Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan
Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan harus dipelajari dan dipahami oleh para pemimpin perusahaan. Produktivitas karyawan yang maksimal pun akan berdampak pada hal-hal positif untuk perusahaan. Produktivitas akan mempengaruhi perkembangan perusahaan agar lebih maju.

Beberapa Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Evaluasi rutin

Salah satu Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan yaitu dengan melakukan evaluasi secara rutin. Evaluasi yang diberikan lebih dalam hal pemahaman bersama di titik mana karyawan berada pada target. Melaksanakan evaluasi antara Anda dan karyawan yang bersangkutan akan membantu memberikan pemahaman yang sekiranya belum memenuhi target.

Ketika ada bagian yang kurang maka Anda dan karyawan dapat mencari solusi secara kolektif sehingga dapat diperbaiki bersama-sama. Melakukan evaluasi pun harus bersifat objektif dimana perusahaan melihat berdasarkan kinerja karyawan. Dengan begitu, dari pihak HR atau pemilik perusahaan dan karyawan akan lebih bisa memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan agar dapat mencapai tujuan dan target perusahaan.

Mengkomunikasikan target dengan jelas

Tidak sedikit para karyawan yang mengalami kebingungan terhadap target yang ditetapkan oleh perusahaan. Anda sebagai pemilik atau pemimpin perusahaan seharusnya mengkomunikasikan target dengan jelas. Memang pada bagian manajerial tidak kebingungan karena mereka yang merancang.

Namun berbeda dengan para karyawan lain yang memiliki sikap dan pemahaman masing-masing. Sehingga Anda harus menyampaikan dengan bahasa yang tepat dan dipahami oleh para karyawan. Pemahaman yang baik pada target akan membantu karyawan mendapatkan kejelasan dimana dan kemana mereka harus melangkah.

Memperbaiki sisi moral

Membuat para karyawan merasa aman dan nyaman ketika sedang bekerja terkadang sering dilupakan oleh perusahaan. Padahal cara ini sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas para karyawan. Seharusnya perusahaan tidak sekedar berorientasi pada target yang dilakukan saja tetapi juga harus memperhatikan kenyamanan kerja para karyawannya. Sistem kerja yang memaksa justru akan membuat produktivitas karyawan menurun.

Sebaiknya Anda memperhatikan lingkungan kerja, upah, tunjangan dan pemahaman para karyawan mengenai visi dan misi perusahaan. Jika hal tersebut dapat dihubungkan maka akan membuat para karyawan merasa nyaman ketika sedang bekerja. Karyawan pun akan menikmati pekerjaannya dan memberikan kontribusi secara maksimal.

Baca juga : Manfaat Program Manajemen Kinerja Bersama Finata

Menciptakan budaya transparan dan ramah kritik

Hal yang sulit diterima oleh para pemimpin yaitu menerima kritik atau mengakui kesalahannya. Kesalahan tersebut merupakan sifat asli yang ada pada diri manusia. Memang tidak mudah, namun sebaiknya ketika Anda menjadi seorang pemimpin mampu menciptakan budaya transparan dan ramah kritik pada karyawan. Akui jika memang Anda melakukan kesalahan dan jangan malu menerima kritik dan saran. Dari dua hal tersebut adalah menjadi bagian awal mula terciptakan sifat kejujuran dan transparan.

Seorang pemimpin adalah contoh yang akan ditiru oleh para bawahan atau karyawannya. Dengan sifat transparan dan jujur yang dimiliki pemimpin, maka karyawan pun juga akan bersikap jujur dan mau menerima kritik. Budaya yang diciptakan ini akan membuat pimpinan dan karyawan akan leluasa dan berusaha untuk memperbaiki serta meningkatkan Produktivitas diri.

Program pengembangan diri

Produktivitas karyawan sebenarnya dipengaruhi oleh kualitas karyawan yang dimiliki. Anda perlu menyusun langkah-langkah yang tepat untuk mengidentifikasi potensi apa yang dimiliki oleh karyawan dan cara untuk mengemabngkannya. Layaknya tanaman yang akan tumbuh subur ketika ditanam, dirawat dan dipupuk.

Karyawan akan mudah tumbuh ketika mereka ditempatkan pada posisi yang tepat dan diberikan program pengemabangan diri. Ada banyak program pengembangan diri yang bisa diberikan baik dengan biaya kecil maupun besar. Anda dapat mengadakan seminar pelatihan, kegiatan bersama untuk meningkatkan kekompakan dan lain-lain.

Memilih kandidat terbaik

Seorang pemimpin harus bisa memilih kandidat terbaik untuk bekerja bersama. Anda harus bisa memperkerjakan orang-orang yang memiliki semangat tinggi dan mampu bekerja cerdas. Namun tidak masalah besar jika Anda memperkerjakan karyawan yang tidak ideal. Tugas Anda yang harus menjadikannya orang tersebut menjadi seseorang yang berkualitas.

Mengenal karyawan

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, perusahaan perlu mengenali para karyawannya. Sebaiknya Anda meluangkan waktu sedikit untuk mengenal lebih dekat para karyawan. Tampung berbagai macam minat, aspirasi dan kemampuan yang mereka miliki. Mengenali kehidupan para karyawan pun akan memberikan dampak positif untuk perusahaan.

Dengan Anda mengenali karyawan secara lebih dekat, maka Anda dapat menemukan kemampuan dan keterampilan yang belum mereka manfaatkan secara maksimal. Karyawan pun akan merasa lebih dihargai dan dimengerti. Sehingga hubungan karyawan dengan atasan akan lebih baik dan Produktivitasnya pun akan meningkat.

Menjaga karyawan agar tetap semangat

Perusahaan tentu akan mengalami banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan besar yang harus diselesaikan yaitu menjaga karyawan agar tetap semangat ketika bekerja. Ketika karyawan bekerja dengan hati dan merasa bahwa pekerjaannya adalah yang paling baik, maka kinerja mereka pun akan maksimal.

Baca juga : 14 Cara Meningkatkan Skill Karyawan yang Paling Efektif

Tidak ikut campur secara berlebihan

Robby Slaughter yang merupakan seorang ahli dalam Produktivitas berpendapat bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan Produktivitas yaitu mendorong karyawan agar bertanggung jawab atas sumber daya dan waktu yang dimiliki. Anda dapat belajar memberikan kendali kepada karyawan dengan tidak ikut campur secara berlebihan. Pimpinan yang terlalu ikut campur akan membuat karyawan tidak mempercayai potensi diri. Ketika karyawan merasa tidak dipercaya maka Produktivitasnya pun akan menurun.

Membimbing agar berani mengambil resiko

Karyawan biasanya takut untuk mengambil proyek yang memiliki resiko tinggi. Resiko yang tinggi pun akan memiliki kemungkinan kegagalan yang tinggi juga. Sebaiknya Anda dapat membimbing para karyawannya agar berani mengambil resiko. Pemimpin harus bisa menghapuskan pola pikir karyawan yang seperti itu dan menanamkan pola pikir positif.

Anda dapat mendorong mereka menjadi lebih semangat dan ambisius. Bimbing mereka untuk mencoba hal yang baru meskipun hal tersebut juga diikuti dengan resiko. Jika Anda berhasil menanamkan pada karyawan maka Anda akan tinggi pula rasa percaya diri pada karyawan. Kepercayaan diri dari karyawan yang tinggi akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Penggunaan teknologi yang tepat

Penggunaan teknologi yang tepat akan membantu meningkatkan produktivitas para karyawan di perusahaan. Dengan adanya perangkat yang tepat dan kemampuan yang mumpuni maka produktivitas dapat didongkrak, bahkan dalam lingkup perusahaan secara menyeluruh.

Pengoptimalan teknologi pada perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kerja dan efisiensinya. Perangkat yang tepat akan membuat pekerjaan tidak tertunda dan segera diselesaikan dengan hasil yang cepat dan berkualitas baik.

Salah satu teknologi yang mendukung dalam meningkatkan Produktivitas para karyawan yaitu dengan menghadirkan Software Bisnis. Dengan bantuan software bisnis Finata akan membantu karyawan dalam hal akuntansi. Ada banyak fitur menarik didalamnya yang dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan mudah oleh para karyawan.

Finata menjadi salah satu Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan. Didalamnya terdapat master data yang berisi mengenai data informasi data perusahaan, data produk dan data pelanggan. Karyawan akan terbantu ketika mencari berbagai produk maupun data pelanggan. Transaksi bisnis di dalamnya pun berisi detail transaksi yang dilakukan perusahaan.