Barang Komplementer : Pengertian, Contoh dan Perbedaannya dengan Barang Substitusi

by | Jun 4, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

barang komplementer

Setiap hari kita pasti selalu menggunakan barang-barang yang berkaitan satu sama lainnya. Nah barang-barang seperti itu biasanya disebut dengan barang komplementer. Barang tersebut sifatnya saling melengkapi antara satu dan lainnya.

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang yang memiliki kegunaan yang melengkapi satu sama lainnya. Tanpa adanya salah satu barang tersebut, maka barang lainnya akan mengalami penurunan fungsi bahkan tidak bisa difungsikan sama sekali.

Menurut Henricus W. Ismanthono dalam buku Kamus Istilah Ekonomi Populer (2006), barang komplementer merupakan jenis barang pelengkap yang tidak akan berfungsi sempurna tanpa barang lainnya.

Menurut Investopedia, barang komplementer atau yang dalam bahasa Inggris disebut complementary goods, tidak akan memiliki nilai jika dikonsumsi sendiri tanpa barang lainnya.

Contoh Barang Komplementer

Contoh dari barang komplementer adalah komputer dengan mouse dan keyboard. Komputer merupakan perangkat pintar yang dioperasikan dengan menggunakan mouse dan keyboard.

Komputer canggih masa kini masih dapat digunakan dengan menggunakan perintah suara, namun dengan menggunakan mouse dan keyboard tentunya akan semakin memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer.

Contoh lainnya adalah televisi. Anda pasti sudah sering menggunakan barang elektronik yang satu ini kan?

Televisi dijual dengan menyertakan remotenya, karena kedua barang itu adalah barang komplementer. Televisi akan mengalami penurunan fungsi tanpa remote, pengguna harus mengganti channel atau melakukan perintah lainnya dengan menggunakan tombol yang ada pada televisinya. Dengan menggunakan remote, pengguna akan lebih dimanjakan karena kita dapat mengatur semuanya melalui remote.

Berbeda halnya dengan remote televisi itu sendiri. Tanpa adanya televisi, maka remote akan menjadi tidak berguna. Remote tidak memiliki fungsi lainnya selain menjadi alat untuk mengoperasikan televisi.

Perbedaan Barang Komplementer dengan Barang Substitusi

Setelah kita mengetahui pengertian dan contoh dari barang komplementer, saatnya kita membahas perbedaannya dengan barang substitusi.

Secara umum perbedaan kedua jenis barang ini adalah pada keterkaitan suatu barang dengan barang yang lainnya dimana barang komplementer merupakan barang yang memiliki ketergantungan satu sama lain antara barang-barang tersebut. Sedangkan barang substitusi adalah barang yang dapat menggantikan peran dari barang lainnya, bila tidak ada barang A maka kita bisa menggunakan barang B, dan seterusnya.

Perbedaan dari kedua jenis barang ini sangat mencolok karena barang komplementer memiliki penurunan fungsi atau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali bila barang lainnya tidak ada.

Begitulah penjelasan mengenai barang komplementer. Secara tidak sadar ternyata banyak sekali barang komplementer di sekitar kita. Dengan menggunakan barang-barang ini diharapkan pengguna akan mendapatkan kemudahan dalam mengoperasikan barang lainnya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.