Apa Arti Vendor? Ketahui Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya

by | Mar 22, 2020 | Bisnis, Blog, Uncategorized | 0 comments

Arti Vendor
Arti Vendor

Apa sebenarnya arti vendor itu? Mungkin sebagian orang sudah seringkali mendengar istilah tersebut namun belum tahu apa makna aslinya. Sebutan vendor memang bisa dikatakan tidak asing apalagi jika berkaitan dengan dunia bisnis. Secara umum vendor diartikan sebagai suatu pihak baik lembaga atau perorangan yang mana bertugas untuk menyediakan atau menjual bahan. Selain itu vendor juga biasanya menjual bahan penolong, jasa atau produksi kemudian dijual kembali oleh perusahaan lain untuk menunjang kinerjanya.

Selain makna tersebut, vendor juga sering diartikan sebagai perusahaan atau perorangan yang menjual produk baik barang atau jasa kepada pihak lain. Tujuan utama penjualan produk tersebut adalah menunjang kinerja dari perusahaan yang bersangkutan guna memenuhi kebutuhan konsumennya. Namun, perlu diketahui vendor tidak hanya menjual bahan baku saja tetapi juga bahan setengah jadi dan komponen pendukung lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang vendor beserta jenis-jenisnya, pastikan untuk menyimak beberapa penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Vendor

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, vendor merupakan pihak (lembaga atau perorangan) yang menyediakan bahan baku untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Bahan yang disediakan oleh pihak vendor tersebut dibutuhkan oleh perusahaan lain untuk melengkapi proses produksi. Umumnya banyak orang yang sering menyebut istilah vendor menjadi supplier atau distributor.

Perlu diketahui, perusahaan vendor tidak hanya menyediakan bahan baku saja tetapu juga sering menyuplai barang-barang setengah jadi. Bahkan selain berbentuk bahan, terkadang vendor juga menyediakan pelayanan berupa jasa yang bisa Anda pesan kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja, Anda memiliki sebuah perusahaan smartphone yang sangat terkenal. Dalam kasus ini Anda ingin membuat smartphone yang mana membutuhkan komponen LCS sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Perusahaan yang membuat komponen LCD yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda tersebut bisa dikatakan sebagai vendor.

Fungsi Vendor

Setelah mengetahui tentang definisi vendor, maka kurang lengkap rasanya jika kita tidak mencari tahu fungsinya. Mengacu dari pengertian dari vendor yang sudah disinggung di atas, fungsi perusahaan ini adalah sebagai pihak yang memastikan bahwa barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan lain dapat terpenuhi dengan baik.

Baca juga : Jenis Perusahaan Dagang, Karakteristik dan Syarat Pembayaran

Sehingga bisa dikatakan, perusahaan yang tidak mampu mencukupi bahan baku untuk proses produksi, maka membutuhkan vendor untuk membantunya. Seperti yang diketahui, vendor bertugas untuk menyediakan berbagai bahan yang digunakan untuk menunjang proses produksi. Sehingga keberadaan vendor sangatlah penting untuk mencapai kelancaran operasional sebuah bisnis.

Jadi, apabila terjadi permasalahan pada vendor maka bisa memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung pada perusahaan rekannya. Oleh karena itu, agar proses produksi yang dilakukan dapat berjalan lancar, pastikan untuk memilih vendor yang tepat agar terpenuhinya bahan baku yang dibutuhkan dapat terjamin.

Jenis-Jenis Vendor

Selanjutnya, setelah memahami tentang pengertian dan fungsi dari vendor maka kita juga perlu mengetahui tentang jenis-jenisnya. Secara umum, vendor dapat dibedakan berdasarkan jenis produk yang dijualnya yakni barang atau jasa. Sekarang ini di pasaran Anda bisa menjumpai vendor yang menjual barang berupa bahan baku, bahan setengah jadi dan juga bahan pendukung. Selain itu, ada juga vendor yang khusus menjual produk yang berupa jasa. Nah, untuk mengetahui perbedaan keduanya, pastikan untuk menyimak penjelasannya berikut ini.

  • Vendor Penyedia Barang

Jika melihat dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak tentang produk yang dihasilkan oleh perusahaan vendor ini. Vendor penyedia barang merupakan lembaga atau perorangan yang menjual produk berupa bahan kepada perusahaan lainnya. Misalnya: sebuah pabrik membutuhkan mesin-mesin yang dapat digunakan untuk menunjang proses produksinya. Maka untuk mendapatkan mesin-mesin tersebut, perusahaan tersebut akan mencari vendor yang menyediakan mesin yang dibutuhkannya.

  • Vendor Penyedia Jasa

Untuk jenis yang kedua ini merupakan lembaga atau perorangan yang menjual jasa berupa keahlian kepada perusahaan lain. Misalnya: Pihak perusahaan membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan produknya kepada para pelanggan. Maka perusahaan tersebut perlu mencari jasa ekspedisi yang berkualitas untuk mengirimkan barang ke tangan pelanggan.

Setelah menyimak pengertian masing-masing vendor, tentu Anda bisa membedakan kedua jenis vendor yang sudah disebutkan di atas. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk Anda mengelompokkan jenis-jenis vendor ya!

Baca juga : Pengertian Devisa, Macam dan Sumber Perolehannya

Tanggung Jawab Vendor

Sama halnya dengan perusahaan di bidang lainnya, vendor juga memiliki tugas atau tanggung jawab yang harus dilakukan. Secara umum tugas dari vendor adalah memastikan bahwa kebutuhan barang atau jasa suatu perusahaan dapat terpenuhi dengan baik. Melihat dari pengertian dari vendor yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa tugas vendor yang ternyata masih belum banyak diketahui. Diantaranya yaitu:

  • Selalu berusaha untuk memenuhi permintaan dari perusahaan yang menjadi rekannya sesuai dengan kesepakatan bersama
  • Selalu memastikan bahwa produk barang atau jasa yang dijual kepada para pelanggannya merupakan produk yang berkualitas dan unggulan.
  • Wajib memastikan bahwa pengiriman barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak.
  • Berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada para pelanggan setianya.

Cara Mendapatkan Vendor Berkualitas

Seperti yang diketahui, sekarang ini sudah banyak sekali vendor yang dijumpai di pasaran. masing-masing vendor berusaha untuk memberikan penawaran yang menarik untuk menggait para konsumennya. Perlu diketahui, memilih vendor bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat sekarang ada banyak sekali pilihannya. Nah, agar tidak salah pilih pastikan untuk menerapkan beberapa cara berikut ini untuk bisa mendapatkan vendor yang berkualitas.

  • Cek Variasi Produk

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa vendor memiliki fungsi menyediakan bahan baku yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Jadi, bisa dikatakan semakin bervariasi produknya maka semakin bagus kualitas dari vendor tersebut. Karena dengan menggunakan jasanya, Anda tidak perlu berpindah-pindah tempat karena semua barang tersedia di sana.

  • Harga sesuai Standar

Sebuah perusahaan yang sudah berpengalaman tentu akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk para konsumennya. Salah satu pelayanan terbaik yang diberikan yaitu dengan memberikan harga yang sesuai dengan standar. Nah, jika Anda menjumpai vendor yang menawarkan harga terlalu murah sebaiknya untuk lebih berhati-hati karena bisa jadi barang yang disediakan tidak berkualitas.

  • Kapasitas Pelayanan

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah vendor yaitu dengan melihat kapasitas pelayanan dalam menentukan harga. Jadi, semakin tinggi pelayanan yang diberikan harga atau tarif yang dikenakan cenderung lebih tinggi. Dan hal tersebut berlaku pula sebaliknya.

Setelah mengetahui arti vendor dan fungsinya, tentu Anda sudah mengetahui apa saja tugas yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, bukan? Nah, untuk Anda yang sekarang ini sedang bingung mencari perusahaan vendor untuk software akuntansi yang bagus dan terjamin, Finata adalah pilihan yang paling tepat. Finata hadir memberikan solusi untuk Anda yang ingin mengelola bisnis atau keuangan dengan mudah dan praktis. Jadi, tunggu apalagi? Agar bisnis Anda terkelola dengan baik pastikan untuk pesan dan kunjungi website https://finata.id  sekarang juga. Selamat mencoba!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis - 7 kesalahan fatal pebisnis

Download