Branding: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

by | Jun 28, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

branding

Branding – Anda pasti sering mendengar kata brand atau merk. Brand sendiri adalah merk atau nama dari sebuh produk atau jasa yang dimiliki oleh sebuah industri dan berbeda dari yang lain.

Brand sangat erat kaitannya dengan produk yang sering kita gunakan. Contohlah Honda, Apa yang pertama kali anda pikirkan bila mendengar kata honda? Mungkin banyak dari kita akan berpikir kalau itu adalah sepeda motor, mobil atau otomotif dalam garis besar.

Pengertian Branding

Setelah kita mengetahui tentang brand, maka akan tidak akan lengkap tanpa branding. Apa itu branding? Branding berasal dari kata brand alias merk. Maka branding merupakan usaha dalam membentuk sebuah citra yang bertujuan agar suatu produk dapat menarik dan melekat pada benak konsumen.

Tujuan utama branding adalah mengenalkan brand dari sebuah industri agar dapat dikenali oleh konsumen atau masyarakat pada umumnya. Cara memperkenalkannya adalah dengan membangun sebuah citra positif demi menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen terhadap perusahaan pemilik brand tersebut.

Fungsi Branding

Aktivitas branding sangat penting dilakukan oleh perusahaan, karena dengan melakukan branding maka perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat yang diharapkan akan menjadi konsumen perusahaan tersebut.

Selain itu, Fungsi branding adalah sebagai berikut :

1. Pembeda

Ada banyak produk diluar sana dengan jenis yang serupa. Karena itu fungsi branding ini adalah sebagai pembeda antara produk milik perusahaan yang satu dengan milik perusahaan yang lainnya.

2. Daya Tarik dan Promosi

Dengan memiliki sebuah brand, maka kita akan mudah dalam mempromosikan produk kita agar menjadi daya tarik untuk masyarakat. Karena itulah branding sangat penting untuk perusahaan.

3. Membangun Citra

Dengan melakukan branding, kita dapat membangun citra kepada masyarakat. Semakin positif nilai brand kita di mata masyarakat, maka semakin baik juga bisnis kita.

4. Pengendali Pasar

Memiliki brand yang kuat memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan, salah satunya adalah mengendalikan pasar. Hal ini dikarenakan masyarakat telah mengenal dan mengingat produk perusahaan dengan baik.

Unsur-Unsur Branding

Ada beberapa unsur yang harus dimiliki dalam melakukan branding. Unsur tersebut adalah sebagai beriktu :

– Brand / Merk

Dalam melakukan branding tentu kita membutuhkan brand itu sendiri. Tanpa sebuah brand maka branding tidak dapat dilakukan karena tidak memiliki identitas yang dapat dikenali oleh masyarakat

– Logo

Logo merupakan gambar atau desain unik yang menunjukan brand atau merk tertentu. Dengan memiliki logo maka merk kita akan lebih meninggalkan kesan pada masyarakat

– Slogan

Slogan juga merupakan unsur yang perlu ditambahkan dalam melakukan branding. Proses branding dengan menggunakan kata-kata yang mudah diingat oleh masyarkat akan meninggalkan kesan tersendiri pada konsumen.

– Penampilan

Penampilan dari produk juga sangat penting dalam melakukan branding. Menggunakan desain kemasan yang unik, desain yang menarik, warna yang serasi, maka akan menciptakan citra yang baik untuk produk.

– Suara

Selain penggunaan efek visual, kita dapat menggabungkannya dengan efek suara. Menggunakan suara-suara yang merdu dan indah dalam membuat sebuah video iklan, maka akan mudah diingat oleh konsumen.

Manfaat Branding

Branding membangun banyak manfaat untuk perusahaan. Manfaat tersebut adalah :

  • Membuat merk lebih dikenali oleh konsumen
  • Memudahkan konsumen menemukan produk dan mendapatkan loyalitas
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merk
  • Memudahkan dalam memasarkan merk

Branding sangat penting dilakukan oleh perusahaan untuk dapat memperkenalkan produk kepada masyarakat sebagai calon konsumen. Dengan melakukan branding diharapkan masyarakat dapat tertarik kepada produk kita, mencoba untuk menggunakannya, hingga menjadi pelanggan tetap produk kita.

Tidak semudah itu perusahaan dapat menanamkan merk produk ke dalam benak masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu dan ketekunan dalam melakukan branding, diharapkan masyarakat akan sadar akan merk yang dipasarkan.

Segala macam jenis kegiatan perusahaan membutuhkan sistem akuntansi yang baik. Dengan adanya sistem akuntansi dan laporan keuangan yang baik diharapkan segala bisnis perusahaan tersebut tetap sehat dan terus berguna bagi kepentingan banyak orang.

Membuat laporan keuangan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Kesalahan dalam membuat dan membaca laporan keuangan dapat berakibat fatal bagi bisnis yang sedang dijalani. Karena itu Finata hadir untuk mempermudah kita dalam membuat dan membaca laporan keuangan tersebut.

Dengan fitur diagnosis bisnis yang dimiliki oleh Finata, pemilik usaha akan mendapatkan notifikasi mengenai kesehatan usaha. Notifikasi inilah yang akan menjadi patokan yang akan membantu pemilik usaha dalam pengambilan keputusan untuk usahanya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday