10 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Pada Toko Online

by | Feb 18, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Cara Meningkatkan Konversi Penjualan
Cara Meningkatkan Konversi Penjualan

Bagi yang mempun bisnis online, sangat penting dalam mengetahui trik akan cara meningkatkan konversi penjualan. Hal ini menjadi hal mendasar pada bisnis online supaya penjualan dapat meningkat. Caranya pun juga cukup mudah dan hanya dengan membuat produk yang dijual sangat real dan bukan replika / produk fiktif.

Berikut ini adalah cara efektif dalam meningkatkan konversi penjualan online:

Desain Dan Navigasi Website Harus Responsif

Cara pertama dalam meningkatkan konversi penjualan toko online yaitu dengan membuat desain website yang responsif. Semua menu yang tersedia harus komunikatif dan mudah dalam menemukan informasi yang hendak dicari oleh pelanggan.

Desain website juga harus menarik dan mempunyai perpaduan warna yang tepat. Jadi mudah untuk dibaca. Untuk penggunaan warna background harus cerah, sehingga text lebih mudah untuk dibaca daripada penggunaan background warna gelap.

Tampilan website juga sebaiknya simple dan tidak menggunakan grafis berat. Jadilah mudah diakses melalui perangkat apapun, entah itu smartphone ataupun PC. Selain harus diperhatikan pula tampilan pada pc dan smartphone.

Untuk hal ini sebaiknya membuat 2 buah versi website. Pertama website untuk akses pc dan kedua website untuk akses melalui smartphone / versi mobile. Biasanya tampilan website versi mobile / smartphone jauh lebih ruang. Perhatian pula letak menu pada kedua buah versi perangkat tersebut.

 Letak Security Badges Harus Strategis

Security badges menjadi standar bahwa toko online aman untuk digunakan bertransaksi. Walaupun menjadi bagian yang cukup penting, tetapi letak dari security badges juga harus diperhatikan. Sehingga tidak mengganggu audiences dalam mencari informasi ataupun check out.

Kualitas Gambar Baik Dan Jumlah Gambar Sangat Sesuai Dengan Produk

Kualitas gambar pada toko online harus baik dan tidak perlu menggunakan kualitas HD. Setidaknya gambar jelas dan tidak blur. Selain itu gambar juga harus informatif jumlah gambar juga harus sesuai dengan kondisi produk. Gambar sebaiknya hasil jepretan sendiri dan bukan diambil dari sumber lain, sehingga kondisi produk yang dijual sangat real.

Jumlah gambar pada sebuah produk juga harus diperhatikan. Sertakan gambar pada setiap sudut produk. Akan menjadi lebih baik, jika dilengkapi dengan video tutorial.

 Deskripsi Atas Kondisi Produk Harus Detail

Salah satu cara dalam membuat konversi penjualan meningkatkan, harus memberikan informasi atas spesifikasi produk yang jelas dan rinci. Hindari copas langsung dari googling / sumber lain. Sebab kondisi deskripsi produk yang ada di google belum tentu sama dengan produk yang hendak dijual.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangannya Sistem Penjualan Konsinyasi

Dalam deskripsi produk juga harus sesuai dengan produk yang ada. Hindari penggunaan keterangan tambahan yang menyatakan bahwa seri produk yang ada di gambar sedang kosong, lalu menambahkan seri alternatif.

Pada penulisan deskripsi produk gunakan bahasa yang komunikatif dan persuasif. Lalu hindari penggunaan jargon / jagoan kata, apalagi jargon sedang umum digunakan.

Penggunaan bahasa dalam deskripsi produk yang baik, seharusnya menggunakan kata – kata informal, dalam arti gaya bahasa kasual dan bukan bahasa slang. Sebaiknya tekanan pada deskripsi untuk manfaat produk.

 Halaman Kategori Produk Harus Optimal

Halaman kategori produk / katalog menjadi bagian utama dari website toko online. Bagian katalog menjadi bagian utama dalam situs e-commerce. Jadi harus digunakan dengan optimal. Memanfaatkan kategori produk dengan baik dan afektif, supaya audiences dapat mencari produk dengan mudah.

Dalam hal kategori produk ada satu hal penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut yaitu stok barang. Pastikan terlebih dahulu bahwa stok produk yang hendak dijual memadai. Sehingga stok produk harus dipantau setiap hari. Hal ini dapat mudah dipantau dengan finata.

Manfaatkan Ulasan Dan Komentar Konsumen Yang Pernah Membeli

Ulasan konsumen hingga saat ini menjadi salah satu cara efektif dalam menarik konsumen lain. Dengan adanya ulasan tersebut membuat produk yang dijual mempunyai kualitas yang cukup real dan bukan merupakan produk halu.

Dalam mencantumkan ulasan dan komentar harus selektif. Pilih ulasan / komentar yang positif. Selain itu ulasan juga harus dalam kondisi utuh. Untuk membuat dan menyakinkan bahwa ulasan dan komentar sangat real, lebih baik screenshot komentar tanpa dicrop.

Manfaatkan Fitur Live Chat

Sesekali manfaatkan fitur live chat dengan sebaik mungkin, baik video chat, call chat ataupun text chat. Fitur ini sangat efektif dalam meningkatkan konversi penjualan dengan efektif. Selain itu fitur live chat menjadi tempat interaksi yang efektif dan komunikatif.

Hal yang membuat konsumen nyaman adalah respon dari penjual sangat cepat dan juga komunikatif. Dalam fitur ini, penggunaan bahasa juga harus diperhatikan. Bahasa yang digunakan harus sopan, casual dan komunikatif.

Baca juga : 7 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Dalam live chat ini, hindari pemanfaatan chatbot. Walaupun chatbot sangat efektif dan efisien, tetapi fitur chatbot mempunyai kekurangan. Kekurangan chatbot ialah interaksi dengan pelanggan sangat terkesan kaku dan monoton serta tidak komunikatif.

Pilih Jasa Hosting Dan Software Akuntansi Terbaik

Cara meningkatkan konversi penjualan untuk toko online ini sangat efektif dan recommended. Untuk menciptakan reputasi yang baik harus menggunakan jasa hosting dan software akuntansi yang terbaik pula. Dengan kata lain hindari jasa hosting murah. Karena pada dasarnya jasa hosting murah kurang efektif jika digunakan untuk bisnis.

Contoh software untuk akuntansi terbaik yang ada di Indonesia yaitu finata. Finata menawarkan jasa software untuk bisnis dengan fitur paling lengkap. Harga yang dipatok finata merupakan harga standar.

Namun terkadang finata mengadakan diskon khusus hingga 40 %. Hal ini menjadi suatu kesempatan yang sempurna dalam mengembangkan bisnis online.

Fitur yang akan diperoleh dari harga diskon tersebut sama dengan fitur pada harga standar. Misalnya data master, personalisasi, diagnosis dan lain sebagainya. Sayangnya untuk harga diskon di finata sangat terbatas.

Tingkatkan SEO

SEO / search engines optimization merupakan upaya optimalisasi pada pencarian di search engine dan berada pada halaman pertama saat melakukan pencarian / searching. Dengan meningkatkan seo, dapat memperkenalkan produk secara efektif. Supaya website toko online mempunyai eksistensi baik pada seo, harus melakukan pembaharuan rutin. Tujuannya supaya website tidak tenggelam dan tergeser dengan website lain.

Captcha Harus Ramah Penjualan

Captcha merupakan salah satu bentuk kode keamanan. Dengan captcha membuat website terkesan lebih private. Terkadang keberadaan dari captcha cukup menyebalkan dan harus melakukan verifikasi berulang – ulang. Bahkan dapat menjadi suatu faktor penghalang saat check out.

Ada suatu cara khusus dalam mencegah muncul captcha. Cara tersebut yaitu memutuskan sambungan server dari internet. Cara ini cukup efektif dalam mencegah munculnya captcha.

Demikianlah artikel mengenai cara meningkatkan konversi penjualan pada toko online. Cara tersebut akan menjadi lebih efektif dan terorganisir dengan finata. Apalagi software Finata sangat mudah untuk digunakan dengan fitur sangat kompleks hingga fitur pajak dan laporan keuangan. 

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download