Bisnis Syariah : Pengertian dan Ciri-cirinya

by | Apr 5, 2021 | Bisnis, Akuntansi, Keuangan | 0 comments

Istilah Bisnis Syariah belakangan ini semakin populer di Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Bisnis syariah sendiri merupakan bisnis yang dilandasi dengan nilai-nilai Islami yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadist.

bisnis-syariah

Definisi Bisnis Syariah

Bisnis syariah merupakan penggabungan dari dua kata yaitu bisnis dan syariah. Bisnis adalah suatu orang atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya. Sedangkan syariah adalah kata yang berasal dari kata syariat yang memiliki arti sebagai hukum agama yang mengatur hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitarnya, dan manusia dengan Allah SWT sesuai dengan Al Quran dan hadist.

Dari kedua definisi kata tersebut, bisa diartikan kalau bisnis syariah adalah suatu proses jual beli barang atau jasa yang berlandaskan pada hukum Islam dan berpedoman pada Al Quran dan Hadist.

Perbedaan Bisnis Syariah dengan Bisnis Biasa

Seperti yang diketahui, bisnis syariah berlandaskan pada hukum Islam yang mengacu pada konsep halal dan haram, sehingga baik produk dan jasa yang dijual diharuskan produk dan jasa yang halal. Proses transaksinya pun harus berlandaskan pada Hukum Islam dimana penjual dan pembeli harus melakukan ijab qabul terlebih dahulu.

Contoh beberapa bisnis yang merupakan bisnis syariah yaitu, kosmetik halal, hijab syari, travel haji dan umroh yang tidak menggunakan dana talangan, pegadaian yang tidak menggunakan bunga, properti syariah, dan lain sebagainya.

Bisnis syariah merupakan bisnis yang bebas dari unsur riba, gharar (penipuan), dan maisir (perjudian). Proses kegiatan dalam bisnis ini juga harus dilakukan dengan seadil-adilnya, sehingga bisnis ini tidak terpaku pada keuntungan perusahaan atau golongan tertentu saja, namun harus bermanfaat bagi masyarakat umum.

Ciri-Ciri Bisnis Syariah

Bentuk dari bisnis syariah sebetulnya tidak berbeda jauh daripada bisnis konvensional yang menjual barang ataupun jasa untuk mencari keuntungan. Namun bisnis ini mengedepankan syariat Islam sehingga bermuamalah sesuai aturan Allah SWT.

Adapun ciri-ciri dari bisnis syariah adalah sebagai berikut :

  • Selalu berpijak pada nilai-nilai ruhiyah. Selalu memiliki kesadaran tentang eksistensi Allah SWT dengan segala sifat-Nya dan keterkaitan serta hubungan seseorang dengan Allah SWT yang mewarnai seluruh perilakunya.
  • Diimplementasikan menggunakan aturan syari. Dimana bisnis ini memiliki kesesuaian antara teori dan praktik. Sehingga bisnis ini diterapkan bukan sekedar memikirkan untung dan rugi tetapi bermanfaat atau tidaknya untuk kebutuhan umat.
  • Memiliki pengetahuan mengenai bisnis halal dan haram. Pelaku bisnis dituntut untuk mengetahui dengan jelas mana bisnis yang boleh dan tidak boleh.
  • Tidak hanya memprioritaskan dunia namun juga akherat. Berbisnis untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya merupakan hal yang diperbolehkan menurut Islam. Namun itu bukanlah faktor utama, yang lebih utama adalah menjadikan bisnis sebagai ladang ibadah yang menjadi pahala.

Bisnis syariah merupakan bisnis yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, dikarenakan bisnis ini tidak serakah dan lebih mementingkan kepentingan masyarakat. Namun tentu saja bisnis apapun diharuskan memiliki konsep keuangan yang baik. Dengan konsep keuangan yang baik diharapkan bisnis dapat berjalan dengan baik dan terus bermanfaat bagi umat sebagai amal jariah.

Untuk dapat mengelola keuangan dengan baik, Finata hadir sebagai aplikasi untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan tersebut. Finata juga dapat mendiagnosis kesehatan bisnis yang dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday