Aset Tetap adalah, Ciri-Ciri, Penyusutan Dan Cara Memperolehnya

by | Oct 20, 2020 | Akuntansi, Keuangan | 0 comments

Perusahaan dalam mengelola bisnisnya sangat membutuhkan aset sebagai sumber kekayaan perusahaan. Semakin banyak aset yang dimiliki perusahaan bisa membuktikan bonafidenya di mata publik dan pasar saham. Semua itu akan memberikan keuntungan bagi pengembangan perusahaan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Aset yang sebaiknya dimiliki perusahaan adalah aset tetap.

Aset Tetap adalah, Ini yang akan Dicari Tahu

Pengertian aset tetap adalah, dalam ilmu akuntansi bentuknya aset berwujud di mana aset tersebut bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, tidak hanya itu benda tersebut pun bisa disewakan pada pihak lain yang berkepentingan. Aset tetap selain bermanfaat untuk perusahaan di sisi lainnya bisa menghasilkan pendapatan untuk menambah pemasukan perusahaan. Di masa yang akan datang aset tetap tersebut bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk kemajuan perusahaan.

Pada umumnya perusahaan membeli aset tetap ini diperuntukkan dalam jangka panjang sebagai simpanan. Aset tetap yang biasanya dimiliki perusahaan adalah bisa dalam bentuk:

  • Tanah
  • Bangunan
  • Perlengkapan kantor
  • Mesin-mesin produksi
  • Alat-alat kantor
  • Kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Terjadinya Penyusutan Nilai

Aset lainnya yang dibeli perusahaan seperti mesin-mesin produksi, kendaraan kantor semakin lama manfaat dari benda tersebut nilainya akan semakin berkurang seiring lamanya pemakaian.

Sayangnya hampir semua aset tetap itu mengalami penyusutan dari waktu ke waktu sehingga perusahaan akan lebih selektif memilih aset tersebut. Hanya tanah ataupun bangunan yang biasanya akan mengalami kenaikan atau pertambahan harga sehingga perusahaan akan mempertahankannya dalam waktu yang lama. Di dalam akuntansi sendiri terdapat beberapa metode penyusutan untuk menghitung penyusutan aset berdasarkan masa manfaatnya.

Dari penjabaran bentuk aset tetap di atas merupakan jenis aset tetap yang memiliki wujud selain itu ada aset tetap yang tidak memiliki wujud namun kehadirannya tidak bisa dipandang sebelah mata karena kedudukannya pun sangat penting untuk keberlangsungan bisnis perusahaan. Aset tetap tidak memiliki wujud ini berupa hak-hak yang dimiliki perusahaan dalam bisnisnya, seperti:

  • Franchise
  • Lisensi
  • Merek dagang
  • Hak cipta

Semua aset yang dimiliki oleh perusahaan harus dijaga dengan baik agar tidak diambil alih oleh pihak lain. Perusahaan akan mempertahankan aset tidak berwujud tersebut dalam waktu yang lama dan berusaha untuk membangun dan mengembangkannya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, contohnya seperti merek dagang jika promosi dan publikasi yang semakin gencar di masyarakat berhasil maka di masa yang akan datang perusahaan tidak akan kesulitan jika akan membuat produk baru.

Merek dagang yang sudah dikenal masyarakat itu adalah kuncinya sehingga produk apapun yang ditawarkan perusahaan di pasar akan lebih mudah diterima oleh konsumen dibandingkan produk lainnya yang sejenis. Bahkan untuk konsumen yang sudah loyal tidak akan terlalu mempermasalahkan harga dari produk yang sudah dikenal dengan baik merek dagangnya.

Ciri-Ciri dari Adanya Aset Tetap

Aset tetap tersebut bisa dilihat dari ciri-cirinya, seperti penjelasan dua tokoh berikut ini.

1. Soemarsono S.R

  • Aset dari segi nominal harganya tergolong lebih besar.
  • Manfaat benda tersebut umumnya lebih dari satu tahun sehingga memiliki waktu yang lebih panjang.
  • Aset tetap yang dimiliki oleh perusahaan tujuannya adalah sebagai simpanan dan bukan untuk dijual.
  • Aset digunakan untuk kegiatan perusahaan.

2. Jerry J. Weygandt

  • Aset digunakan untuk aktivitas perusahaan sebagai operasional.
  • Benda tersebut digunakan sebagai simpanan dan tidak untuk dijual pada pihak lainnya.
  • Aset bisa dilihat baik dari bentuk, ukurannya dengan jelas.

Dari ciri-ciri yang sudah dijelaskan oleh kedua tokoh tersebut memberikan kemudahan bagi Anda untuk lebih mengetahui manfaat aset tetap tersebut dalam perusahaan.

Baca juga: Aset dalam Akuntansi: Pengertian, Jenis dan Siklus Hidup

Cara Mendapatkan Aset

Aset tetap pada perusahaan yang Anda kelola bisa diperoleh dengan cara:

1. Membeli Baik secara Tunai ataupun Mencicil

Perusahaan bisa memperoleh aset tetap adalah dengan berbagai cara seperti membeli dengan cara tunai maupun kredit. Kedua cara tersebut bisa digunakan oleh perusahaan namun jika pembelian secara angsuran akan menimbulkan terjadinya penambahan harga karena adanya bunga yang juga harus dibayarkan selama proses angsuran.

Bunga tersebut akan membuat harga aset yang Anda beli akan semakin bertambah. Ada baiknya Anda memperhitungkannya apabila hendak membeli aset tetap dengan jalan mencicil.

2. Melalui Penukaran Surat-surat Berharga

Aset tetap bisa diperoleh dengan menukarkannya dengan obligasi atau saham yang dimiliki perusahaan. Surat berharga tersebut bisa menjadi sarana bagi perusahaan agar bisa mendapatkan aset tetap lainnya yang dianggap bisa memberikan manfaat dan keuntungan bagi perusahaan.

3. Penukaran dengan Aset Tetap yang Lainnya

Cara ini bisa digunakan dengan mengganti aset yang sudah dinilai kurang baik dengan aset yang jauh lebih baik atau dikenal dengan tukar tambah. Aset yang akan diganti tersebut sudah dihitung dan dipertimbangkan dengan matang manfaatnya oleh perusahaan.

Komponen laporan neraca dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Finata mengadakan demo penggunaan secara online secara intensif dan gratis untuk semua usernya. Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan Finata mulai dari penginputan saldo awal sampai cara membaca laporan keuangan bisnis menggunakan fitur unggulan Diagnosis Bisnis, mengikuti sesi sharing, konsultasi rencana penggunaan Finata, sesi tanya jawab, bonus video, ebook, dan voucher senilai Rp 99.000. Untuk itu, jika Anda berminat untuk mengikuti demo tersebut, silakan klik link ini.

Referensi:

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download