Cara Menghitung Modal Kerja Perusahaan

by | Oct 29, 2020 | Bisnis, Keuangan | 0 comments

Cara menghitung modal kerja adalah hal yang wajib diketahui bagi perusahaan. Perusahaan yang sehat haruslah memiliki modal kerja yang sepadan dengan kondisi perusahaan. Modal kerja ini mempunyai peranan yang signifikan demi keberlangsungan aktivitas perusahaan, di mana uang yang tersedia tersebut digunakan untuk kegiatan sehari-hari perusahaan. Ketersediaan uang kas harus selalu ada dan stabil karena biaya sehari-hari yang harus dikeluarkan perusahaan sudah pasti dan tidak bisa ditawar lagi.

Cara Menghitung Modal Kerja

Modal kerja yang tersedia dengan baik akan sangat menunjang perusahaan agar bisa berjalan dengan baik. Untuk mengetahui modal kerja itu bisa diperoleh dari rumus cara menghitung modal kerja berikut ini.

  1. Modal kerja itu merupakan aset lancar yang dimiliki perusahaan selama ini dikurangi dengan liabilitas lancar.
  2. Modal kerja adalah aktiva lancar yang diperoleh perusahaan baru dikurangi dengan kewajiban lancar yang selama ini biasa dipenuhi pada pihak lain.
  3. Modal kerja pun bisa diperoleh dari adanya perbandingan kuantitas baik antara hasil dari penjualan dan kondisi kemampuan perusahaan untuk memutar usahanya.

Apabila diperoleh rasio yang nilainya di atas satu itu artinya aset lancar dari perusahaan tersebut sudah melebihi dari liabilitas lancar. Kondisi ini dinilai lebih baik karena semakin tinggi rasio maka akan lebih sehat bagi aktivitas perusahaan selama ini.

Nilai yang diperoleh dari adanya modal kerja haruslah selalu dievaluasi secara rutin agar jangan sampai terjadinya devaluasi pada perusahaan. Perusahaan apapun dalam menjalankan aktivitasnya secara berkelanjutan harus selalu menyediakan modal kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Perolehan Modal Kerja

Perusahaan bisa mendapatkan modal kerja baik dalam jangka:

  1. Pendek waktu yang relatif singkat dari modal kerja bisa didapatkan perusahaan dari adanya kredit dari perdagangan yang selama ini sudah dilakukan. Bentuknya bisa dalam bentuk kredit tunai, utang tagihan, pinjaman jangka pendek, dan lain-lain.
  2. Waktu lebih lama seperti modal saham, surat utang, laba yang disimpan, pinjaman jangka panjang, dan lain-lain.

Baca juga: Rasio Modal Kerja Terhadap Kelangsungan Perusahaan

Isi Modal Kerja

Modal kerja perusahaan itu terdiri dari:

  • Aset Lancar

Aset lancar merupakan kekayaan yang wajib dimiliki perusahaan. Kelebihan aset lancar ini akan menjadi perputaran bisnis dan lebih mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai dalam jangka waktu satu tahun. Aset lancar ini masuk ke dalam investasi jangka pendek karena akan selalu berputar dalam aktivitas operasional perusahaan. Usahakan agar aset lancar perusahaan perputarannya baik agar bisa memberikan keuntungan dan manfaat yang lebih baik bagi perusahaan.

  • Liabilitas Lancar

Liabilitas lancar lebih kepada pemenuhan kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan pada pihak lain termasuk biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan baik dalam waktu satu tahun. Semua itu harus dipenuhi oleh perusahaan karena akan sangat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari perusahaan. JIka perusahaan tidak bisa memenuhi liabilitas lancar sudah pasti akan berpengaruh pada operasional perusahaan yang akan berjalan dengan kurang baik.

Baik aset lancar dan liabilitas lancar mempunyai pengaruh dalam modal kerja perusahaan agar perusahaan bisa tetap eksis, bisa berkembang, dan memenuhi kewajibannya. Perusahaan harus menjaga kondisi modal kerja dengan sebaik-baiknya dan cara menghitung modal kerja pada perusahaan harus dilakukan oleh pihak yang berkompeten. Jangan sampai terjadi kesalahan menghitung modal kerja karena akan berakibat fatal pada keberlangsungan perusahaan di masa depan.  

Modal Kerja Yang Baik

  1. Perusahaan Anda dinilai sehat jika mempunyai kemampuan untuk melunasi semua kewajiban yang sudah seharusnya dipenuhi. Semakin baik rasio perusahaan akan membantu perusahaan untuk membayar kewajiban terutama untuk jangka pendek berikut dengan utang perusahaan. Usahakan agar perusahaan selalu memiliki rasio di atas satu.
  2. Modal kerja perusahaan yang semakin baik akan membantu untuk mendanai biaya yang digunakan untuk operasional sehari-hari. Inilah pentingnya modal kerja bagi perusahaan agar investor yang hendak menanamkan modal pada perusahaan Anda tidak ragu. Semakin baik reputasi perusahaan akan banyak menarik investor baru bagi perusahaan sehingga kemajuan perusahaan pun bisa semakin cepat Anda wujudkan. Reputasi perusahaan sangat dibutuhkan agar bisa menarik investor yang potensial jadi jangan pernah mengabaikan reputasi perusahaan karena dampaknya akan sangat besar bagi kemajuan roda bisnis. 

Modal kerja pada perusahaan bisa selalu berubah setiap saat karena dipengaruhi dari kewajiban perusahaan seperti membayar utang. Selain utang yang harus diperhatikan oleh perusahaan terkait modal kerja adalah saat terjadinya penyusutan pada aset perusahaan, kesulitan menagih hutang yang sudah jatuh tempo akan berimbas pada modal kerja yang dimiliki oleh perusahaan. Jadi jagalah keseimbangan modal kerja perusahaan agar tetap stabil dan tidak berubah drastis

Fungsi Modal Kerja

Modal kerja yang harus selalu stabil di perusahaan sangat dibutuhkan demi kelancaran biaya operasional sehingga jangan sampai modal kerja perusahaan negatif. Modal kerja yang negatif akan menimbulkan masalah baru di dalam perputaran kas perusahaan. Fungsi modal kerja yang sehat bagi perusahaan diantaranya adalah dipergunakan untuk:

  1. Melunasi hutang pada pihak lain agar tidak terjadi wansprestasi bahkan masalah hukum di kemudian hari.
  2. Setiap bulannya digunakan untuk membayar gaji karyawan perusahaan. Membayar gaji sudah menjadi biaya rutin yang wajib dipenuhi oleh perusahaan.
  3. Melunasi hutang lebih cepat agar bisa memperoleh diskon yang biasanya ditawarkan beberapa perusahaan agar kliennya mempercepat pembayaran utang.

Agar bisa memenuhi kewajiban rutin yang harus ditunaikan tersebut perusahaan akan berusaha secara maksimal mempertahankan kondisi perusahaan dengan sebaik-baiknya. Kewajiban yang harus dibayarkan tersebut membuat kas perusahaan tidak boleh kosong karena jika tidak terpenuhi dengan baik akan berimbas pada kegiatan perusahaan yang selama ini sudah dibina dengan baik.

Cara menghitung modal kerja harus memperhatikan rumus standar yang selama ini sudah biasa digunakan perusahaan. Usahakan agar setiap komponen di dalam perusahaan bisa bekerja dengan baik agar satu sama lain bisa bersinergi demi kemajuan perusahaan karena semakin stabilnya modal kerja akan sangat dipengaruhi dari kinerja perusahaan. Modal kerja harus selalu disiapkan demi kelangsungan perusahaan dan semua aspek yang terkait di dalamnya maupun pihak lain yang ada kaitannya dengan perusahaan.

Modal kerja harus dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan dengan baik, untuk membuat laporan keuangan dapat diselesaikan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Referensi:

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download