedangkan pemberi tercatat dalam kredit.
  • Peningkatan debit dapat disebabkan oleh naiknya cash, inventaris, mesin, perlengkapan, tanah, bangunan, dll. Sedangkan kredit kenaikannya berasal dari kenaikan dana pemegang saham, biaya, laba ditahan, hutang, dll.
  • Semua transaksi keuangan yang masuk akan ditulis dalam akun debit pada neraca, sedangkan semua transaksi keuangan yang keluar akan ditulis pada akun kredit.
  • Pada laporan laba rugi, pengeluaran dan kerugian dicatat dalam debit, sedangkan pendapatan dicatat dalam kredit.

Penggunaan Debit dan Kredit

Terdapat beberapa penggunaan debit dan kredit dalam akuntansi, yaitu :

– Aset

Debit dan kredit pertama digunakan dalam akun aset yang terbagi menjadi dua yaitu aset tetap dan aset lancar. Aset lancar adalah jenis aset berharga yang bisa dicairkan ketika suatu saat dibutuhkan oleh perusahaan. Aset lancar dapat berupa uang atau kas, peralatan, mesin, dll.

Ketika aset bertambah maka posisi pencatatannya ada pada debit, sedangkan pada saat aset berkurang maka ditempatkan pada posisi kredit.

– Beban

Debit dan kredit juga digunakan pada beban. Beban disini bisa diartikan sebagai pembelanjaan yang dilakukan agar usaha tetap berjalan. Beban akan bertambah jika didebitkan, dan akan berkurang bila dikreditkan.

– Liabilitas dan Ekuitas

Perbedaan debit dan kredit juga digunakan dalam akun liabilitas (hutang) dan ekuitas.

Contohnya, sebuah perusahaan melakukan pinjaman pada bank sebesar Rp100.000.000 untuk modal awal. Maka dalam jurnal dapat diketahui kas bertambah sebesar Rp100.000.000 dari pinjaman bank.

– Akumulasi

Penggunaan debit dan kredit yang terakhir terdapat pada bagian dari aset tidak lancar, yang mana nilainya akan bertambah jika dikreditkan yaitu pada akun akumulasi. Akun akumulasi dalam pencatatan keuangan akan mengurangi nilai aset tetap seperti kendaraan, dll.

Pencatatan akun akumulasi aset tetap tersebut akan mempermudah perusahaan dalam penilaian aset tersebut dan akan diketahui apakah perusahaan akan mengalami kerugian atau keuntungan bila aset tersebut dijual kembali.

Pencatatan dan pembuatan laporan keuangan standar akuntansi dapat dibuat dengan mudah menggunakan aplikasi Finata dan berbagai fitur yang ada didalamnya.

Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday