Select Page

Dalam menjalankan sebuah usaha, uang menjadi ujung tombak yang berperan penting dalam menunjang keberlangsungan kegiatan bisnis. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan keuangan bisnis agar produktivitas tetap terjaga. Berikut 3 tips yang dapat Anda praktikkan dalam mengelola keuangan usaha agar tetap stabil dan berkembang sesuai yang Anda harapkan.

Daftar isi:
1. Membuat Laporan Keuangan
2. Ciptakan Perencanaan Keuangan dalam Jangka Waktu Tertentu
3. Lakukan Analisis Laporan Keuangan secara Berkala

1. Membuat Laporan Keuangan

Untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis, hal pertama yang perlu Anda punya ialah laporan keuangan yang baik. Secara garis besar, nantinya catatan keuangan akan berisi tentang riwayat aliran dana dari bisnis Anda. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, penjual, utang piutang, dan kas. Pencatatan keuangan ini pun harus dilakukan secara rutin agar informasi di dalamnya up to date. Melalui catatan keuangan ini pula Anda bisa melihat kondisi keuangan secara real time

Lalu, bagaimana cara membuat catatan keuangan yang baik? Pertama, Anda perlu tahu bahwa laporan keuangan dibagi menjadi 4 jenis, yakni laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan arus kas. Supaya menghasilkan catatan keuangan yang akurat, menggunakan software akuntansi dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Ciptakan Perencanaan Keuangan dalam Jangka Waktu Tertentu

Poin kedua untuk menjaga kondisi keuangan bisnis agar tetap sehat ialah membuat rencana keuangan. Mengapa perlu? Rencana keuangan membantu Anda untuk mengalokasikan dana secara maksimal sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lini perusahaan. Fungsi selanjutnya, Anda dapat mengontrol setiap pos-pos anggaran agar dana yang dikeluarkan tidak melebihi nominal yang telah ditetapkan. 

Sejak bisnis didirikan, Anda pun harus punya gambaran perencanaan secara umum. Misalnya, berapa modal yang harus dikumpulkan; bagaimana cara mendapatkan modal; bagaimana modal akan dialokasikan; hingga gambaran terkait layanan produk/jasa apa yang akan Anda jual belikan.

3. Lakukan Analisis Laporan Keuangan secara Berkala

Terakhir, lakukan analisis catatan keuangan secara berkala guna mendapatkan informasi terkait kinerja keuangan serta posisi keuangan terkini, apakah dalam keadaan stabil atau tidak. Hasil analisis ini juga bisa menjadi pedoman bagi Anda ketika akan mengambil sebuah keputusan bisnis. 

Bagaimana cara melakukan analisis laporan keuangan? Silakan gunakan sejumlah metode analisis keuangan yang tersedia, salah satunya adalah common sizing, yakni membandingkan antara pos anggaran satu dengan pos lainnya. Di antara pos tersebut terdapat pos bernilai 100% sebagai patokan. Seluruh baris data pada catatan keuangan pun akan disajikan dalam bentuk persentase (%).  

 

Itulah 3 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis tetap stabil. Perlu Anda ketahui bahwa keuangan yang stabil menjadi indikator kesehatan usaha

Berbicara mengenai indikator kesehatan keuangan, Anda bisa menggunakan Finata untuk menilai seberapa sehat bisnis yang Anda jalankan dilihat dari laporan keuangan. Kelola Pajak, Master Data, Transaksi In Out, Sensor Keuangan, Laporan Lengkap, dan Reminder merupakan fitur andalan Finata yang akan membantu Anda dalam mendiagnosis keadaan kesehatan bisnis Anda.  Informasi lebih lengkap seputar Finata, silakan klik di sini.