Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

by | Sep 12, 2020 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

Cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa sangat diperlukan, meskipun baru usaha rintisan. Sekarang ini ada banyak jenis usaha jasa yang dirintis. Ada banyak jenis usaha jasa yang sekarang ini berkembang. Misalnya jasa pengantaran barang atau jasa kurir, potong rambut, penulisan artikel, dan lain-lain.  Meskipun usaha tersebut masih tergolong baru dan kecil tidak ada salahnya untuk mulai membuat laporan keuangan bulanan. Ini bermanfaat untuk mengetahui berapa pendapatan dari usaha kita dari hari ke hari.

Bukan hanya usaha penjualan barang saja, tetapi juga pengeluaran di bidang jasa juga perlu catatan pengeluaran dengan rinci dan detail. Anda bisa membuat laporan keuangan secara sederhana di buku catatan atau menggunakan software atau aplikasi yang sekarang mudah diunduh.

Namun banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan jasa tidak berbeda dengan laporan keuangan perusahaan barang atau kuliner. Laporan keuangan terkait dengan arus keluar masuknya uang setiap hari. Anda bisa membuat laporan keuangan dalam periode tertentu bisa secara mingguan atau bulanan.

Setiap perusahaan atau jenis usaha memiliki laporan yang berbeda. Anda bisa membuat empat jenis laporan yang merupakan komponen utama dalam laporan keuangan. Yaitu laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan juga laporan arus kas atau cash flow. Empat jenis laporan ini paling utama ada dalam laporan keuangan.  Sebelum membahas cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa, kita ketahui dulu manfaat dari laporan keuangan.

Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Tidak sedikit orang yang memiliki usaha namun mengabaikan laporan keuangan lantaran jenis usahanya masih terbilang kecil. Padahal ini penting untuk kemajuan usaha mereka. Laporan keuangan penting untuk mengetahui laba dan rugi perusahaan. Jangan sampai perusahaan gulung tikar lantaran laporan keuangan yang amburadul.

Kedua, laporan keuangan juga berfungsi untuk mengetahui perkembangan usaha. Ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk mengembangkan usaha. Jika usaha sudah berkembang, laporan keuangan yang terperinci juga bisa untuk menarik minat investor. Sehingga usaha punya potensi untuk berkembang lebih besar lagi.

Meski usaha Anda masih tergolong baru dan kecil, tidak ada salahnya mencoba menertibkan dengan membuat laporan keuangan yang sederhana terlebih dahulu. Termasuk juga laporan keuangan untuk perusahaan jasa.

Baca juga: Manfaat Laporan Keuangan untuk Keberlangsungan Bisnis

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Setelah Anda mengetahui pentingnya membuat laporan keuangan, berikut ini adalah cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Anda persiapkan empat catatan yang berbeda untuk laporan keuangan.  Anda harus pintar atau menguasai ilmu akuntansi terlebih dahulu. Cukup memahami dasar pembukuan, Anda bisa mulai mengelola keuangan usaha.

  1. Laporan Neraca

Laporan neraca adalah laporan posisi keuangan pada perusahaan yang berisi informasi perubahan posisi keuangan seperti aset, kewajiban, dan modal dalam satu periode akuntansi. Ini bisa dibuat secara bulanan. Jika usaha Anda sudah berkembang dan menarik minat investor, catatan laporan neraca ini salah satu item yang ditanyakan. Perkembangan usaha bisa dilihat dari laporan neraca.

  • Laporan Laba/Rugi

Ini merupakan laporan yang berisi pendapatan dan pengeluaran atau beban suatu perusahaan. Kendati perusahaan jasa, tetap ada pengeluaran seperti membuat materi promosi atau iklan juga tetap dikeluarkan.  Laporan ini berfungsi untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut laba atau rugi. Selain itu juga untuk mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan. Laporan laba rugi bisa menjadi acuan bagi investor untuk menanamkan modal.

  • Laporan Perubahan Modal

Ini juga penting bagi perusahan. Laporan ini berisi modal awal yang dikeluarkan, laba yang didapat, setoran atau penarikan, dan modal akhir.  Modal akan bertambah, jika laba lebih besar ketimbang pengambilan pribadi atau penggunaan keuntungan perusahaan untuk pribadi.  Meskipun usaha tersebut adalah milik Anda sendiri, tak ada salahnya Anda menggunakan sistem gaji untuk diri sendiri. Tujuannya agar keuangan usaha Anda aman dan tidak terganggu kepentingan pribadi.

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas berisi arus kas masuk dan keluar suatu usaha dalam jangka waktu atau periode tertentu. Tujuannya agar si pengguna laporan seperti pemilik usaha atau investor nantinya mengetahui jumlah kas yang dimiliki.

Nah, demikian cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan atau usaha barang. Perbedannya pada modal yang dikeluarkan, jika perusahaan jasa tidak memerlukan modal untuk stock barang.

Sekarang ini Anda tidak harus repot membuat keuangan di buku catatan. Jika Anda menginginkannya tentu tak dilarang. Sekarang ini ada cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa yang praktis, yaitu dengan mengunduh aplikasi atau software akuntansi yang tentu saja akan mempermudah pekerjaan Anda.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat laporan keuangan perusahaan jasa milik Anda?

Membuat laporan keuangan perusahaan jasa dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Baca juga: Cara Memahami Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download