Pengertian Apa itu SKU? Manfaat, Contoh dan Tips Membuatnya

by | Jul 8, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

sku-stock-keeping-unit

Pengelolaan stok produk tentunya menjadi pekerjaan yang tidak mudah apalagi bila produk yang tersedia memiliki jenis, ukuran, warna yang bermacam-macam. Karena hal ini lah, kita sekarang mengenal istilah SKU yang berfungsi untuk mengatur pengelompokan suatu produk berdasarkan variannya masing-masing.

Pengertian SKU

SKU atau Stock Keeping Unit adalah metode penamaan pada produk yang akan ditawarkan atau dijual. SKU biasanya berupa deretan angka yang diberikan kepada suatu produk yang menjadi identitas dari produk tersebut.

SKU sifatnya mirip seperti barcode namun tetap memiliki sebuah entitas yang berbeda. Barcode biasanya sudah ditetapkan oleh produsen agar menghindari penggunaan angka yang serupa dikemudian hari. Sedangkan SKU bersifat fleksible yang mana setiap toko yang menjual produk tersebut dapat menentukan SKU nya masing-masing.

SKU digunakan dalam kategori produk untuk membedakan produk dari jenis, ukuran, warna, tipe, dan lainnya. Dengan begitu, maka pemilik toko akan lebih mudah dalam mengidentifikasi produk dalam mengatur stok produk tersebut.

Manfaat SKU

SKU memiliki manfaat yang penting dalam kegiatan berbisnis, manfaat tersebut antar lain :

– Pengelompokan Produk

Dengan menggunakan SKU, proses pengelompokan barang menjadi lebih mudah, karena produk tidak akan tercampur baik itu dari jenis, warna, ukuran, dan lainnya.

– Pencarian Produk

SKU juga dapat bermanfaat pada saat mencari produk tertentu. Hal ini membantu terutama dalam melancarkan distribusi barang produksi dari gudang ke konsumen.

– Pengelolaan Stok

Dengan memiliki data stok produk yang memiliki SKU maka pengaturan stok dapat menjadi lebih mudah. Anda dapat dengan mudah melihat produk mana yang memiliki jumlah stok yang tinggal sedikit atau masih banyak.

Kesimpulannya, deretan angka SKU dapat memudahkan pengusaha untuk melakukan pendataan atas penjualan harian, bulanan, hingga tahunan sehingga pengusaha dapat melakukan perencanaan untuk menambah atau mengurangi supply produk berdasarkan ketersediaan stok produk.

Contoh Penulisan SKU

Tidak seperti barcode, SKU berisi rangkaian huruf dan angka untuk melabeli sebuah produk. Selain itu SKU juga tidak memiliki cara yang pasti untuk membuatnya. Setiap perusahaan mengembangkan dan memiliki SKU nya sendiri dengan poin utama agar SKU dapat dibaca user atau manusia tanpa memerlukan alat bantu untuk membaca atau menguraikan kodenya.

Mari kita buat sebuah contoh dimana kita akan membuat sebuah SKU untuk produk Celana Jeans Pria bermerk Levis berwarna hitam dengan ukuran 40.

Dengan data tersebut kita dapat membuat kode SKU nya seperti LVS-CLNJEANS-ML-BLK-040.

Penjelasannya adalah :

  • LVS adalah kode untuk merek Levis,
  • CLNJEANS adalah kode untuk Celana Jeans,
  • ML berarti MALE atau Pria,
  • BLK menunjukkan warna Black atau Hitam.
  • 040 adalah kode untuk ukuran nomor 40.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak ada bentuk baku dalam membuat SKU, Anda dapat dengan mudah mengkreasikannya sesuai kebutuhan.

Tips Membuat SKU

Bila Anda berniat untuk menggunakan SKU untuk produk yang Anda miliki, maka ada beberapa saran yang perlu Anda perhatikan. Saran tersebut adalah sebagai berikut :

  • Buatlah aturan atau semacam petunjuk dalam membuat SKU agar karyawan Anda bisa mendapatkan referensi setiap kali ada barang baru yang datang.
  • Gunakanlah gabungan huruf dan angka.
  • Sertakanlah berbagai macam spesifikasi produk di dalam SKU seperti merek, jenis, ukuran , warna, tanggal pembelian, lokasi gudang, dan lainnya.
  • Usahakan kode SKU sesingkat mungkin dan mudah diingat.

SKU sangat penting untuk diterapkan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi produk di dalam suatu usaha. Penerapan SKU dapat dilakukan di gudang atau toko yang berkaitan dengan stok produk yang tersedia apalagi bila memiliki produk yang memiliki beragam merek, jenis, warna, ukuran, dan lainnya.

Dengan memahami pengertian dan penerapan SKU pada usaha, maka diharapkan dapat lebih memudahkan para pengusaha dalam melakukan riset pasar, memudahkan karyawan dalam proses identifikasi stok, dan juga memudahkan konsumen dalam mencari produk.

Metode pembuatan SKU produk dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani.

Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday