Apa Itu Beban Administrasi dalam Membangun Usaha

by | Apr 23, 2020 | Blog, Bisnis | 0 comments

Apa Itu Beban Administrasi
Apa Itu Beban Administrasi

Apa itu beban administrasi menjadi salah satu hal yang harus anda pelajari ketika ingin membangun usaha baru. Sebenarnya membangun usaha bukanlah suatu hal yang mudah. Walaupun begitu tetap saja banyak orang yang mencoba untuk membangun usaha. Ada banyak hal yang harus dipelajari ketika mendirikan usaha. Mulai dari uang sewa, pajak, produksi dan lainnya.

Nah hal yang tidak kalah pentingnya dari mendirikan usaha adalah mengetahui apa itu beban administrasi. Sudahkah anda mengenal beban administrasi?  Jika belum mengetahuinya silahkan simak penjelasan pada paragraf selanjutnya.

Apa Itu Beban Administrasi

Menurut kamus bisnis online pengertian mengenai apa itu beban administrasi yaitu pengeluaran dari kepentingan administrasi yang akan dibebankan oleh pengusaha. Beban administrasi berbeda dengan beban lainnya seperti beban produksi, beban penjualan dan lainnya. Selain itu beban administrasi juga dapat diartikan sebagai biaya yang ada hubungannya dengan penentuan kebijakan dari perencana atau pengusaha.

Beban administrasi dikeluarkan untuk untuk biaya administrasi perusahaan seperti halnya beban produksi yang dapat diartikan sebagai biaya produksi. Setiap perusahaan memiliki beban administrasi dan itu menjadi hal yang wajib. Contohnya saja beban administrasi berupa biaya sewa. Untuk perusahaan yang baru didirikan biasanya masih banyak barang sewaan.

Biaya sewa dapat berupa sewa tanah, perlengkapan atau penyewaan yang lainnya. Nah biaya sewa ini termasuk dalam biaya administrasi perusahaan. Contoh lainnya seperti gaji. Baik gaji untuk manager sampai gaji karyawan dibebankan pada biaya administrasi. Selain itu gaji administrator umum juga termasuk beban administrasi.

Langkah-langkah yang Dilakukan terhadap Beban Administrasi

Setelah mengetahui apa itu beban administrasi, sekarang saatnya Anda mengenali langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan terhadap beban administrasi, di antaranya:

Membagi Dana sesuai dengan Jenisnya

Tujuannya yaitu memberikan tanggung jawab beban administrasi pada divisi tertentu di perusahaan. Alokasi dana yang digunakan memiliki acuan atau dasar. Adapun dasar nya yaitu adanya tingkat perubahan administrasi pada kegiatan tertentu. Selain itu ada juga hubungan beban umum dan beban administrasi dan mengendalikan pengeluaran berdasarkan kondisi keuangan dari perusahaan.

Menggolongkan Biaya Administrasi dan Umum

Terdapat dua manfaat jika dapat menggolongkan biaya administrasi umum dan biaya dari suatu perusahaan. Manfaatnya yaitu memiliki dasar membandingkan antara biaya umum dan biaya administrasi dari perusahaan. Lebih memudahkan perusahaan dalam membagi dana sesuai dengan divisi perusahaan.

Baca juga : Pengaruh Inflasi Terhadap Investasi dari Perusahaan

Selain itu terdapat juga kelompok yang tergolong dalam biaya administrasi yaitu kesejahteraan karyawan, gaji dan upah. Selain itu terdapat juga biaya administrasi umum, perawatan dan biaya lainnya.

Dapat Menentukan Teknik Terbaik untuk Melakukan Pengawasan terhadap Biaya Administrasi

Berikut ini teknik yang bisa anda lakukan

  • Menggunakan anggaran

Setiap divisi dari perusahaan dapat memberikan laporan neraca yang dapat dipertanggung jawabkan pada akhir periode.

  • Teknik pengawasan standar

Keuntungannya yaitu dapat meningkatkan efisiensi dan fungsi dari adanya beban administrasi. Teknik ini dapat dilakukan dengan mengaitkan antara biaya yang dibutuhkan atau biaya yang diprediksi.

Sebelumnya anda sudah dijelaskan tentang gambaran dari biaya administrasi perusahaan yang meliputi berbagai macamnya. Ketika anda sudah memahami apa itu bena administrasi selanjutnya yaitu membangun usaha dengan laporan keuangan yang sehat juga.

Kecanggihan teknologi menjadikan banyak orang untuk beralih dari hal tradisional menjadi modern. Dari hal yang susah menjadi mudah dan juga lebih cepat serta praktis. Begitulah gambaran dari kemajuan teknologi yang memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun kegiatan lainnya.

Begitu juga dengan perusahaan tentunya tidak ingin kalah dengan kegiatan lainnya. Sekarang untuk mencatat laporan keuangan dan laporan lainnya dari perusahaan dapat dilakukan oleh software. Anda cukup memasukkan data yang diperlukan secara otomatis hal-hal yang berkaitan dengan data tersebut akan diolah oleh sistem.

Begitu juga dengan Pembukuan perusahaan dapat dilakukan oleh sistem ini. Software untuk mengelola keuangan bisnis anda diterbitkan oleh Finata. Satu-satunya perusahaan yang memiliki software lengkap hanya dengan satu software saja. Berbeda dengan software lainnya. Finata dapat mengolah data keuangan beserta laporan pajak dan laporan pembukuan lainnya.

Biasanya laporan keuangan terutama yang berkaitan dengan pajak menggunakan sistem lainnya. Sehingga tidak hanya satu software yang digunakan tapi berbagai software lainnya. Hal ini justru akan membuat anda terlalu banyak data dan terkadang lupa penyimpanannya karena berbeda-beda. Untuk itulah Finata membuat software yang mudah dan praktis serta efisien waktu.

Baca juga : Pengaruh Inflasi Terhadap Ekonomi Negara

Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan dari Finata dengan Berbagai Fitur

Transaksi dan Jurnal

Manfaat yang bisa didapatkan

  • Memudahkan anda untuk membuat laporan keuangan dan jurnal secara otomatis
  • Dapat mencatat transaksi secara akurat dan tepat
  • Dapat memudahkan anda untuk memantau perusahaan yang sudah digunakan
  • Dapat mengevaluasi keuangan dengan akurat dan cepat
  • Memudahkan anda untuk menelususri masalah dari keuangan
  • Memudahkan anda mencari pelanggan dan supplier yang baik dan buruk.

Laporan Keuangan yang Lengkap

Manfaatnya yaitu

  • Dapat menghasilkan laporan keuangan fiskal yang digunakan untuk laporan pajak dan setor agar pajak perusahaan lebih efisien
  • Memudahkan anda untuk menyesuaikan laba dan rugi sesuai dengan transaksi yang sudah dilakukan
  • Membantu untuk merencanakan pajak perusahaan agar dapat mengurangi beban pajak.
  • Mengurangi adanya kesalahan hitungan
  • Memudahkan anda untuk menyusun buku besar yang meringkas transaksi yang sudah tercatat di jurnal

Dashboard Personalisasi

Manfaatnya yaitu

  • Dapat menunjukkan grafik nilai pendapatan berdasarkan customer
  • Dapat menunjukkan adanya gragik dari jumlah kas pada periode tertentu dan distribusi dari arus kas operasional, pembiayaan dan investasi
  • Dapat menunjukkan grafik penurunan atau kenaikan dari laba dan rugi
  • Memudahkan anda untuk mengetahui kondisi bisnis dengan menunjukkan angka pemasukan dan pengeluaran
  • Dapat menunjukkan grafik kenaikan atau penurunan biaya pada periode tertentu

Diagnosa Kesehatan Bisnis

Manfaatnya yaitu

  • Dapat mendiagnosa antara laba dan kas operasional
  • Dapat mengetahui seberapa profit modal yang anda tanam
  • Memudahkan anda untuk mendiagnosa sehat atau tidaknya bisnis dengan melihat distribusi kas operasional , pembiayaan dan investasi
  • Dapat menunjukkan nilai ukiran dan analisis kewajaran dari neraca atau rugi laba bisnis
  • Dapat memudahkan anda untuk memberikan informasi seberapa mampunya perusahaan untuk membayar hutang jangka pendek

Mengelola Master Data Perusahaan

Manfaatnya yaitu

  • Dapat memudahkan anda untuk mencari produk mana saja yang dapat menghasilkan profit berdasarkan harga beli, harga jual dan jenismembangun
  • Dapat terhubung dengan berbagai aktivitas transaksi dari hasil pencatatan sehingga dapat menghasilkan insight yang  bisa bermanfaat untuk perusahaan.
  • Dapat mengetahui trend produk apa saja yang berjalan dari waktu ke waktu
  • Memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi pelanggan
  • Dapat mengetahui pelanggan mana saja yang loyal dan pelanggan yang memiliki piutang cukup besar

Utilisasi dan Administrasi

Manfaatnya yaitu

  • Dapat menambah member perusahaan yang bergabung dengan Finata
  • Dapat mengatur kode akun yang default yang anda gunakan untuk transaksi
  • Dapat mengatur tanggal jatuh tempo hitang piutang dari perusahaan
  • Dapat mencatat berbagai aktivitas user Finata hanya dalam satu akun saja
  • Dapat mencatat secara efektif dan efisien data dari perusahaan

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu beban administrasi, langkah-langkah yang perlu dilakukan setelah mengenal apa itu beban administrasi, hingga praktiknya dalam sistem keuangan bisnis.

Apa itu beban administrasi mungkin bisa Anda pahami dari penjelasan yang sudah ada sebelumnya. Ketika Anda akan memulai usaha ataupun membangun usaha memang butuh banyak persiapan terlebih dahulu.

Setidaknya mengetahui berbagai istilah yang berkaitan dengan usaha atau bisnis. Untuk mengimplementasikan lebih dalam terkait apa itu beban administrasi, Anda bisa mencoba software keuangan bisnis yang mendukung rasa penasaran Anda terkait praktik apa itu beban administrasi dengan cara klik linknya di sini. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi tentang apa itu beban administrasi ya!

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download